Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Dominasi Pasar Elektrifikasi Nasional Dengan Market Share 52,8%

Toyota Innova Zenix HEV

Last updated on 10 Februari, 2024

Jakarta, Autos.id  — PT Toyota-Astra Motor (TAM) membuka tahun ini dengan berita positif dari whole sales tahun 2023 yang mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022. Dengan visi menghadirkan ever-better cars khususnya kendaraan elektrifikasi (xEV), penjualan Toyota (termasuk Lexus) justru meningkat dari 332.443 unit di tahun 2022 menjadi 339.292 unit di tahun 2023, yang berarti market share PT TAM turut meningkat dari 31,7% (2022) menjadi 33,7% (2023).

Transformasi lansekap penjualan PT TAM tidak lepas dari kehadiran MPV keluarga ikonik Kijang Innova Zenix di akhir tahun 2022 yang langsung mencatatkan penjualan tinggi pada tahun berikutnya.

Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) berhasil menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total whole sales 27.705 unit di tahun 2023, diikuti Yaris Cross HEV (5.476 unit) dan Corolla Cross HEV (1.217 unit). Sebuah catatan sejarah penting, penjualan xEV Toyota meningkat tajam lebih dari 8 kali lipat dari 4.436 unit (2022) menjadi 37.736 unit (2023). Semakin membanggakan karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan Hybrid EV Toyota produksi Indonesia.

Toyota RAV4 PHEV

“Semoga dengan kian lengkapnya pilihan model baru Toyota khususnya xEV tahun ini, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendorong pertumbuhan penjualan kendaraan roda empat serta menghadirkan ever better cars yang sesuai kebutuhan pelanggan,” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Sebagai model xEV paling populer di masyarakat, kontribusi penjualan Hybrid EV di pasar otomotif Indonesia adalah 2.489 unit (2021), 10.369 unit (2022), dan naik drastis 54.307 unit (2023). Perubahan mendasar yang revolusioner bermodalkan aplikasi platform baru dan opsi hybrid powertrain pada MPV idaman keluarga Indonesia ini, menghadirkan pengalaman berkendara yang luar biasa sejak diluncurkan pada akhir 2022 lalu.

Sebagai pendatang baru di dunia otomotif, All New Kijang Innova Zenix dan All New Yaris Cross langsung memperoleh respons positif dari masyarakat. Tidak hanya itu, kedua xEV asli buatan Indonesia ini, ikut mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan khususnya media massa karena dinilai memiliki value yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Toyota bZ4X BEV

Bahkan, All New Kijang Innova Zenix sempat beberapa kali menjadi Car of The Year 2023 sebagai mobil pilihan keluarga Indonesia yang telah berevolusi bersama selama lebih dari 45 tahun. Penghargaan diberikan pula pada HEV Toyota lainnya yakni Corolla Cross HEV, Corolla Altis HEV, dan Camry HEV.

Sepanjang tahun 2023, penjualan xEV Toyota didominasi Hybrid EV dengan tiga besar yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Masyarakat patut bangga karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan produk tangan terampil anak bangsa yang mampu menguasai proses produksi HEV yang canggih dan kompleks.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Berita Otomotif

Total SPK Toyota Tembus 2.540 Unit di IIMS 2024 Jakarta, Autos.id  — PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai tahun 2024 dengan catatan penjualan yang mengesankan...

Berita Otomotif

Last updated on 30 Desember, 2023 Berikan Peace of Mind Kepada Seluruh Pelanggan Termasuk Pengguna Kendaraan Elektrifikasi Jakarta, Autos.id – PT Toyota-Astra Motor (TAM)...

Berita Otomotif

Yogyakarta, Autos.id  –  PT Toyota-Astra Motor (TAM) memperluas cakupan Toyota xEV Ecosystem dengan menghadirkan Ultra Fast Charging (UFC) DC berdaya 120 kW di dealer...

Berita Otomotif

Total SPK Sepanjang Perhelatan GIIAS 2023 Dipimpin Oleh Duo Avanza-Veloz Tangerang, Autos.id – Dengan semangat Mobility for All, komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) berhasil...

error: Content is protected !!