Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Ternyata! BMW Rahasiakan Tiga Prototipe BMW M CSL

Setelah tiga dekade semenjak kemuculan BMW M, tidak banyak model CSL yang dibuat. Faktanya, hanya terdapat tiga model BMW CSL, yaitu BMW 3.0 CSL, E46-gen M3 CSL, dan yang paling baru, M4 CSL.

Autos.id  –  Namun, dari video yang baru-baru rilis ini, terungkaplah bahwa divisi BMW M telah lama menyembunyikan banyak mobil prototipe CSL yang belum pernah dilihat oleh siapapun. Tentunya, ini membawa kebahagiaan tersendiri bagi para penggemar BMW. Dalam sebuah video baru-baru ini di channel Youtube mereka, BMW M memamerkan tiga prototipe CSL berbeda yang belum pernah diungkap ke publik. Dan, sepertinya BMW M tidak hanya membuat tiga mobil prototipe tersebut dan masih banyak lagi yang akan diungkap.

Namun, untuk saat ini, kita hanya bisa melihat ketiga mobil tersebut. Dan untungnya, tiga mobil tersebut merupakan mobil yang sangat cantik dan istimewa.

Prototipe BMW E46 M3 CSL

Yang pertama ditampilkan dalam video dan yang mungkin jadi yang terbaik adalah sebuah mobil M3 CSL V8 generasi E46. Mobil ini adalah hasil modifikasi para insinyur di BMW M pada mobil M3 CSL. Mereka merobek 3.2-liter naturally aspirated-six-yang terdapat pada mobil M3 CSL biasa dan memasukkan mesin V8 4.0-liter yang didasarkan pada mesin V8 4.9-liter di mobil E39 M5.

Mobil ini juga merupakan salah satu media percobaan  untuk mesin BMW “S65” V8 yang mendukung mobil E92 M3. Di M3 CSL, mesin V8 besar dapat menghasilkan 424 tenaga kuda, 64 kuda lebih banyak dari versi standarnya.  Mobil ini juga mengakomodai lubang asupan udara kedua yang menambahkan simetri mobil tersebut jika dibandingkan CSL M3 normal. Selain mesin baru, semuanya sama seperti mobil dasarnya yang meliputi transmisi SMG yang sama, bahan ringan yang sama, dan tampilan klasik yang sama bagusnya.

Prototype BMW E60 M5 CSL

BMW juga mengembangkan M5 CSL generasi E60 yang menjadikannya satu-satunya CSL empat pintu dalam sejarah, bahkan hingga hari ini. Pada protipe ini, mesin V10 5.0 liter naturally aspirated E60 M5 ditingkatkan menjadi 5,7 liter, yang meningkatkan tenaga puncaknya menjadi 621 tenaga kuda naik 500 tenaga kuda dari versi standarnya.

Meskipun meningkatkan sistem perpindahan, BMW juga menaikkan redline (batasan kecepatan maksimal putaran mesin)yang sudah setinggi langit di mana angka putaran melonjak dari 8.200 rpm menjadi hampir 9.000 rpm. Prototup M5 CSL ini juga mendapat atap serat karbon, livery berwarna M, dan knalpot mirip Formula 1. Lebih penting lagi, BMW bahkan menyadari betapa menjengkelkannya transmisi SMG dari mobil BMW M5, jadi pada prototipe ini terdapat transmisi dual-clutch auto dari perusahaan Getrag.

Prototipe BMW E63 M6 CSL

Mobil terakhir yang ditampilkan dan mungkin jadi paling tidak menarik adalah protopipe  BMW M6 CSL generasi E63. BMW M6 di era Chris Bangle (1992-2009) tidak memiliki desain yang baik dan untuk versi CSL-nya pun hampir tidak terlihat berbeda.

Untuk M6 CSL, BMW tampaknya berfokus pada sistem aerodinamis aktif, yang masih menjadi keunikan di jajaran BMW saat ini. Prototipe ini memiliki splitter depan aktif di bawah bumper depan, dan juga miliki sayap belakang aktif. Tidak ada model BMW saat ini yang memiliki aero aktif, jadi M6 CSL pada masanya bisa menjadi sebuah inovasi besar.  Mobil ini, BMW juga suda miliki cermin aerodinamis yang sangat mirip dengan mobil BMW M saat ini. Untuk prototipe ini, BMW tidak meningkatkan tenaga untuk M6 CSL dan tetap menggunakan mesin V10 5.0 liternya.

Rupanya, selain tiga prototipe di atas, BMW M memiliki lebih banyak rahasia untuk ditunjukkan di video mendatang mereka, apalagi melihat bahwa banyak prototipe BMW tersebut masih memiliki kondisi baik dan bahkan cocok untuk disimpan dalam museum.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

error: Content is protected !!