Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Akan Akuisisi Seluruh Saham Daihatsu

Toyota akan membeli semua saham Daihatsu

Last updated on 14 April, 2016

Tokyo, Autos.id – Toyota akan membeli semua saham Daihatsu mulai Agustus 2016. Nantinya Daihatsu akan menjadi bagian produksi mobil kecil Toyota di negara berkembang.

Saat ini Toyota telah memiliki 51,2% saham Daihatsu, dan mulai Agustus mendatang Toyota juga akan membeli 48,8% sisa saham Daihatsu. Meski belum diumumkan berapa nilai pembelian saham Daihatsu, namun diperkirakan transaksi ini akan melibatkan setidaknya dana Rp 40 triliun.

“Ini adalah kesempatan bagi kami berdua untuk berhenti merasa kita bisa melakukan sendiri, dan mengambil keuntungan dari kekuatan kami masing-masing. Dengan kata lain, kita sekarang dapat fokus bersama-sama pada kompetensi global. Saya percaya ini adalah kunci untuk mencapai dan mempertahankan daya saing global,” kata Akio Toyoda, President Toyota Motors Corp, dalam siaran persnya.

Sementara menurut Masanori Mitsui, President Daihatsu Motor Corp, akuisisi ini merupakan kesempatan agar meningkatkan lagi citra merek Daihatsu di pasar global sekaligus juga memperkuat hubungan mereka dengan Toyota. “Saya percaya kami telah menemukan suatu tindakan yang akan memungkinkan kita untuk melanjutkan pertumbuhan kami untuk 100 tahun ke depan,” ucap dia.

Daihatsu Kini Sepenuhnya Anak Perusahaan Toyota

Daihatsu Kini Sepenuhnya Anak Perusahaan Toyota

Kedua perusahaan ini akan fokus mengembangkan kerja sama pada pasar negara berkembang, khususnya negara dimana merek Daihatsu begitu kuat. Nantinya Daihatsu akan menjadi bagian strategis untuk memasarkan mobil kecil Toyota yang berfokus pada efisiensi bahan bakar dan hemat biaya perawatan. Fokus Toyota akan tetap pada teknologi yang berhubungan dengan lingkungan, keselamatan, user experience, dan kenyamanan.

Keputusan untuk mengakuisisi seluruh saham Daihatsu memungkinkan Toyota untuk memperkuat posisinya sebagai produsen mobil terbesar di dunia dan mempertajam pangsa pasarnya di negara berkembang. Sementara bagi Daihatsu, merek ini dapat lebih menarik banyak pelanggan, khususnya di negara berkembang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Daftar Harga Mobil

Daihatsu Gran Max jadi salah satu jenis mobil yang terlibat ‘skandal’ keselamatan di Jepang. Autos.id – Skandal yang melibatkan Daihatsu, yang telah berlangsung sejak...

Daftar Harga Mobil

Pihak Jepang melarang penjualan sejumlah mobil Daihatsu, termasuk Gran Max. Autos.id – Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang telah mencabut persetujuan tipe...

error: Content is protected !!