Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota bZ4X 2022 Resmi Meluncur, Mirip Dengan Konsepnya

Toyota bZ4X 2022 Resmi Dilaunching, Menyerupai Versi Konsepnya

Setelah menunggu sekitar 6 bulan, akhirnya mobil konsep hasil kolaborasi Toyota dan Subaru untuk mobil listrik murni, yaitu Toyota bZ4X sudah resmi diluncurkan. Rencananya akan mulai dijual di tahun 2022 mendatang.

Autos.id – Sejak April 2021, Toyota dan Subaru memang sudah mengumumkan akan melakukan kerjasama untuk sebuah mobil fully electric vehicle (FEV). Dimana dalam kerjasama tersebut, dibuatlah mobil konsep Subaru  Soltera dan Toyota bZ4X yang merupakan sebuah medium SUV. Setelah 6 bulan menunggu, akhirnya wujud versi produksi dari Toyota bZ4X sudah muncul kepermukaan pada Kamis kemarin (29/10/2021).

Yang membuat mobil ini menarik adalah dari desain konsep ke versi produksi sama persis dan hampir tidak ada perbedaan yang berarti. Membuat mobil ini tidak memberikan kesan PHP yang biasanya sering terjadi dibeberapa mobil konsep yang Ketika muncul versi produksinya jadi terlihat jauh berbeda.

Toyota bZ4X 2022 Resmi Dilaunching, Menyerupai Versi Konsepnya

Seri Beyond Zero Pertama Dari Toyota

Toyota bZ4X ini merupakan mobil pertama dari seri line up “Beyond Zero” atau yang disingkat menjadi bZ. Buat yang belum tahu, seri b Zini merupakan nomenklatur terbaru dari Toyota untuk kendaraan FEV atau listrik murni yang masih berbasi dengan TNGA atau Toyota New Global Architecture). Kedepannya nama platform yang digunakan untuk mobil listrik mereka adalah e-TNGA.

Berbicara mengenai eksterior, penggunaan desain dengan lekukan tajam, tegas, serta ganas layaknya sebuah hiu martil seperti diversi konsepnya masih dipertahankan. Dari versi konsep ke versi produksi yang terlihat perbedaannya hanya muncul pada emblem “Electric” dibagian wheelarches depan serta detail di cover towing hook dan adanya corner sensor. Serta untuk velg sendiri, masih menggunakan vel;g 20 inch two tone yang juga ada diversi konsepnya.

Berlanjut ke bagian interiornya, mobil ini masih mempertahankan desain dashboard yang sama dengan versi konsepnya. Mulai dari penggunaan desain mengambang atau floating dan dipadukan dengan panel instrument 7 inch full TFT berwarna, serta penggunaan Head Unit layar raksasa yang tergabung dengan panel AC yang membuat tampilan yang futuristik serta modern.

Sesuai dengan filosofi Toyota “Hands on the wheels, eyes on the road” Toyota ingin menunjukan bagian interior mobil yang mudah digunakan dengan penggunaan tombol fisikal baik distir dan dan dikonsol sekitar. Kemudian untuk warna interior sendiri merupakan campuran dari warna hitam dan abu-abu. Kemudian hadirnya panoramic sunroof membuat aura kabin juga menjadi sangat lega serta kapasitas bagasi yang cukup luas di 452 liter.

Bisa Berjalan Hingga 450 Km

Berbicara mengenai spesifikasi sendiri, Toyota bZ4X 2022 menggunakan baterai berkapasitas 71,4 kWh, dimana klaimnya baterai ini bisa membawa mobil ini dalam keadaan baterai full hingga 450 km. Angka ini cukup menarik mengingat baterai yang digunakan menggunakan jenis “slim battery” yang diklaim awet karena mampu menjaga hampur 90% range baterai tersebut berkat adanya water cooling dengan active thermal management.

Kemudian ada juga opsi penggunaan solar panel roof yang tersedia dimobil ini. Hal ini membuat mobil ini bisa discharge hanya dengan dijemur matahari saja meskipun berat mobil secara keseluruhan akan menjadi lebih berat. Selain itu Toyota bZ4X juga tersedia dalam 2 pilihan powertrain.  Yaitu Single Motor dengan penggerak roda depan dengna tenaga 203 Hp dan torsi 265 Nm. Dan yang kedua adalag dual motor all wheel drive dengan tenaga hingga 218 Hp dan torsi 336 Nm.

Toyota bZ4X 2022 Resmi Dilaunching, Menyerupai Versi Konsepnya

Untuk versi Subaru-nya, juga akan hadir fitur “X Mode” yang merupakan mode berkendara untuk berbagai kondisi jalanan. Mulai untuk jalanan bersalju, lumpur, serta jalan berpasir yang dimana Traction Control akan diatur sesuai dengan mode jalan yang dilalui tersebut. Untuk pengisian daya mobil ini, Toyota bZ4X ini menggunakan rapid charge sebesar 150 kw yang artinya untuk mengisi hingga 80% cukup membutuhkan waktu setengah jam saja. Tetapi juga disediakan AC Charger sebesar 11 kw untuk pengisian dirumah.

Klaimnya, platform e-TNGA atau yang di Subaru memiliki nama e-SGP atau Subaru Global Platform ini akan memberikan rigiditas sasis serta titik gravitasi yang rendah sehingga memberikan fun to drive yang lebih baik. Dan juga platform ini memberikan jalan bagi Toyota dalam pengembangan fitur Steer By Wire untuk menggantikan sistem mekanikal Rack Steering yang konvensional.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

2022 menjadi tahun dimana kendaraan listrik termasuk jenis mobil dari sejumlah pabrikan menjadi sorotan. Autos.id – Mobil listrik 2022 kali ini banyak sekali jenisnya....

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Mobil

Karena banyaknya pesanan Toyota bZ4x, membuat Toyota Motor Thailand harus menutup keran pemesanannya karena terbatasnya stok untuk pasar Thailand. Autos.id – Sebelum heboh dengan...

Mobil

Dalam uji tabrak Toyota bZ4X yang dilakukan oleh Euro-NCAP memperlihatkan hasil yang sangat memuaskan berkat beberapa peranti keselamatan canggih yang ada pada mobil tersebut....