Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Transformasi Suzuki Ertiga di Indonesia Dari Masa ke Masa

Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga

Last updated on 1 November, 2021

Perjalanan panjang sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia hingga akhirnya menjadi salah satu MPV kebanggaan keluarga Indonesia

Jakarta, Autos.id – Sebelum mengetahui seluk beluk sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia, mari ketahui gambaran umum mobil ini. Suzuki Ertiga adalah salah satu mobil MPV hasil produksi Suzuki sejak 2012 silam. Mobil ini termasuk ke dalam mobil MPV 7-seater atau berkapasitas 7 penumpang dewasa yang cukup populer sejak kemunculannya 9 tahun silam. Menurut data penjualan mobil via GAIKINDO, Suzuki Ertiga berhasil terjual sebanyak 6.662 unit pada periode Januari-Juli 2021.

Lalu, bagaimana perjalanan Ertiga di pasar otomotif Indonesia dari generasi ke generasi? Berikut ini rangkuman sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia versi Autos.

Sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia

Kehadiran mobil MPV andalan keluarga Indonesia berawal dari perilisan mobil konsep Suzuki yang diberi nama R-III di Indonesia International Motor Show 2010. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 6 Januari 2012, mobil konsep R-III resmi ditampilkan pada acara Auto Expo 2012 New Delhi dengan nama Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga resmi mengaspal di Indonesia pada 22 April 2012.

Asal-usul nama Ertiga pun berdasarkan penggunaan bahasa Indonesia. Huruf R yang dibaca ‘Er’ singkatan dari Row atau baris dan angka romawi III berarti angka 3 yang mengindikasikan baris tempat duduk di MPV ini. Oleh sebab itu, Suzuki Ertiga berarti mobil dengan 3 baris tempat duduk yang muat 7 penumpang dewasa.

Sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia masih berlanjut dengan kehadiran Ertiga generasi pertama yang dibangun di atas platform mobil subkompak Suzuki Swift generasi ketiga. Maz da juga memperkenalkan Suzuki Ertiga generasi pertama dengan nama Mazda VX-1 yang mulai produksi dari Mei 2013 hingga Maret 2017. Hingga kini, Ertiga menggunakan sistem penggerak Front-Wheel Drive (FWD) dengan sasis monokok dan mesin bensin K-Series.

Baca juga: Ini Alasan, Kenapa Suzuki All New Ertiga Cukup Digandrungi Konsumen!

Sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia

Body Suzuki Ertiga

Pencapaian Sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia

Generasi Pertama

Pasar otomotif Indonesia menyediakan Suzuki Ertiga dalam trim level GA, GL dan GX. Model sebelumnya hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan. Hingga pada 29 Januari 2013, trim GL dan GX tersedia dalam transmisi automatic dan menerima gril depan krom dan AC double blower. Oleh sebab itu, otomatis 4-percepatan mulai tersedia untuk trim GL dan GX sejak 17 Mei 2013.

Selanjutnya, Suzuki memperkenalkan tiga konsep baru Ertiga saat pergelaran Indonesia International Motor Show ke-20 pada September 2012. Ketiga konsep itu adalah versi Sporty, Luxury, dan Crossover yang sebenarnya hasil modifikasi banyak mobil konsep Ertiga. Versi normal Ertiga, dalam hal ini trim GX, juga muncul. Versi Luxury dari trim GX mulai masuk pasar sejak Agustus 2013. Sedangkan versi Sporty hadir pada 19 Februari 2014 yang berdasarkan pada trim GL dengan fasia depan dan body kit sporty yang berbeda. Hingga dua tahun setelah perilisannya di Indonesia, Suzuki Ertiga generasi pertama terjual sekitar 109.461 unit yang mana mengalahkan rekor penjualan Toyota Avanza dalam setahun.

Setahun kemudian, tepatnya pada 20 Agustus 2015, Suzuki memperkenal Ertiga Facelift melalui ajang Gaikindo Indonesia Internal Auto Show ke-23 dengan beberapa fitur dan desain baru. Perubahan terdiri dari gril yang lebih lebar, desain ulang bumper untuk semua trim, dan garnish bagasi baru yang eksklusif untuk trim GL dan GX. Spesialnya, Ertiga Facelift hadir dengan teknologi hybrid yang bernama SHVS atau Smart Hybrid Vehicle Suzuki.

