Serat karbon Magna akan menjadi bahan baru yang dipakai oleh Ford untuk bagian subframe, menggantikan bahan baja yang selama ini dipakai.
Detroit, Autos.id – Ford akan segera mengaplikasikan serat karbon pada sub frame mobil Pabrikan Amerika Serikat (AS) ini memanfaatkan kerjasama dengan Magna International sebagai pemasok. Tujuannya satu, mengurangi berat kendaran.
Paultan, Selasa (21/03/2017) melaporkan, komponen serat karbon Magna menawarkan pengurangan massa bobot mencapai 34%, sekaligus mengurangi 87% bagian yang selama ini menggunakan subframe baja pada Ford.
“Komponen serat karbon Magna menawarkan pengurangan massa bobot mencapai 34%, sekaligus mengurangi 87% bagian yang selama ini menggunakan subframe baja pada Ford”
Mike Whitens, Director of Vehicle Enterprise Systems Ford, mengatakan kolaborasi Ford dan Magna menjadi bagian penting dalam upaya membangun mobil yang lebih ekonomis dalam sisi efisiensi. “Kolaborasi adalah kunci sukses dalam merancang komponen ringan yang berdampak positif pada efisiensi bahan bakar, namun tetap punya daya tahan untuk melindungi keselamatan,” tutur Whites.

Serat Karbon Gantikan Material Baja
Perkembangan baru dari penelitian pengembangan proyek Ford dan Magna, telah sampai pada teknis penguatan serat karbon yang dipadukan pada komponen lain pada mobil yang secara tekni akan menyentuh sasis unit. Aplikasi serat karbon Magna ini juga akan dikembangkan hingga pelek mobil.
Serat karbon Magna saat ini sedang dalam pengujian Ford untuk mengevaluasi seberapa kuat ketahanannya pada korosi. Ford belum mengkonfirmasi produk apa yang akan terlebih dahulu membenamkan subframe serat karbon ini.
Ford yakin mobil dengan serat karbon akan terus berkembang sebagai salah satu bagian dalam menjawab isu go green dalam industri otomotif karena langsung berhubungan dengan efisiensi penggunaan bahan bakar untuk mobil masa depan.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.