Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik untuk Mudik Lebaran

Ilustrasi beli mobil bekas.
Ilustrasi beli mobil bekas. (Sumber: iStock)

Last updated on 3 Juni, 2024

Membeli mobil bekas untuk mudik lebaran tidak bisa sembarangan, karena ada beberapa rekomendasi yang bisa jadi pertimbangan.

Autos.id – Mudik adalah tradisi tahunan masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri, yang perlu diketahui adalah bahwa mudik di Indonesia didominasi oleh kendaraan pribadi.

Tidak tanggung-tanggung, jumlah kendaraan pribadi yang digunakan sangat banyak, terutama mobil pribadi. Menggunakan mobil pribadi untuk mudik menjadi pilihan utama, karena memiliki beberapa keuntungan.

Ketika tiba di kampung halaman, kita bisa dengan leluasa berkumpul dengan keluarga dan pergi ke mana saja yang kita inginkan. Selain itu, mayoritas orang yang mudik dengan mobil sendiri memilih untuk bebas menentukan tempat dan waktu istirahat.

Diambil dari berbagai sumber, pada musim mudik 2022, menunjukkan bahwa lebih dari 23 juta orang melakukan mudik dengan mobil pribadi, dan 17 juta dengan sepeda motor.

Pada musim mudik, mobil bekas menjadi sangat diminati. Karena itu, ada beberapa rekomendasi mobil bekas yang dapat dibeli untuk digunakan dalam mudik tahun 2023.

simak artikel menarik lain tentang mobil bekas rekomendasi 2023

1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. (Sumber: Blog TribunJualBeli)

Mobil MPV murah dari Toyota dan Daihatsu telah menjadi pilihan utama bagi orang yang menginginkan mobil yang irit dan tangguh. Mobil bekas seperti Avanza dan Xenia ini sangat mudah ditemukan karena banyak orang yang mencari.

Alasan orang tertarik dengan mobil ini adalah karena efisiensi bahan bakarnya yang sangat irit, bahkan ada yang menganggap semakin jauh jarak tempuh semakin irit.

Harga Avanza dan Xenia terjangkau, bahkan mobil bekas tahun 2017 dibanderol sekitar Rp157 jutaan. Seperti halnya Daihatsu Xenia tahun 2013 yang hanya dijual sekitar Rp133 jutaan.

2. Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova bekas.

Toyota Kijang Innova bekas. (Sumber: Blog TribunJualBeli)

Jika Anda mencari mobil bekas untuk mudik, Toyota Innova bisa menjadi pilihan terbaik. Mobil ini dikenal sebagai salah satu mobil terbaik dan paling nyaman dari Toyota, terutama karena kabinnya yang sangat luas. Ini sangat penting untuk perjalanan jauh seperti mudik lebaran, sehingga Anda tidak merasa lelah karena sempitnya ruang kabin.

Innova juga memiliki ground clearance yang tinggi, menjadikannya salah satu mobil terbaik Toyota untuk perjalanan jauh. Selain itu, stabilitas mobil ini membuat pengalaman mengemudi menjadi lebih menyenangkan.

Dalam hal harga, Toyota Kijang Innova bekas keluaran tahun 2018 dijual dengan harga kurang dari Rp300 juta.

3. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander bekas.

Mitsubishi Xpander bekas. (Sumber: Katadata)

Saat pertama kali diperkenalkan, penjualan Avanza dan Xenia langsung meledak karena sangat diminati. Namun, Mitsubishi Xpander juga tidak kalah populer. Mobil ini dilengkapi dengan mesin 1.499 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 103 hp dan torsi 141 Nm.

Harga Mitsubishi Xpander bekas terjangkau, bahkan untuk mobil keluaran tahun 2019 saja sudah dijual sekitar Rp225 jutaan.

4. Honda Mobilio

Honda Mobilio bekas.

Honda Mobilio bekas. (Sumber: Otoseken)

Honda Mobilio pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2014 dan menjadi salah satu mobil kelas LMPV terbaik di Indonesia. Selain Mitsubishi Xpander, Honda Mobilio juga sukses meraih perhatian pasar karena desainnya yang berbeda dari MPV lain pada saat itu.

Honda Mobilio dilengkapi mesin 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 118 PS dan torsi 145 Nm. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya sangat irit, mencapai 19 Km/Liter.

Harga Honda Mobilio bekas tahun 2018 sudah cukup terjangkau, dibanderol sekitar Rp165 jutaan.

5. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga bekas.

Suzuki Ertiga bekas. (Sumber: GridOto)

Suzuki Ertiga memiliki daya tarik tersendiri di Indonesia sebagai LMPV yang cocok untuk keluarga. Fitur-fiturnya yang lengkap membuatnya menjadi pilihan yang diinginkan banyak orang. Teknologi VVT (Variable Valve Timing) yang diterapkan pada generasi pertama Ertiga membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi irit hingga mencapai 16,5 km/liter di jalan tol.

Sistem suspensinya yang empuk, menggunakan MacPherson strut dengan per kejut jenis coil spring untuk roda depan, dan Torsion beam dengan coil spring untuk roda belakang, serta memiliki kapasitas hingga 7 penumpang, menjadikan Suzuki Ertiga sangat cocok untuk perjalanan mudik. Harga mobil bekas Suzuki Ertiga untuk mudik dibanderol mulai dari Rp92 jutaan di platform penjualan mobil bekas.

6. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina bekas.

Nissan Grand Livina bekas. (Sumber: Moladin)

Seri Grand Livina dari Nissan tetap menjadi mobil favorit masyarakat Indonesia meskipun pabriknya di Indonesia sudah ditutup. Mobil keluarga ini memiliki ruang yang luas dan sangat ideal digunakan saat mudik. Bagasinya yang luas dapat menampung banyak barang dan kursi belakangnya dapat dilipat untuk memberikan tambahan ruang.

Fitur keselamatan seperti airbag, ABS, dan Brake Assist juga tersedia dalam mobil ini untuk memberikan keamanan saat berkendara. Harga mobil bekas Nissan Grand Livina untuk mudik mulai dari Rp89 jutaan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Sekarang ada banyak mobil keluarga murah di bawah Rp100 juta, terutama mobil bekas. Autos.id – Mobil keluarga adalah...

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Daftar Harga Motor

Last updated on 3 Juni, 2024 Motor listrik sedang gencar dipasarkan di Indonesia, namun merk atau model apa saja yang di bawah Rp20 juta?...

error: Content is protected !!