Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Tiongkok Menjadi Negara Dengan Produksi Mobil Tertinggi Di Dunia, Ini Faktanya

Tiongkok Menjadi Negara Dengan Produksi Mobil Tertinggi Di Dunia, Ini Faktanya

Tiongkok mengalahkan beberapa negara raksasa otomotif dunia seperti Amerika Serikat hingga negara-negara Eropa dalam jumlah produksi mobil pertahunnya.

Autos.id – Perkembangan industri otomotif dunia semakin pesat akhir-akhir ini. Semakin banyak negara di dunia yang merakit dan memproduksi mobilnya sendiri serta di ekspor ke berbagai belahan dunia.

Hasilnya Tiongkok menjadi negara dengan produksi mobil dengan jumlah yang tertinggi selama tahun 2021 silam.

Tiongkok Menjadi Negara Dengan Produksi Mobil Tertinggi Di Dunia, Ini Faktanya

Data Produksi Mobil Di Seluruh Dunia

Dalam sebuah data yang dikeluarkan oleh Organisasi Industri Kendaraan Bermotor Internasional atau OICA memperlihatkan 15 negara dengan produksi mobil tertinggi di dunia selama tahun 2021. Hasilnya, Tiongkok menempati urutan pertama dengan angka 26,08 jutaan unit. Angka ini terdiri dari 21,4 juta mobil penumpang dan 4,6 juta mobil untuk komersil.

Dalam data ini, Tiongkok mengalahkan beberapa negara raksasa otomotif dunia seperti Jepang, Amerika Serikat, hingga negara-negara Eropa seperti Jerman. Amerika Serikat sendiri menempati urutan kedua dengan jumlah produksi 9,16 juta. Menariknya, produksi mobil komersial di Amerika Serikat justru lebih tinggi diangka 7,6 jutaan dibandingkan mobil penumpang yang berada di kisaran angka 1,5 jutaan unit.

Posisi ketiga ditempati oleh Jepang yang memproduksi sebanyak 7,8 juta unit dengan rincian 6,61 juta mobil penumpang dan 1,22 juta mobil komersial. Di belakang Jepang ada India yang memproduksi hingga 4,3 jutaan unit mobil. Detailnya adalah India memproduksi 3,63 jutaan mobil penumpang dan 768 ribuan mobil komersial.

Tiongkok Menjadi Negara Dengan Produksi Mobil Tertinggi Di Dunia, Ini Faktanya

Posisi kelima ditempati oleh Korea Selatan yang memproduksi sekitar 3,46 juta unit mobil dengan detail 3,16 jutaan mobil penumpang dan 299 ribuan mobil komersial. Korea Selatan sendiri bahkan mengungguli negara yang terkenal dengan brand-brand premiumnya yaitu Jerman. Negara tersebut hanya memproduksi mobil sebanyak 3,3 jutaan unit.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sendiri menempati urutan ke 14 dengan total produksi mobil mencapai 1,12 juta unit. Angka tersebut dibawah Thailand yang menjadi negara ASEAN dengan penjualan terbanyak, yaitu 1,68 jutaan unit dan menempati urutan 10 dari sample 15 negara dengan produksi mobil tertinggi di dunia

Daftar 15 Negara Dengan Produksi Mobil Terbanyak Di Dunia Tahun 2021

  1. Tiongkok: 26 juta unit
  2. Amerika Serikat: 9,1 juta unit
  3. Jepang: 7,8 juta unit
  4. India: 4,3 juta unit
  5. Korea Selatan: 3,4 juta unit
  6. Jerman: 3,3 juta unit
  7. Mexico: 3,1 juta unit
  8. Brazil: 2,2 juta unit
  9. Spanyol: 2,09 juta unit
  10. Thailand: 1,6 juta unit
  11. Rusia: 1,5 juta unit
  12. Prancis: 1,3 juta unit
  13. Turki: 1,2 juta unit
  14. Indonesia: 1,12 juta unit
  15. Kanada: 1,11 juta unit

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komunitas

Wuling Club Indonesia (WLCI) resmi lahir sebagai komunitas pertama pengguna Wulling. Komuitas ini diharapkan menjadi wadah berbagi pengelaman. Jakarta, Autos.id – Kehadiran Wuling dengan...