Last updated on 14 April, 2016
Jakarta, Autos.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengawali 2016 dengan capaian wholesales 13.184 unit dan retail sales 14.505 unit. Angka ini menunjukkan bahwa permintaan masyarakat atas unit-unit Daihatsu yang dibeli di dealer jauh lebih tinggi dibanding pegiriman dari pabrikan ke dealer.
Wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) Daihatsu di Januari 2016 berturut-turut disumbang oleh Gran Max Pick Up dengan 4.406 unit atau 33% dan Gran Max Minibus 1.272 unit atau 10%. Sehingga total penjualan Gran Max, mencapai 5.678 unit atau menyumbang 43% dari total wholesales.
Menyusul di posisi dua, Daihatsu Ayla menyumbang 3.508 unit atau 27%. Sedangkan Daihatsu Great New Xenia, menempati posisi ketiga dengan menyumbang 2.499 unit atau 19%. Berikutnya adalah Daihatsu Terios dengan 1.149 unit atau 9%, disusul Daihatsu Luxio 200 unit atau 2% dan Daihatsu Sirion 150 unit atau 1%.
Sementara itu komposisi penjualan retail (dari dealer ke konsumen) per tipe, relatif stabil dengan kontribusi terbesar tetap diduduki oleh Daihatsu Gran Max, dengan total penjualan baik Gran Max Pickup maupun Minibus 5.637 unit atau 39%. Di posisi kedua, Daihatsu Great New Xenia menyumbang 3.527 unit atau 24%. Daihatsu Ayla di posisi ketiga menyumbang 3.501 unit atau 24%. Daihatsu Terios, menyumbang 1.144 unit atau 8% disusul dengan Luxio 420 unit atau 3% dan Daihatsu Sirion menyumbang 276 unit atau 2%.
“Kami mengawali tahun ini dengan pencapaian yang cukup baik, sehingga hasil retail sales mampu melebihi wholesales. Ini memacu kami agar Daihatsu terus meningkatkan layanan penjualan dan purna jual dengan melakukan penambahan jumlah outlet serta meluncurkan produk improvement,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.