Berita Otomotif

Studi: Kualitas Mobil-Mobil Baru Dikeluhkan Konsumen

Penjualan Mobil

Studi dari J.D. Power 2017 mengungkapkan jika ada peningkatan hasil penelitian dari para pemilik mobil baru mengenai keluhan akan kualitas kendaraan mereka.

Singapura, Autos.id – Sebuah studi dari J.D. Power mengungkapkan fakta, jika ternyata para pemilik mobil baru mengeluhkan adanya masalah pada kendaraan mereka.

Menurut J.D. Power 2017 Indonesia Initial Quality Study (IQS), para pemilik kendaraan baru mengalami permasalahan awal yang lebih tinggi dalam hal kualitas sebagai akibat dari peningkatan penggunaan kendaraan.

“Studi mengenai kualitas awal di Indonesia atau Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2017 didasarkan pada evaluasi dari 2.664 pemilik kendaraan yang membeli kendaraan baru antara bulan September 2016 dan Agustus 2017”

IIMS 2017

Studi menemukan 45% dari pemilik mobil baru, telah mengemudikan kendaraannya lebih dari 6.000 kilometer dalam 2-6 bulan pertama kepemilikannya. Jumlah rata-rata kilometer perjalanan selama periode kepemilikan ini juga meningkat menjadi 8.553 kilometer, naik dari sebelumnya 6.928 kilometer di tahun lalu.

Hal inilah yang ternyata malah ikut meningkatkan munculnya keluhan dari konsumen akan kendaraannya tersebut. “Sama seperti beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan dalam penggunaan kendaraan baru terutama mengingat kondisi berkendara di Indonesia, dan ini menyebabkan pemilik kendaraan banyak yang menghabiskan waktu mereka di kendaraannya,” ungkap Kaustav Roy, Direktur J.D. Power Singapura.

“Semakin banyak waktu yang dihabiskan pemilik kendaraan di dalam kendaraannya, mereka akan menjadi semakin sadar akan masalah kendaraan terkait dengan kenyamanan mereka saat mengemudi; pengunaan audio, hiburan atau sistem navigasi dan interior, selain beberapa faktor di area lainnya. Produsen perlu memastikan bahwa fitur-fitur seperti ini sebaiknya dirancang untuk dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama,” tukas Roy.

IIMS 2017

Secara keseluruhan, kualitas awal rata-rata pada tahun 2017 adalah 109 PP100, dibandingkan dengan 70 PP100 pada 2016. Studi mengenai kualitas awal di Indonesia atau Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2017 didasarkan pada evaluasi dari 2.664 pemilik kendaraan yang membeli kendaraan baru antara bulan September 2016 dan Agustus 2017. Studi ini mencakup sembilan merek dan 51 model mobil penumpang dan kendaraan utilitas. Studi ini dilaksanakan dari Maret sampai dengan Oktober 2017.

Studi ini mengukur masalah yang dialami oleh pemilik kendaraan baru dalam jangka waktu dua sampai enam bulan pertama kepemilikan dan memeriksa lebih dari 200 buah masalah dalam delapan kategori kendaraan. Yakni mesin dan transmisi; pengalaman berkendara interior kendaraan eksterior kendaraan; fitur, kontrol dan tampilan; pemanas, ventilasi dan pendingin, audio, hiburan atau navigasi dan tempat duduk.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top