Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Suzuki Baleno Dan S-Presso Recall, Ini Faktanya

Suzuki Baleno Dan S-Presso Terkenal Recall, Ini Faktanya

Meskipun terkena recall di negara asalnya yaitu India, namun belum ada info resmi apakah Suzuki Baleno dan S-Presso yang dijual di Indonesia terdampak recall atau tidak.

Autos.id – Kabar kurang sedap datang dari brand asal Jepang yaitu Suzuki. Dua mobil Suzuki yang sejatinya baru diluncurkan di Indonesia, Baleno dan S-Presso terkena recall dinegara asal kedua produk ini, India. Tidak hanya kedua produk ini, namun beberapa produk lainnya yang dijual Maruti Suzuki di India juga terdampak recall terbaru ini.

Tercatat ada 17.362 unit produk Maruti Suzuki yang dijual di India ini terdampak recall atau penarikan unit kembali tersebut.

Suzuki Baleno Dan S-Presso Terkenal Recall, Ini Faktanya

Suzuki S-Presso

Penyebab Terjadinya Recall

Mengutip dari Cartoq pada Rabu (18/1/2023), selain Baleno dan S-Presso, beberapa produk Maruti Suzuki lainnya yang terdampak recall adalah Alto K10, Brezza, serta Grand Vitara. Semua unit yang terdampak recall ini merupakan produksi antara 8 Desember 2022 hingga 12 Januari 2023.

Maruti Suzuki menyebut alasan recall ini berkaitan dengan pergantian Airbag Controller yang mengalami masalah yang cukup serius. Diduga Airbag Controller yang akan mengeluarkan sensor Airbag ini tidak berfungsi secara otomatis saat terjadi benturan sekalipun penumpang sudah menggunakan sabuk keamanan.

Untuk itu pihak Maruti Suzuki menyarankan para pemilik yang mobilnya terdampak recall tersebut tidak berkendara dengan mobil tersebut sementara. Nantinya pihak Maruti Suzuki akan mengganti komponen Airbag Controller tersebut dan bekerjasama dengan dealer dan bengkel untuk proses pergantian part tersebut.

Suzuki Baleno Dan S-Presso Terkenal Recall, Ini Faktanya

Suzuki Baleno

Pihak Maruti Suzuki sendiri meyebut bahwa kasus ini sebenarnya jarang terjadi. Namun pihaknya menyarankan konsumen untuk segera membawakan mobil yang terkena recall tersebut untuk dibawa ke bengkel resmi. Pihak Maruti Suzuki menjamin bahwa konsumen tidak ada biaya apapun alias proses recall ini gratis.

Dari berbagai produk Maruti Suzuki yang terkan recall tersebut, hanya dua produk ini yang baru saja hadir di Indonesia yaitu Baleno dan S-Presso.

Hingga berita ini turun belum jelas apakah model Baleno dan S-Presso di Indonesia terkena dampak.  Terlebih kedua produk ini juga buatan di pabrik yang sama dengan versi yang di pasarkan di India.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Toyota Vitz terbaru di Afrika Selatan ini menggunakan basis produk dari Maruti Suzuki yang dijual di India. Autos.id – Bila Anda ingat dengan nama...

Reviews

Suzuki Jimny 5 pintu varian terendah dengan nama varian Zeta ini menawarkan harga jual yang lebih terjangkau dengan beberapa perubahan. Autos.id – Suzuki Jimny...

Mobil

Angka 3 ribuan pesanan pada Suzuki Jimny 5 pintu ini menjadi bukti bahwa mobil ini banyak diminati konsumen di India. Autos.id – Sejak kemunculan...

Reviews

Versi 5 pintu dari Suzuki Jimny JB74 akan melengkapi versi 3 pintu yang sebelumnya sudah diperkenalkan dan dijual sejak tahun 2018 silam. Autos.id –...