Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Duel Compact SUV Korea, Hyundai CRETA vs Kia Seltos, Mana Yang Lebih Memikat?

creta vs seltos

Last updated on 7 Maret, 2022

Segmen Compact SUV kini diramaikan oleh duo Hyundai CRETA dan Kia Seltos. Siapa yang lebih unggul dan lebih worth it dibeli di antara kedua mobil tersebut?

Jakarta, Autos.id  –  Kia Seltos dan Hyundai Creta sama-sama baru diperkenalkan akhir tahun lalu di ajang GIIAS 2021 lalu. Keduanya merupakan pabrikan dari Korea Selatan yang mencoba mencari peruntungan di Indonesia meramaikan pasar crossover. Pendekatan kedua merek asal negeri ginseng pun sudah berbeda.

Jika dahulu mereka hadir sebagai alternatif dengan harga yang kompetitif dibanding mobil Jepang, kini keduanya berani menawarkan build quality dan deretan fitur yang premium.

Berikut ini, Autos.id mencoba untuk mengulas kedua Untuk mengetahuinya, simak artikel komparasi Compact SUV Hyundai CRETA vs Kia Seltos dari Cintamobil.com di bawah ini.

Desain

Kia Seltos

Kia Seltos

Hyundai Creta

Hyundai Creta

Meski sama-sama dari Korea Selatan, kedua Compact SUV ini mengusung pendekatan desain yang berbeda. Kia Seltos tampil lebih sporty dengan fascia depan yang dihiasi grille ‘Tiger Nose’ dan garis-garis bodi yang lebih tegas. Sementara Hyundai CRETA tampil lebih berkelas dengan fascia depan yang mengusung Parametric Jewel Pattern Grille dan garis bodi yang lebih dinamis.

Begitu juga desain interior kedua mobil yang mengusung tema senada dengan eksteriornya. Seltos tampak lebih ‘rugged’ dan maskulin dibanding CRETA yang cenderung manis, minimalis, serta futuristik.

Baca juga: Kia India Hentikan Penjualan Beberapa Varian Seltos Dan Carnival

Performa Mesin

Mesin Hyundai Creta

Mesin Kia Seltos

Mesin Kia Seltos

Meski platform yang digunakan serupa, ternyata Hyundai dan Kia memilih dua mesin yang berbeda untuk dipasarkan di Indonesia. CRETA mengusung mesin Smartstream G1.5 4-silinder 1.497 cc berteknologi DOHC MPI yang menghasilkan tenaga 113,4 HP @ 6.300 rpm dan torsi 144 Nm @ 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui pilihan transmisi manual 6-percepatan dan CVT.

Sementara itu Kia Seltos varian bensin mengusung dapur pacu Smartstream G1.4 T-GDi 4-silinder 1.353 cc dengan DOHC Turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 138 HP @ 6.000 rpm dengan torsi 242 Nm @ 1.500 – 3.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke rode depan (FWD) melalui transmisi Dual Clutch Transmission (DCT) 7-percepatan.

Baca juga: Hyundai Santa Cruz 2022: Truck Anti Mainstream Dengan Banyak Kemudahan

Fitur Unggulan

Hyundai CRETA sudah dibekali dengan fitur ADAS

Camera Rear Parking Kia Seltos

Hyundai CRETA merupakan mobil dengan fitur terlengkap di kelasnya. Mobil ini dibekali dengan Advanced Driver Assistance Systerm (ADAS) bertajuk Hyundai SmartSense, Hyundai Bluelink, Hill-Start Assist Control, sistem audio premium dari BOSE, Panoramic Sunroof, Ionizer, dan mode berkendara. Intinya mobil ini punya segudang fitur unggulan.

Sementara itu, Kia Seltos hanya punya fitur unggulan berupa Hill-Start Assist dan mode berkendara. Meski begitu, ia punya mode berkendara yang lebih lengkap dengan tambahan mode Mud dan Snow & Sand yang mengisyaratkan bahwa mobil ini lebih siap untuk diajak bertualang.

Baca juga: Kia Carens Terbaru Laris Manis Di India

Interior Hyundai Creta

Interior Hyundai Creta

Interior Kia Seltos

Interior Kia Seltos

Selain fitur-fitur di atas, kedua mobil juga sudah dibekali dengan fitur keselamatan berupa airbags, kontrol stabilitas, dan pengereman dengan ABS+EBD+BA. Untuk parameter ini,

Harga

Hyundai CRETA dibanderol mulai dari Rp 279 juta hingga Rp 399 juta. Sementara itu, Kia Seltos berada di rentang harga Rp 310,8 juta hingga Rp 415 juta. Harga Seltos masih jauh lebih mahal karena mobil ini masih diimpor dari India. Secara harga, CRETA masih lebih kompetitif di segmen Compact SUV. (berbagai sumber)

Dari kedua model tersebut, mana yang lebih memikat Sobat Autos.id?

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Siapkan saldo e-Toll Anda sebelum mudik Lebaran agar dapat mengurangi kemacetan di gerbang tol! Jakarta, Autos.id  –  Tarif tol Trans Jawa sudah dipersiapkan oleh...

Berita Otomotif

Untuk mencegah kemacetan lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran, akan berlaku sistem satu arah dan ganjil genap. Catat tanggalnya! Jakarta, Autos.id  – ...

Daftar Harga Mobil

Ke depannya akan ada beberapa produk terbaru yang akan di jual resmi oleh Kia Indonesia seperti Kia Carens dan Kia Sportage terbaru yang sebelumnya...

Reviews

Teknologi ini sebelumnya sudah tersemat pada mobil Wuling Almaz RS Jakarta, Autosid – Hari ini (Kamis, 24/3), Wuling Motors (Wuling) memperkenalkan produk terbaru di...