Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Xpander Hybrid Bakalan Hadir tahun ini?

Last updated on 29 Mei, 2024

Mitsubishi tidak mau ketinggalan akan elektrifikasi pada model mereka, termasuk Xpander

Autos.id – Xpander Hybrid sepertinya masuk sebagai line-up terbaru Mitsubishi Motors. Pasalnya, tipe Xpander Versi hibrida ini sudah masuk rencana jangka panjang Mitsubishi sebelumnya. Mungkin saja, banyak sekali model yang akan masuk ke era elektrifikasi.

Cuma, sistem elektrifikasi seperti apa yang bakalan hadir di Xpander. Mengingat Mitsubishi sendiri belum ada sama sekali pengalaman membangun mobil dengan sistem hibrida untuk segmen kelas LMPV.

baca artikel menarik lain tentang type xpander

Seperti halnya Nissan dengan sistem elektrifikasi mereka buat Nissan Kicks, mana Mesin bensin murni sebagai generator dan penggerak mobil semuanya adalah motor listrik. Sedangkan Mild Hybrid sendiri kemungkinan bisa jadi alternatif apabila motor listrik terlalu besar atau mahal.

Lantas apakah mungkin Mitsubishi gunakan Mild Hybrid? Atau Hybrid serial seperti Innova Zenix dan lainnya?

Baca juga: MMKSI Kini Mempercepat Produksi New Xpander Cross

Perkiraan Spesifikasi Xpander Hybrid

Sepertinya mesin sendiri masih andalkan mesin 1.500 cc saat ini dan ada tambahan baterai seperti Mild Hybrid milik Suzuki atau gunakan mesin 1.200 cc kepunyaan Nissan Kicks. Tapi itu semua belum tentu bisa terpakai juga.

Xpander Hybrid

Mungkin gunakan mesin yang sama berkode 4A91 MIVEC dengan tambahan generator motor listrik pada belakang atau roda depan. Kemudian baterainya sendiri berukuran lebih kecil dari Mitsubishi Outlander PHEV.

baca artikel menarik lain tentang xpander tipe terendah

Sedangkan Mild Hybrid sendiri hanya penggunaan generator dengan daya listrik lebih kecil namun berguna untuk membantu saat mesin mati atau menyala saja. Ibaratnya generator untuk aki mobil ini.

Tentu saja, beban mesin tidak terganggu sama sekali dan nantinya berpengaruh ke konsumsi bahan bakar. Hal inilah yang membuat Mitsubishi Xpander bisa saja punya konsumsi BBM lebih baik daripada model ICE atau konvensional.

Baca juga: Diantara SUV dan MPV, Mitsubishi Xpander Cross Masuk Golongan Mana?

Harga Xpander Hybrid

Bicara prediksi harga sendiri, berdasarkan harga Xpander saat ini mulai dari Rp258,5 Juta untuk tipe terendah. kalau saja tipe tertinggi mendapatkan Hybrid kemungkinan bisa naik Rp10-15 Juta. Itupun tergantung dari beberapa faktor lainnya. Seperti fitur ataupun adanya pengembangan Hybrid tersebut.

Sedangkan Xpander Cross sendiri belum ketahui apakah gunakan sistem Hybrid nantinya. Karena model ini pasti bakalan berbed daripada model sebelumnya.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

error: Content is protected !!