Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Berbagi Ilmu, Galang Anak Muda Berprestasi

Toyota Production System

Melalui kegiatan bertajuk Toyota Berbagi Ilmu, TMMIN memfasilitasi para siswa yang ingin memperdalam ilmu tentang otomotif dan manufaktur kendaraan.

Karawang, Autos.id – PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyelenggarakan acara “Toyota Indonesia Berbagi Ilmu”, di karawang, Jawa barat. Kegiatan ini merupakan wadah dari empat agenda utama yaitu Kaizen Goes to School, Kompetisi Robotic Training, Program Pemagangan dan Sertifikasi, serta Donasi Alat Peraga Pendidikan.

Keempat program tersebut merupakan bagian dari upaya Toyota Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi. “Kami ingin berbagi pengetahuan dan keahlian industri khususnya di bidang otomotif bagi para generasi muda sehingga para penerus bangsa ini dapat menjadikan TMMIN sebagai salah satu referensi pengetahuan manufaktur kendaraan di Indonesia,” kata Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur TMMIN melalui keterangan tertulisnya kepada Autos.

“Kami ingin berbagi pengetahuan dan keahlian industri khususnya di bidang otomotif bagi para generasi muda sehingga para penerus bangsa ini dapat menjadikan TMMIN sebagai salah satu referensi pengetahuan manufaktur kendaraan di Indonesia”

Melalui Kaizen Goes to School, TMMIN menggandeng Universitas, SMK, Balai Latihan Kerja, dan institusi lain dalam menciptakan kurikulum berbasis industri serta membangun laboratorium atau ruang praktik industri. Kegiatan yang telah dimulai sejak 2017 ini akan melibatkan 69 Universitas, SMK, Balai Latihan Kerja, dan institusi vokasi lain hingga tahun 2019.

Toyota juga memfasilitasi minat dan bakat generasi muda di bidang robotik melalui proyek perdana Kompetisi Robotik. TMMIN menyaring beberapa SMK di Karawang yang mempunyai jurusan Elektronika hingga terpilih 3 SMK terbaik (SMKN 1 Karawang, SMKN 1 Cikampek, dan SMK Texar Klari) yang diberikan pelajaran mengenai robotik secara general dan kemudian memperoleh pelatihan di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya).

Kemudian ada juga program pemagangan tersertifikasi dengan berkoordinasi bersama Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Karawang. Para lulusan pemagangan akan memperoleh sertifikasi yang diakui secara Nasional melalui kerjasama dengan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Setiap tahun, Toyota memfasilitasi 120 pencari kerja untuk ikut serta di program pemagangan dan akan memperoleh sertifikat dari LSP.

Terakhir, kegiatan Toyota Berbagi Ilmu berupa pengembangan kemampuan SDM Indonesia juga diwujudkan dalam bentuk donasi kendaraan berupa 10 unit mobil sebagai alat peraga pendidikan dan pembelajaran. Donasi yang terdiri dari 6 unit Kijang Innova, 3 Avanza, dan 1 Fortuner diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk kontribusi untuk mengembangkan dan memudahkan para pengajar saat memberikan pelatihan bagi para siswa.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mobil

Penjualan terbesar Mitsubishi masih disumbang Xpander dan Xpander Cross Jakarta, Autos.id  –  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), catat hasil positif penjualan...

Berita Otomotif

Pabrik ini akan memulai produksi pada tahun 2024 dengan kapasitas tahunan mencapai 10 GWh sel baterai, yang mana cukup untuk kebutuhan lebih dari 150.000...

Berita Otomotif

Last updated on 17 September, 2021Dengan harga Rp 200 jutaan, Morris Garages resmi mengantarkan New MG ZS kepada para penggemarnya di Tanah Air yang...

Mobil

Peningkatan penjualan Agustus 2021 tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak Jakarta, Autos.id  –  Penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara...