Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Intip Segelintir Perubahan Toyota Tundra 2022, Makin Garang!

Toyota Tundra 2022
Toyota Tundra 2022

Toyota merombak beberapa tampilan hingga performa mesin Toyota Tundra 2022, pickup double cabin berukuran full-size. 

Autos.id  –  Produsen mobil domestik berlomba-lomba berstrategi pada segmen pickup truck ukuran full-sizes sehingga muncullah Toyota Tundra 2022. Sejak debutnya pada tahun 1999, Toyota Tundra telah mengambil tempat di antara kendaraan paling andal dalam segmen otomotif berukuran besar. Hal itu didukung dengan pencapaiannya yang berhasil ditempatkan sebagai pickup full-size baru dengan kualitas terbaik dalam Power Initial Quality Study 2021.

Toyota Tundra 2022 diketahui menggunakan platform TNGA-F milik Land Cruiser 300.

Alasan Perubahan Total Toyota Tundra 2022

Pada 19 September 2021, Toyota meluncurkan versi rombakan Tundra yang siap diluncurkan di dealer akhir tahun ini sebagai model 2022. Toyota memberikan Tundra desain ulang total yang sangat dibutuhkan setelah generasi sebelumnya tidak pernah berubah sejak debutnya pada 2007 silam. Meskipun sempat ada pembaruan untuk model tahun 2014, Toyota Tundra berjuang untuk meningkatkan penjualannya dari saingan domestik seperti Ford F-150, Ram 1500, Chevy Silverado 1500, dan GMC Sierra 1500. 

Toyota Tundra 2022 masih diperkirakan tidak akan menjual lebih banyak dari para pesaingnya. Tetapi berbagai perubahan Tundra harus membuatnya jauh lebih kompetitif dan diinginkan saat mulai dijual di dealer Amerika Utara.

Perubahan total Tundra yang semakin garang

Perubahan total Tundra yang semakin garang

Perombakan Performa Jantung Pacu

Toyota Tundra 2022 adalah satu-satunya double cabin full-size yang tidak tersedia dengan mesin V-8. Sebaliknya, truk pickup ini  hanya ditawarkan dengan mesin 3.5L twin-turbocharged V-6 (6-valve), dan transmisi otomatis 10-percepatan. Mesin mobil double cabin ini hadir dalam dua varian yang berbeda. Versi mesin standar i-FORCE mampu menghasilkan tenaga 389 hp dan torsi 479 pon-kaki.

Varian mesin i-FORCE MAX

Varian mesin i-FORCE MAX

Sedangkan versi hybrid dilengkapi motor listrik i-FORCE MAX yang terintegrasi hingga bertenaga 437 hp dan torsi 583 pon-kaki. Mesin 8-silinder yang tersedia pada model 2021 tidak akan ditawarkan kembali di model 2022. Toyota semakin mengurangi silinder dalam konfigurasi mesin karena mesin yang lebih kecil membuat pembakaran mesin mobil lebih efisien.

Toyota Tundra 2022 juga mengalami perubahan di bagian suspensi belakang yang sebelumnya menggunakan pengaturan leaf-spring. Tundra sekarang menggunakan suspensi belakang coil-spring yang lebih halus yang akan meningkatkan karakteristik pengendaraan dan penanganannya. 

Toyota Tundra TRD Pro

Toyota Tundra TRD Pro

Toyota terus menawarkan paket TRD Off-Road dan TRD Sport yang populer pada varian Tundra terbaru. Fitur terbarunya terdiri dari suspensi off-road, pelat selip, dan roda yang unik. Fitur terakhir meliputi suspensi yang lebih rendah dan roda 20 inci. Pecinta double cabin yang mencari kendaraan off-road maksimum akan menginginkan TRD Pro, yang memiliki fitur suspensi terangkat dan peredam eksklusif. Lalu juga ada satu set khusus velg hitam 18-inci yang dipasang pada ban segala medan.

Kapasitas Towing and Payload

Toyota Tundra 2022 memiliki kemampuan towing  hingga 12.000 pound yang sedikit lebih rendah dari truk ukuran penuh lainnya. F-150 misalnya, dapat towing hingga 14.000 pound. Tundra juga memiliki kapasitas muatan maksimum 1940 pound. Lalu beberapa pickup double cabin lainnya dapat mengangkut lebih banyak bobot di tempat tidur kargo mereka, contohnya Ford maksimal mengangkut muatan 3250 pon.

