Connect with us

Hi, what are you looking for?

Daftar Harga Mobil

Rekomendasi Mobil Hybrid Seken, Harga Mulai dari Rp190 Jutaan

Toyota C-HR Hybrid 2019.
Toyota C-HR Hybrid 2019. (Sumber: Moladin)

Belakangan ini mobil hybrid menjadi alternatif pilihan konsumen yang ingin menjajal jenis mobil selain konvensional.

Autos.id – Mobil jenis hybrid atau disebut juga HEV (hybrid electric vehicle) menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin menjajal mobil listrik namun dengan harga terjangkau. Hal itu karena memang mobil hybrid lebih murah jika dibandingkan dengan mobil listrik murni.

Sebagai informasi, mobil listrik yang beredar di pasar Indonesia saat ini harganya masih tergolong tinggi dengan merek seperti Tesla, Hyundai Ioniq 5, MINI Electric dan Nissan Leaf. Sedangkan jika ingin yang lebih murah ada Wuling Air ev yang dibanderol Rp200 jutaan.

Nissan Kicks e-Power 1.2 2020.

Nissan Kicks e-Power 1.2 2020. (Sumber: Moladin)

Akan tetapi bagi yang ingin menjajal mengemudikan mobil listrik tanpa merogoh kocek dalam, mobil hybrid bisa menjadi pilihan meskipun masih harus tetap mengisi bahan bakar bensin seperti halnya mobil konvensional.

Walaupun begitu, konsumsi bahan bakar bensin pada mobil hybrid dijamin lebih irit berkat adanya motor listrik. Tetapi perlu dicatat juga bahwa mobil hybrid tidak bisa diisi daya lewat power outlet seperti halnya plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dan mobil listrik murni.

Sementara itu jenis mobil hybrid terbagi dua, yaitu mild hybrid dan full hybrid. Untuk mild hybrid, mobil ini memiliki baterai dan juga motor listrik yang mengalirkan daya pada mobil dan mampu membuat mesin mati jika mobil dalam kondisi berhenti.

Di sisi lain, full hybrid memiliki harga yang lebih mahal dari jenis yang pertama karena memiliki ukuran baterai yang lebih besar dan juga motor listrik yang lebih bertenaga. Meskipun demikian, cara kerja dan fungsi antara mild hybrid dan full hybrid hampir sama, dimana yang membedakan hanya kapasitas baterainya.

Di Indonesia sendiri sudah ada mobil hybrid seken yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin memiliki unitnya. Untuk harganya sendiri bermacam-macam karena tergantung pada tahun, kondisi mesin hingga spesifikasi.

Suzuki Ertiga Hybrid 1.4 GL 2020.

Suzuki Ertiga Hybrid 1.4 GL 2020. (Sumber: Suzuki Indonesia)

Dan di bawah ini adalah tiga merek mobil hybrid yang direkomendasikan untuk unit sekennya.

  • Toyota C-HR Hybrid (matic) – tahun 2019: Rp450.000.000
  • Nissan Kicks e-Power 1.2 (matic) – tahun 2020: Rp370.000.000
  • Suzuki Ertiga Hybrid 1.4 GL (matic) – tahun 2020: Rp190.000.000

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

MINI merupakan salah satu merek mobil yang identik dimiliki oleh masyarakat kelas atas di Indonesia. Autos.id – Dilansir dari berbagai sumber BMC atau singkatan...

Daftar Harga Mobil

Mercedes Benz adalah merek mobil terkenal berbasis Jerman yang produksinya juga dipasarkan di Indonesia. Autos.id – Siapa yang tidak mengenal merek Mercedes Benz, dimana...

Berita Otomotif

Address 125 versi terbaru akhirnya diluncurkan oleh Suzuki dengan klaim lebih hemat bensin. Autos.id – Suzuki baru saja meluncurkan skuter matic Address 125 versi...

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...