Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Suzuki Grand Vitara Reborn, Adopsi Mesin Hybrid Siap Meluncur 20 Juli!

Suzuki Grand Vitara Reborn Siap Diluncurkan Pada 20 Juli 2022, Mengunakan Mesin Hybrid

Suzuki Grand Vitara 2022 ini akan sharing platform dan menjadi kembaran dari Toyota Urban Cruiser Hyryder yang sebelumnya sudah diperkenalkan terlebih dulu di India.

Autos.id – Setelah sebelumnya Toyota India menghadirkan wujud dari Urban Cruiser, kali ini Maruti Suzuki juga akan mempersiapkan mobil kembarannya, yaitu Grand Vitara. Yang menarik Suzuki Grand Vitara generasi terbaru sangat jauh berbeda dengan Grand Vitara yang terkahir dikenal dan dijual di beberapa negara seperti Indonesia.

Nantinya Maruti Suzuki Grand Vitara akan hadir dengan teknologi Hybrid dengan penggerak All-Wheel Drive yang siap dihadirkan pada 20 Juli mendatang.

Suzuki Grand Vitara Reborn Siap Diluncurkan Pada 20 Juli 2022, Mengunakan Mesin Hybrid

Kembaran Dari Toyota Urban Cruiser

Seperti yang dilansir dari Autoindustriya, Suzuki Grand Vitara “Reborn” ini akan mengadopsi tampilan yang sama dengan Toyota Urban Cruiser. Karena memang di India Toyota dan Suzuki sering bekerja sama dan banyak menghadirkan beberapa produk mobil kembar.

Suzuki Grand Vitara “Reborn” ini menggunakan platform yang disebut Suzuki sebagai platform C Global Suzuki. Platform ini sendiri dikhususkan untuk produk-produk dengan dimensi yang cendrung lebih compact dan sudah digunakan pada beberapa produk Suzuki lainnya.

Bila dibandingkan Grand Vitara yang terakhir beredar, bisa dibilang berubah sangat jauh. Mulai dari dimensi yang jauh berbeda dibandingkan Grand Vitara sebelumnya bahkan kelasnya juga jaug berbeda. Panjang Suzuki Grand Vitara 2022 hanya di 4.365 mm, lebar 4.365 mm, tinggi 1.795, serta wheelbase 2.600 mm.

Artinya mobil ini masuk ke segmen compact crossover yang akan bersaing dengan beberapa nama seperti Hyundai Creta, Kia Seltos, maupun Honda HR-V. Bila dibandingkan Grand Vitara sebelumnya atau penerusnya yang dijual di pasar Eropa masuk ke segmen Medium SUV yang justrtu melawan Honda CR-V atau Nissan X-Trail.

Suzuki Grand Vitara Reborn Siap Diluncurkan Pada 20 Juli 2022, Mengunakan Mesin Hybrid

Toyota High Cruiser Hyryder

Bila berkaca pada Urban Cruiser Hyryder, mobil ini mengusung tampilan yang cendrung membulat di bagian depan, samping, serta belakang. Namun beberapa detail nantinya akan bila dibandingkan dengan versi Toyota yang nantinya akan disesuaikan dengan ciri khas Suzuki. Meskipun wujud dari versi Suzuki belum dimunculkan, namun dari teaser yang dirilis Maruti Suzuki, ada emblem Grand Vitara yang diduga berada dibagian pintu bagasi mobil ini.

Bila berkaca dari Toyota Urban Cruiser Hyryder, Suzuki Grand Vitara 2022 juga akan menggunakan mesin yang sama persis dan hadir dengan pilihan Mild Hybrid dan full Hybrid. Untuk mesin mesin Mild Hybrid sendiri menggunakan kode K15C yang sama digunakan oleh Ertiga Hybrid versi India berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder yang menghasilkan tenaga 102 Ps dan torsi 138 Nm.

Mesin Mild Hybrid ini menggunakan motor elektrik yang disebut sebagai Integrated Starter Generator dengan baterai sebesar 48 volt. Transmisi yang digunakan yaitu 5 speed manual dan 6 speed otomatis berjenis tourqe converter dengan pilihan penggerak roda depan depan ataupun all-wheel drive.

Pilihan mesin yang kedua menggunakan teknologi full Hybrid juga berkapasitas 1.500 cc. Tetapi untuk versi Full Hybrid hanya menggunakan 3 silinder dengan kode mesin M15A-FXE yang menggunakan teknologi Hybrid Toyota. Mesin ini menghasilkan tenaga 90 Ps dan torsi 120 Nm diluar motor listriknya. Bila digabungkan dengan motor listrik 59 kW dan baterai 177.6 Volt lithium Ion maka tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 116 Hp.

Untuk versi full Hybrid, mesin yang digunakan sama persis seperti Toyota Yaris versi Jepang yang diklaim bisa berjalan 25 km hanya dengan bantuan baterai dan motor listrik tanpa menggunakan mesin. Transmisi yang tersedia hanya menggunakan CVT yang disebut sebagai Ecvt.

Menarik untuk dinantikan wujud dari Suzuki Grand Vitara 2022 ini. Karena banyak rumor yang menyebut bahwa mobil ini digadang-gadang akan masuk ke pasar Indonesia dan menggantikan posisi SX4 S-cross yang akan segera discontinue di Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Selain Glanza dan Urban Cruiser, Toyota India melalui ATPM Toyota Kirloskar Motor juga baru saja meluncurkan produk terbaru hasil rebadge dari Maruti Suzuki, yaitu...

Reviews

Suzuki Grand Vitrara sendiri merupakan kembaran dari Toyota Hyryder di pasar India dan kini masuk ke segmen compact croosover. Autos.id – Setelah sempat mengeluarkan...

Berita Otomotif

Selain hadir dengan teknologi mesin Mild-Hybrid, generasi terbaru Toyota Fortuner juga hadir dengan platform TNGA terbaru yang juga di pakai oleh Land Cruiser 300...

Berita Otomotif

Hadirnya Suzuki Jimny JB74 dengan konfigurasi 5 pintu ini sebagai solusi bagi konsumen yang senang dengan Jimny tapi menginginkan akomodasi yang lebih memadahi. Autos.id...