Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Supercub C125 Punya ‘Kembaran’ dari Thailand, Harganya Rp17 Jutaan

Solar Groove yang baru diluncurkan.
Solar Groove yang baru diluncurkan. (Sumber: Motorexpo Thailand)

Produsen kendaraan roda dua asal Thailand meluncurkan motor yang tampilannya retro ala Supercub C125.

Autos.id – Popularitas motor bebek bergaya retro sepertinya tak lekang oleh waktu, karena Thrillion Motor Co., Ltd yang berbasis di Thailand meluncurkan merek Solar.

Memiliki nama lengkap Solar Groove, motor terbaru itu dipamerkan di Thailand Motor Expo 2022. Jika melihat tampilannya, motor tersebut memiliki desain seperti layaknya Honda Supercub C125.

Solar Groove.

Solar Groove. (Sumber: Motorexpo Thailand)

Salah satu yang membuat Solar Groove sangat identik dengan Supercub C125 adalah lampu bulat yang dikombinasikan sayap samping serta terdapat sadel tempat duduk terpisah menyerupai sepeda.

Kemudian pada bagian belakang motor besutan Thrillion Motor Co., Ltd ini benar-benar tampak klasik dengan spakbor yang menyatu dengan body motor. Tak hanya itu, silencer knalpot-nya pun tampak memanjang seperti Supercub C125.

Lalu cover rantai motor ini juga memiliki kesan Supercub C125, didukung dengan velg jari-jari dikombinasikan rem tromol di bagian depan dan belakang.

Thrillion Motor Co., Ltd yang berbasis di Thailand menawarkan beberapa jenis Solar Groove. Sebagai contoh adalah Solar Groove Urban dengan ala retro dan Groove Cross 125 yang ala motor petualang karena penggunaan ban tahu dan ground clearance sekitar 177 mm.

Secara teknis, Solar Groove memiliki dapur pacu dengan mesin 125 cc satu silinder, SOHC, 4-tak dan berpendingin udara. Sedangkan pengapiannya adalah CDI (Capasitor Discharge Ignition) namun disematkan electric starter dan kick starter.

Mesin Solar Groove.

Mesin Solar Groove. (Sumber: Motorexpo Thailand)

Namun salah satu yang menjadi perhatian dari Solar Groove adalah penggunaan sistem pengabutan karburator.

Kemudian dengan spesifikasi yang disebutkan di atas, Solar Groove mampu menyemburkan hingga 8,1 tenaga kuda pada 8.000 rpm dan torsi 8,8 Nm pada 6.000 rpm.

Dengan modal transmisi 4-percepatan, ‘kembaran’ Supercub C125 ini mampu melesat hingga 90 km/jam. Sementara membahas harga, Thrillion Motor Co., Ltd membanderol Solar Groove dibanderol 39.900 baht atau sekitar Rp17 jutaan.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

New Honda Beat 2023 menjadi sorotan karena tampilan yang lebih fresh dan mendukung charger smartphone. Autos.id – New Honda BeAT 2023 menjadi motor matic...

Berita Otomotif

Honda mengumumkan kerjasama dengan GS Yuasa untuk kembangkan baterai lithium-ion mobil listrik. Autos.id – Honda Motor Co., Ltd dan GS Yuasa International Ltd (GS...

Komparasi

Yamaha Grand Filano menjadi skutik bergaya retro terbaru yang hadir di Indonesia, sekaligus menantang Honda Scoopy. Autos.id – Sangat menarik membahas lebih detail mengenai...

Berita Otomotif

Honda City adalah mobil berjenis sedan yang diproduksi oleh Honda dan menjadi salah satu yang terlaris di Indonesia meskipun memiliki kekurangan. Autos.id – Sejak...