Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mitsubishi

Komparasi Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander Cross

Hyundai Stargazer vs Mitsubishi Xpander Cross
Hyundai Stargazer vs Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross kini memiliki ‘lawan’ sepadan dengan hadirnya Hyundai Stargazer.

Autos.id – Dengan diumumkannya Hyundai Stargazer oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Mitsubishi Xpander kini memiliki pesaing langsung. Dua mobil tersebut menawarkan fitur unggulan masing-masing, dimana varian tertinggi Xpander dilengkapi dengan velg 17 inci dibalut ban 205/55. Sedangkan Stargazer disematkan velg berdiameter 16 inci dengan ban yang ukurannya serupa.

Walaupun ada kemiripan, ada ciri khusus pada bodi luar Stargazer, yaitu finishing dual tone berupa atap warna hitam. Bahkan produk baru dari Hyundai itu lebih fresh dalam hal desain.

Interior

Jika membahas sisi interior, persaingan antara Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander Cross cukup menarik.

Stargazer memiliki opsi jok captain seat, namun dengan tambahan biaya. Selain itu, mobil ini memiliki meja untuk penumpang di baris kedua.

Interior Hyundai Stargazer

Interior Hyundai Stargazer

Di sisi lain, Xpander tidak memilikinya meskipun memiliki sandaran tangan di baris kedua. Kemudian mobil besutan Mitsubishi ini tampak lebih cerah, sedangkan Stargazer tampil lebih elegan dengan warna gelap.

Jika melihat bagian dasbor, head unit dan layar speedometer seperti disatukan oleh satu panel besar di Stargazer. Namun Stargazer maupun Xpander memiliki head unit ukuran 8 inci dan sama-sama memiliki cruise control.

Interior Mitsubishi Xpander Cross

Interior Mitsubishi Xpander Cross

Tak hanya itu, kedua mobil memiliki AC double blower.

Fitur

Ada perbedaan fitur antara Stargazer dan Xpander, yaitu electric parking brake yang dimiliki oleh Xpander. Meskipun begitu, Hyundai menyematkan fitur handal pada Stargazer seperti 6 buah airbag ditambah paket fitur keselamatan aktif Hyundai Smartsense yang mencakup:

  • Forward Collision-avoidance Assist (FCA)
  • Lane Keeping Assist (LKA)
  • Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA)
  • Blind-Spot Collision Warning (BCW)
  • Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA)

Sementara itu fitur keselamatan ABS +EBD with BA, Active Stability Control dan Hill Start Assist menjadi andalan Xpander.

Performa

Masalah performa, Stargazer lebih unggul dibandingkan Xpander. Hal itu karena produk besutan Hyundai memiliki tenaga maksimum 115 PS pada 6.300 rpm serta torsi puncak 144 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. Output nya pun dihasilkan dari mesin 1.497 cc MPI 16-Valve dengan konfigurasi 4-silinder serta transmisi IVT.

Mesin Hyundai Stargazer

Mesin Hyundai Stargazer

Sementara itu, Xpander memiliki tenaga maksimum 105 PS dan torsi puncaknya 104 Nm. Namun transmisi antara keduanya sama-sama memakai CVT.

Mesin Mitsubishi Xpander Cross

Mesin Mitsubishi Xpander Cross

Meskipun begitu, kapasitas tangki yang mencapai 45 liter menjadi keunggulan Xpander atas Stargazer yang hanya memiliki kapasitas 40 liter.

Harga

Jika membandingkan harga, berikut perbandingan antara Hyundai Stargazer dan Mitsubishi Xpander Cross.

Hyundai Stargazer

  • Hyundai Stargazer Active MT: Rp243.300.000
  • Hyundai Stargazer Active IVT: Rp255.800.000
  • Hyundai Stargazer Trend MT: Rp263.300.000
  • Hyundai Stargazer Trend IVT: Rp275.900.000
  • Hyundai Stargazer Style: Rp296.300.000
  • Hyundai Stargazer Prime: Rp307.100.000

Mitsubishi Xpander Cross

  • Mitsubishi Xpander Cross MT: Rp300.950.000
  • Mitsubishi Xpander Cross CVT: Rp315.600.000
  • Mitsubishi Xpander Cross Premium Packag CVT: Rp326.750.000

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Motor

KTM memiliki 12 motor baru yang dipasarkan di Indonesia pada bulan Agustus 2022. Autos.id – KTM yang merupakan singkatan dari Kronreif Trunkenpolz Mattighofen, adalah...

Daftar Harga Motor

Harley Davidson merupakan merk mewah dari sepeda motor gede (moge) dan juga memiliki pasar tersendiri di Indonesia. Autos.id – Masyarakat Indonesia tidak asing dengan...

Daftar Harga Motor

Royal Enfield merupakan merk sepeda motor mewah yang memiliki penggemar khusus di Indonesia. Autos.id – Royal Enfield adalah produsen moge (motor gede) klasik yang...

Daftar Harga Mobil

Mini Cooper merupakan salah satu merk mobil mewah yang unik dan memiliki pasar tersendiri di Indonesia. Autos.id – Menjadi salah satu merk di bawah...