Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Semester Pertama 2022, Astra Otoparts Catat Kenaikan Laba Bersih Sebesar 62%

Last updated on 6 Oktober, 2022

Walaupun berbagai masalah terjadi di tahun 2022, namun perseroan konsisten menunjukkan kinerja positif

Jakarta, Autos.id  –  PT Astra Otoparts Tbk (Perseroan) selama semester pertama 2022 mencatatkan laba bersih konsolidasian sebesar Rp 432 miliar, naik 62% dibandingkan tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut disebabkan oleh adanya kenaikan permintaan suku cadang baik dari pasar pabrikan otomotif maupun pasar suku cadang pengganti. Meskipun proses operasional bisnis Perseroan turut terdampak oleh proses pemulihan pandemi Covid-19 dan kondisi makro ekonomi yang dinamis akibat situasi geopolitik Rusia-Ukraina, Perseroan konsisten menunjukkan kinerja positif.

Perseroan tetap mampu mencatatkan peningkatan pendapatan bersih sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 8,6 triliun. Aset bersih Perseroan juga mengalami peningkatan sebesar 4% dibandingkan posisi 31 Desember 2021 menjadi Rp 17,6 triliun.

Segmen Usaha Manufaktur

Pada segmen usaha manufaktur, Perseroan menjalin kerjasama dengan mitra bisnis ternama dunia untuk memproduksi berbagai macam produk suku cadang yang melayani hampir seluruh pabrikan otomotif dan pasar suku cadang pengganti di Indonesia, baik untuk kendaraan roda dua, kendaraan roda empat, kendaraan komersial, dan lainnya. Sepanjang semester pertama 2022, segmen usaha manufaktur Perseroan menyumbang pendapatan bersih sebesar 52% atau sebesar Rp 4,5 triliun.

Segmen Usaha Perdagangan

Dengan didukung jaringan distribusi domestik maupun internasional juga jaringan perdagangan ritel modern dengan nama Shop&Drive, Shop&Bike, Motoquick, dan Astra Otoservice, serta platform perdagangan online www.astraotoshop.com yang menjual baik produk otomotif maupun non otomotif, segmen usaha perdagangan Perseroan menyumbangkan pendapatan bersih sebesar 48% atau sebesar Rp 4,1 triliun sepanjang semester pertama 2022.

Aksi Korporasi Perseroan dan lainnya

Pada tahun 2022, Perseroan memperkenalkan Astra Otopower sebagai fasilitas pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang dapat digunakan oleh semua jenis kendaraan listrik roda empat, serta kembali meluncurkan product innovation berupa Car Air Purifier dan Grin Plasmafan yang dilengkapi ionizer.

Perseroan juga mendukung penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG), di antaranya melalui pengurangan emisi gas rumah kaca; pengelolaan energi, air, dan limbah; program kesehatan dan keselamatan kerja; dan program pengembangan komunitas.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Last updated on 29 Juli, 2022 Ini menjadi kerjasama terlama dalam dunia balap motor. Jakarta, Autos.id  –  Musim 2023 akan menjadi tahun kedua Gresini...

Aksesoris

Konsumen dapat menghubungi Call Shop&Drive 15-000-15 (24 jam) selama libur Hari Raya Idul Fitri 2022 Jakarta, Autos.id  –  Shop&Drive tetap siagakan beberapa gerai dan...

Berita Otomotif

Astra Otoservice, merupakan bengkel khusus roda empat yang modern Jakarta, Autos.id  –  Intensitas penggunaan kendaraan sehari-hari dan mobilitas yang tinggi khususnya di daerah perkotaan...

Aksesoris

Setiap pembelian ban Pirelli akan mendapatkan kupon untuk diundi setiap minggunya Jakarta, Autos.id  –  Menyambut akhir tahun, Pirelli bersama Shop&Bike mengadakan program Special Doorprize....