Berita Otomotif

Tim Pengembang Sangat Antusias Ciptakan Mobil Listrik

Jajaran tim pengembang Blits dan Kasuari

Kemampuan anak bangsa untuk menciptakan kendaraan listrik sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Tapi sayangnya, dukungan dari pemerintah buat mereka tidaklah maksimal. Padahal, tim pengembang sangat antusias untuk menciptakan kendaraan listrik.

Jakarta, Autos.id – Wujud keseriusan anak bangsa dalam menciptakan mobil listrik bisa dilihat dari keberadaan Blits dan Kasuari. Bahkan, tim pengembang kedua mobil tersebut tidak ragu untuk menguji mobilnya melalui perjalanan jarak jauh.

Blits sendiri merupakan singkatan dari Budi Luhur dan Institut Teknologi Surabaya. Pengujian mobil listrik ini mendapat dukungan penuh dari perusahaan listrik negara (PLN).

Dengan begitu, tim penguji tak akan dipusingkan oleh masalah pengisian daya baterai dalam perjalanan nanti. Karena daya baterai Blits dan Kasuari dapat diisi di semua kantor PLN di seluruh Indonesia, tanpa dipungut biaya alias gratis.

Dalam pengujiannya, Blits dan Kasuari akan dibawa keliling Indonesia mulai dari pulau Sumatera sampai finish di kota Surabaya. Perjalanan tersebut diperkirakan akan memakan jarak tempuh sejauh 20 ribu km.

Baterai Blits dan Kasuari dapat diisi di semua kantor PLN di Indonesia secara gratis

Pengujian ini dilakukan untuk mengetes daya tahan Blits dan Kasuari, serta untuk mencari tahu bagian apa saja yang masih harus diperbaiki dan ditingkatkan dari kedua mobil tersebut.

Setelah pengujian selesai dilakukan, maka tim pengembang akan memperbaiki bagian-bagian yang terasa kurang. Serta pastinya, mereka juga berharap sesuai pengetesan ini, Blits dan Kasuari langsung dapat dijual secara massal.

Bahkan, pihak pengembang mengaku siap untuk memproduksi mobil listrik lainnya. Tidak hanya Blits dan Kasuari yang kemungkinan besar akan menjadi andalan mereka di waktu yang akan datang.

“Terus terang kami sudah tidak sabar untuk melihat Blits dan Kasuari ini masuk ke jalur produksi, karena secara desain dan teknis, kami sudah menyiapkannya dengan matang.”

Transmisi adalah salah satu komponen yang disiapkan oleh tim pengembang

“Tapi kalau mobil ini sudah masuk jalur produksi, maka pengerjaannya akan dilakukan oleh produsen yang mempunyai kapasitas untuk merakit mobil, karena kami hanya berperan untuk membuat desain dan menyiapkan komponennya,” kata salah satu anggota tim pengembang Blits saat ditemui di Jakarta Pusat.

Masih menurut narasumber yang sama, ke depannya, mereka tidak hanya akan menyiapkan desain dan komponen untuk Blits dan Kasuari. Tapi juga pada mobil jenis lain seperti Sedan, City Car, hingga bus.

Maka itu, tim pengembang berharap kalau pemerintah dapat segera memutuskan regulasi mobil listrik supaya Blits dan Kasuari bisa segera memasuki jalur produksi.

Karena tak peduli sesiap apa produsen, aktivitas produksi dan penjualan tidak dapat dilakukan apabila pemerintah belum memberi kejelasan soal regulasi mobil listrik di tanah air.

Baca juga: Mobil Listrik Buatan Indonesia Siap Lakukan Petualangan

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top