Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Trik Hemat Ganti Kaca Spion

Last updated on 6 Juli, 2023

Aduh spion pecah! tentu akan menjadi satu masalah besar bagi Anda. Tenang Anda dapat perbaikinya sendiri lho jika ingin hemat.

Autos.id – Membawa mobil atau motor di jalan umum tak luput dari berbagai resiko. Apalagi jika Anda sedang terjebak dalam kemacetan atau melintasi jalanan sempit, bersinggungan dengan kendaraan lain sangat mungkin terjadi.

Jika Anda terjebak dalam situasi seperti ini maka sudah pasti yang akan terkena imbasnya adalah bagian spion.

Spion pada kendaraan memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk melihat objek dibelakang kendaraan Anda. Jangan meremehkan benda yang bentuknya kecil ini ya, karena melalui spion inilah Anda dapat melihat objek lain yang ada di belakang atau bagian samping kendaraan Anda.

Untuk beberapa jenis kendaraan, mendapatkan spare part spion pengganti adalah hal yang mudah, bahkan tersedia pula dalam beberapa jenis spion yang tentunya memiliki perbedaan kualitas. Sementara untuk beberapa merek kendaraan, memerlukan waktu untuk mendapat penganti spion tersebut. Bisa juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkannya.

Jika kaca spion kendaraan Anda pecah bersinggungan dengan pengendara lain, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti bagian kacanya saja. Tidak perlu membeli keseluruhan spion, karena harga spion mobil tidaklah murah.

Baca juga: Cara Mudah dan Cepat Cek Ranmor DKI Jakarta

Anda bisa lho mengganti kaca spion yang pecah ini dengan melakukannya mandiri di rumah. Hanya dengan membeli kaca sesuai spion mobil Anda untuk mengganti kaca yang pecah tadi. Gimana sih caranya?

1. Menekan bagian atas kaca spion yang pecah sampai bagian bawahnya keluar dari cover.  cungkil bagian bawah yang terangkat tadi dengan obeng pipih sampai kaca copot dari covernya. Lakukan dengan hati-hati ya.

2. Setelah itu kaca baru yang sudah Anda beli dimasukkan lagi ke dalam cover spion dengan cara menekan bagian atas lebih dahulu pada klip penjepit kaca. Kemudian baru tekan bagian bawah kaca sampai terdengar bunyi “klik”.

3. Jika kedua langkah tersebut sudah Anda lakukan, maka pastikan kaca spion barunya sudah masuk ke dalam cover dengan sempurna. Caranya dengan coba test drive kendaraan Anda di sekitar rumah saja, jika kaca pada spion aman saat kendaraan berjalan maka sudah pasti kaca baru tersebut sudah terpasang dengan baik.

Baca juga: Jangan Sampai Jadi Korban Pencurian Spion Mobil, Begini Tipsnya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

error: Content is protected !!