Towing and Payload Tundra 2022

Towing and Payload Tundra 2022

Desain Interior dengan Fitur Kenyamanan Terbaru

Bagian dalam Tundra memiliki dasbor tebal yang dihiasi ventilasi udara menonjol, bagian tengah yang tebal dan halus menghubungkan panel pintu. Fitur interior premium Tundra lengkap dengan sentuhan lembut bahan kulit dan tersedia kursi depan berpemanas atau berventilasi. Material yang digunakan pada konsol tengah, dasbor, dan pintu terlihat jauh lebih bagus daripada yang digunakan pada generasi sebelumnya. Tentu saja, kualitasnya diharapkan meningkat dengan trim level, dengan edisi 1794 top-of-the-line dengan aksen kayu yang atraktif. Bagian atap mobil juga sudah dilengkapi panoramic moonroof.

Interior mewah nan tangguh Toyota Tundra

Interior mewah nan tangguh Toyota Tundra

Semua model terlihat memiliki konsol tengah serbaguna dengan banyak ruang penyimpanan dan tempat sampah tengah yang besar. Sementara sepasang pengukur analog dan layar kecil MID adalah panel instrumen standar, trim level atas memiliki layar speedometer 12,3-inci. Tundra hadir dalam dua gaya bodi dengan tiga tempat tidur kargo yang berbeda. Kabin yang diperluas (alias Double Cab) tersedia dengan tempat tidur berukuran 6,5 atau 8,1 kaki. Kabin kru (alias CrewMax) ditawarkan dengan tempat tidur berukuran 5,5 atau 6,5 kaki.

Fitur Infotainment dan Connectivity

Layar touchscreen raksasa yang berukuran setidaknya 12-inci kini tersedia di hampir setiap double cabin car, kecuali Nissan Titan. Sementara head unit touchscreen 8-inci adalah fitur standar di Tundra yang dapat ditingkatkan menjadi layar touchscreen 14-inci yang berorientasi horizontal. Pihak Toyota juga mengatakan sedang mengembangkan sistem audio baru untuk debut di model terbaru Tundra.

Fitur Infotainment dan Connectivity

Fitur Infotainment dan Connectivity

Toyota Tundra 2022 juga dilengkapi fitur tombol volume serta koneksi wireless Apple CarPlay dan Android Auto. Anda juga bisa ditawarkan layanan hotspot Wi-Fi berbasis langganan.

Fitur Keselamatan dan Driver-Assistance

Setiap Tundra dilengkapi dengan teknologi driver-assistance berbasis sensor dan kamera. Fitur-fiturnya terdiri dari Automatic High-Beams, Blind-Spot Monitoring, Rear Cross-Traffic Alert, dan Integrated Trailer Brake Controller. Di sisi lain, fitur keamanan utama mobil double cabin ini meliputi:

  • Standard Forward-Collision Warning
  • Automated Emergency Braking
  • Standard Lane-Departure Warning
  • Lane-Keeping Assist
  • Adaptive Cruise Control
Fitur Keselamatan Blind Spot Monitor

Fitur Keselamatan Blind Spot Monitor

Fitur keselamatan lainnya adalah multi-terrain monitor yang diberikan untuk memungkinkan pengemudi memeriksa lingkungan sekitar bahwa terdapat kemungkinan hambatan. Pengemudi hanya cukup menekan tombol untuk tampilan kamera depan, belakang dan samping di layar.

Perubahan keren Toyota Tundra 2022

Perubahan keren Toyota Tundra 2022

Toyota Tundra 2022 akan dirakit di pabrik Toyota San Antonio, Texas. Perakitannya melibatkan beberapa insinyur dan desainer di California dan Michigan untuk berkolaborasi dalam desainnya. Pihak Toyota mengatakan akan merilis rincian harga di kemudian hari. Tapi kemungkinan harga Tundra model 2022 tidak akan jauh-jauh dari Tundra 2021 yang diberi harga mulai dari $38.420 atau sekitar Rp 546 jutaan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 16 Oktober, 2021Permasalahan yang melibatkan Nippon Steel dengan Toyota Motor Corp serta Baoshan Iron and Steel terkait hak paten seputar bahan...

Berita Otomotif

Dengan dimensinya yang besar membuat Toyota Hiace merupakan mobil MPV komersial yang banyak digunakan oleh para pengusaha travel karena bisa mengangkut banyak orang dengan...

Berita Otomotif

Toyota RAV4 Adventure edisi terbaru hadir dengan spesifikasi mesin yang semakin tangguh lengkap dengan bumper depan baru dan penyesuaian interior. Autos.id  –  Toyota telah...

Berita Otomotif

Salah satu model yang sudah cukup populer dan banyak disukai oleh penyuka mobil. Autos.id  –  Toyota Land Cruiser 2022 masih menjadi produk yang dinantikan...