Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Toyota bZ4x Diuji Tabrak Di Euro NCAP, Ini Hasilnya

Toyota bZ4x Diuji Tabrak Di Euro NCAP, Ini Hasilnya

Dalam uji tabrak Toyota bZ4X yang dilakukan oleh Euro-NCAP memperlihatkan hasil yang sangat memuaskan berkat beberapa peranti keselamatan canggih yang ada pada mobil tersebut.

Autos.id – Beberapa waktu lalu, Toyota Astra Motor baru saja meluncurkankan mobil listrik andalan mereka yaitu Toyota bZ4X. Mobil yang juga digunakan sebagai salah satu mobil operasional acara KTT G20 di Bali ini menjadi salah satu produk Toyota yang sangat revolusioner. Baru-baru ini, Toyota bZ4X baru saja melalui serangkaian uji tabrak atau crash test yang dilakukan oleh lembaga keselamatan Euro-NCAP.

Hasil uji tabrak atau crash test dari Toyota bZ4X ini tergolong sangat memusakan dengan raihan bintang 5 dengan beberapa poin penilaian penting.

Toyota bZ4x Diuji Tabrak Di Euro NCAP, Ini Hasilnya

Detail Uji Tabrak Toyota bZ4X

Seperti yang dilansir dari dari laman resmi Euro-NCAP, Toyota bZ4X meraih beberapa penilaian dengan hasil yang memuaskan. Dimulai dari penilaian mengenai perlindungan pada penumpang dewasa, mendapat nilai 87%. Lalu untuk perlindungan pada penumpang anak-anak mendapat nilai 87%. Serta perlindungan untuk pejalan kaki yang mendapat skor 79%. Secara keseluruhan, bZ4X mendapatkan nilai 91%.

Dalam penilaian ini, pihak Euro-NCAP terkesan bagaimana mobil ini menghadapi pengujian tabrak. Misalnya saat di tes dengan cara ditabrakkan dengan kendaraan lain, mobil ini memiliki tingkat keparahan yang tidak sampai membuat orang mengalami cedera yang serius. Serta yang unik, sistem seat belt bagian depan mobil ini bisa mendeteksi pengendara yang kelelahan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Toyota bZ4x Diuji Tabrak Di Euro NCAP, Ini Hasilnya

Lalu dalam pengujian ini, pihak Euro-NCAP juga menilai fitur radar Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 pada bZ4X juga bekerja dengan baik. Misalnya saat dalam keadaan kritis, sistem TSS ini bisa mendeteksi batas kecepatan dan lajur kendaraan yang benar dan membuat pengemudi bisa langsung mengatur batas kecepatan serta mobil tidak keluar lajur terutama di kecepatan tinggi.

Dalam pengujian ini, Euro-NCAP mengambil sampel dua mobil Toyota bZ4X baik itu yang berpenggerak roda depan dan penggerak All-Wheel Drive. Baik varian FWD maupun AWD sama-sama meraih hasil yang sangat memuaskan dan membuat mobil ini sangat aman dan layak dari segi safety.

Sebagai informasi, Toyota bZ4X berdiri di atas platform khusus e-TNGA yang merupakan penyempurnaan dari platform TNGA standar yang dikhususkan untuk mobil listrik. Mobil ini memiliki baterai Lithium-Ion berkapasitas 71,4 kWh. Salah satu keunggulan mobil ini adalah jarak tempuh mobil ini yang bisa berjalan hingga 500 km hanya dalam sekali pengisian daya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Mobil

Karena banyaknya pesanan Toyota bZ4x, membuat Toyota Motor Thailand harus menutup keran pemesanannya karena terbatasnya stok untuk pasar Thailand. Autos.id – Sebelum heboh dengan...

Mobil

Uji tabrak atau crash test pada Honda Civic generasi terbaru ini meraih rating bintang 5 yang membuatnya termasuk salah satu mobil teraman yang dimiliki...

Reviews

Battery EV Toyota Pertama di Indonesia dan pilihan terbaru elektrifikasi Toyota guna mendukung mobilitas zero emission Jakarta, Autos.id  –  Hari ini, Kamis (10/11) PT...