Baca juga: Toyota Rumion, Rebadge Suzuki Ertiga Yang Dijual Di Afrika Selatan

Interior Suzuki Ertiga

Interior Suzuki Ertiga

Generasi Kedua

Suzuki mulai memasarkan Ertiga generasi kedua pada 7 Mei 2018 dengan menyediakan kembali trim level GA, GL dan GX dengan harga mulai dari Rp 193 juta. Versi GA hanya tersedia dalam mode 5-speed transmisi manual, sedangkan versi GL dan GX tersedia dalam mode 4-speed transmisi otomatis (matic) atau 5-speed transmisi manual. Suzuki Ertiga generasi kedua ini berhasil terjual sebanyak 6.772 unit pada bulan pertama setelah resmi rilis.

Kemudian, Ertiga generasi kedua di Indonesia mendapatkan pembaruan (Improvement) pada 15 Februari 2019. Versi GX menerima polesan hitam pada velg dua warna, rear defogger, head unit layar sentuh 6,8 inci dari JVC dan pengontrol otomatis AC dengan pemanas yang tampil digital. Sedangkan versi GL hanya menerima tambahan lampu kabut (fog lamps).

Khusus Suzuki Ertiga Sport, mendapat pembaruan pada bagian bodi yang lebih sporty, tambahan desain grille sarang tawon, lampu DRL (Daytime Running Lights), interior berwarna hitam dengan aksen kayu, kamera mundur, dan ESP (Electronic Stability Program).

Pada 15 Januari 2020, Ertiga generasi kedua mendapatkan pembaruan lainnya, yakni desain interior dashboard warna hitam denga pola kayu dan head unit layar sentuh 8 inci pada versi GX. Sedangkan versi GL menerima AC dengan tampilan digital. Bersamaan dengan versi Suzuki Sport, trim GL dan GX juga mendapat pembaruan sandaran tangan di kursi baris kedua. Varian warna Suzuki Ertiga trim GL dan GX juga berubah dari Pearl Glorious Brown menjadi warna baru Brave Khaki.

Generasi XL7

Generasi terbaru dari Suzuki Ertiga adalah XL7 yang diimpor dari India. Awalnya XL7 memang versi Ertiga yang khusus untuk pasar otomotif India. XL7 sendiri baru masuk ke Indonesia pada 15 Februari 2020.

Suzuki Ertiga XL7 Indonesia memiliki tiga tipe, yaitu Alpha, Beta, dan Zeta yang tersedia dalam mode transmisi manual atau otomatis (matic). Mobil ini juga masih berkategori MPV 7-seater yang terbagi kedalam 3 baris. Perbedaan antara Ertiga Impovement dan Sport dengan XL7 adalah:

– Eksterior
– Modul kontrol mesin
– Modul kontrol bodi
– Bentuk tangki bahan bakar baru untuk pusat gravitasi yang lebih baik
– Suspensi baru

Baca juga: Daftar Harga Mobil Suzuki Oktober 2021

Suzuki All New Ertiga

Suzuki-All-New-Ertiga-Suzuki-Sport

Versi Suzuki Ertiga Masa ke Masa

Seiring dengan pembaruan-pembaruan di atas, adapun tipe-tipe Ertiga sejak pertama muncul hingga kini adalah sebagai berikut.

– Suzuki Ertiga 2012-2013 (pre-facelift)
– Suzuki Ertiga 2013-2015 (pre-facelift)
– Suzuki Ertiga Facelift 2015-2018
– Suzuki Ertiga Generasi Kedua 2018-sekarang
– Suzuki Ertiga GX Improvement 2019
– Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019-sekarang
– Suzuki Ertiga XL7 2020-sekarang

(dan/ibd)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Penjualan ritel Suzuki secara keseluruhan di bulan Agustus 2022 mengalami peningkatan sebesar 15% dibandingkan dengan Juli 2022 Jakarta, Autos.id – Pencapaian penjualan ritel Suzuki...

Motor

Warna baru ini semakin memperkuat Satria F150 sebagai hyperunderbone Jakarta, Autos.id  – Momen yang dinanti penggemar Satria F150 kini datang dengan kabar yang menggembirakan....

Mobil

Daftar Harga Mobil Suzuki Indonesia Bulan September 2022Daftar harga mobil Suzuki terbaru dibawah ini merupakan harga resmi yang dikeluarkan oleh ATPM PT Suzuki Indomobil...

Mobil

Suzuki New Baleno kini tampil elegan, mewah, Fitur Melimpah, Mesin Irit Bertenaga Tangerang, Autos.id  –  Sejak hadir pertama kali di Indonesia tahun 1995, Baleno...