Mitsubishi Fuso mengokohkan dirinya menjadi No 1 sebagai market leader yang tak tergoyahkan
Jakarta, Autos.id – Tahun 2019 ini PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) optimis menargetkan penjualannya sebanyak 55.000 unit dengan pangsa pasar sebesar 45 persen.
KTB menetapkan target ini berdasarkan performa serta tren permintaan kendaraan niaga yang menunjukkan pertumbuhan signifikan. Di 2018, Mitsubishi Fuso memimpin pasar dengan perolehan market share sebesar 43,9 persen serta 51.132 unit truk terjual. Ini meningkat 20,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Detailnya, Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT) masih menjadi kontributor terbesar dengan 45.257 unit serta market share absolut 58,1 persen. Sedangkan pertumbuhan FUSO di segmen medium duty truck (MDT) meningkat signifikan hingga 41,8 persen dengan 5.811 unit terjual. Sisanya 64 unit disumbang oleh Tractor Head di segmen heavy duty truck (MDT).
Berdasarkan capaian serta proyeksi 2019, target 55.000 unit di 2019 terdiri dari 47.000 unit LDT dan 7.000 unit MDT dan HDT. Untuk memenuhi target tersebut, KTB mempersiapkan strategi dari sisi produk dan layanan purna jual.
Mitsubishi Engelberg, Mobil SUV Masa Depan
Terlebih lagi dengan 9 varian Fighter sudah dipasarkan di awal tahun dan penambahan 7 varian akan segera meluncur. Tidak hanya varian baru, produk existing Colt Diesel dan FUSO akan disempurnakan sehingga dapat lebih menyesuaikan kebutuhan bisnis konsumen.
Duljatmono Executive Marketing Director Mitsubishi Fuso Truck & Bus (MFTBC) Marketing Division KTB menjelaskan, saat ini Fuso berada di posisi ketiga di dunia, bahkan berada satu tingkat di atas Jepang sebagai pabrikan Mitsubishi Fuso. “Dari posisi inilah, kami yakin dapat memenuhi target selama tahun 2019 ini,” tukas Duljatmono di Jakarta, hari ini (11/3).
Selain itu, untuk merealisasikan target tersebut, KTB juga didukung oleh jaringan terluas dengan 230 dealer resmi, 15 truck center, 19 parts depo, 107 mobile workshop, 5,100 part shop, serta lebih dari 1,500 tim tersebar di seluruh dealer yang akan men-support konsumen.
Jaringan ini akan bertambah lebih banyak lagi, serta didukung beragam program layanan purna jual. Di antaranya fleet workshop, konsinyasi suku cadang, serta suku cadang FUSO Value Parts. Sejak diperkenalkan di tahun 2018 lalu, FUSO Value Parts memungkinkan konsumen mendapat pilihan suku cadang yang lebih terjangkau. FUSO Value Parts tersedia untuk seluruh produk Mitsubishi Fuso, termasuk produk paling baru sekalipun.
“Dengan target dan strategi yang telah dipersiapkan, KTB optimis 2019 akan menjadi tahun luar biasa di mana kami akan tetap mempertahankan Mitsubishi Fuso sebagai truk nomor 1 di Indonesia,” pungkas Duljatmono.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.