Berita Otomotif

Suzuki GSX-R, Rajanya Motorsport

Berawal dari riset mendalam, hingga akhirnya menaklukkan dunia dalam balap motor.Itulah sepeda motor asal Jepang Suzuki GSX-R

Jakarta, Autos.id – Suzuki, siapa yang tidak mengenal salah satu merek sepeda motor pabrikan asal Jepang ini. Banyak sekali tipe yang sudah diproduksi dan disebarkan ke seluruh dunia. Mulai dari memproduksi motor versi jalanan hingga khusus untuk balap motor sudah dilalui oleh Suzuki Motor Corporation ini. Di dunia balap contohnya, banyak sekali penghargaan atau raihan yang telah dicapai oleh Suzuki.

Salah satu yang mengangkat kesuksesan Suzuki di dunia balap diwakilkan oleh salah satu tipe, yaitu Suzuki GSX-R. Kesuksesan selama 30 tahun perjalanan hidup di dunia balap ini tidak akan ada habisnya untuk diceritakan. Banyak asam dan manis yang menemani perjalanan dan berhasil merubah kisah sukses Suzuki di dalam kancah balap motor dunia.

Suzuki Motor Corporation dengan para insinyur-nya telah sukses melahirkan sebuah sepeda motor yang selama 30 tahun memiliki gairah dan antusiasme baru, yaitu tidak lagi hanya menciptakan sepeda motor yang bisa dikendarai oleh semua orang dan handal, tetapi juga dapat mengarungi kompetisi di ajang balap untuk menjadi juara dunia.

Tahun 1980 adalah awal mula lahirnya tipe GSX-R ini. Salah satu fokus pengembannya berada di sektor sistem teknologi pendingin baru yang memiliki bobot ringan yang mana menjadi signature khusus GSX-R ini. Tantangan yang paling besar tentu saja ada di sektor dapur pacu dan sasis untuk memaksimalkan output tenaga dan kecepatan.

Pada tahun 1984, akhirnya Suzuki GSX-R siap diperkenalkan kepada publik dalam ajang Cologne Show. Saat Suzuki GSX-R750 dibuka penutup kainnya, industri dan pecinta sepeda motor dunia dibuat gempar oleh spesifikasi dan tampilannya.

Tahun 1986, merupakan tahun yang tidak bisa dilupakan oleh pihak Suzuki. Dengan menggunakan GSX-R750 Kevin Schwantz berhasil meraih posisi podium kedua dalam gelaran AMA Daytona 200. Prestasi tersebut adalah yang pertama di kancah motorsport dunia.

Kemudian pada medio 1993 dan 2000 Suzuki kembali menggebrak dunia di ajang balap GP 500 (Saat ini MotoGP)menjadi juara dunia kelas utama. Pada tahun 1993, kembali Kevin Schwantz membawa Suzuki menjadi juara dunia, kemudian ditahun 2000 giliran Kenny Robert Jr yang melambungkan Suzuki. Warisan dari GSX-R pun terus berlanjut hingga 2015, Suzuki kembali ke ajang balap MotoGP dengan pembalap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Suzuki membagi anggota keluarga GSX menjadi 2 kategori model, yaitu GSX-R dan GSX-S. Yang mana huruf “R” merupakan nafas “Racing”, sedangkan huruf “S”menandakan arti “street sport” sebagai alter ego bagi pengendara sehari-hari yang haus akan kecepatan, namun tetap mengutamakan pengendalian yang soft dan handal.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top