Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Rekomendasi Jenis Roof Rack untuk Mudik Lebaran

Ilustrasi mobil menggunakan Roof Rack.
Ilustrasi mobil menggunakan Roof Rack. (Sumber: Pixabay.com - Skitterphoto)

Roof Rack untuk mudik pasti bakaan bawa banyak barang dengan menggunakan mobil pribadi, maka Roof Rack bisa jadi solusi.

Autos.id – Roof rack untuk Mudik tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Namun, terkadang membawa banyak oleh-oleh membuat perjalanan menjadi tidak nyaman dan sesak, terutama jika menggunakan mobil.

Masalah ini terkait dengan budaya Indonesia yang senang memberikan oleh-oleh kepada keluarga. Namun, ketika mudik, biasanya penumpang sudah membawa banyak barang bawaan pribadi, ditambah lagi dengan jumlah keluarga yang ikut mudik.

Kabin mobil seringkali menjadi tempat berkompromi karena banyaknya barang bawaan.

Salah satu solusi praktis adalah meletakkan barang di atas mobil dengan aman dan tidak mengganggu pengemudi, yaitu dengan menggunakan kotak bagasi tambahan (Roof Rack).

Rekomendasi Jenis Roof Rack untuk Mudik Lebaran

Berikut ini adalah beberapa jenis Roof Rack yang direkomendasikan dipasang di mobil Anda untuk mudik lebaran:

1. Roof Bag

Roof Bag.

Roof Bag. (Sumber: Cintamobil)

Roof Bag berbahan parasut, sehingga lebih fleksibel dan ringan dibandingkan aksesoris atap kendaraan lainnya.

Fungsinya sama seperti tas besar yang bisa digunakan untuk menyimpan barang bawaan di atas mobil. Pilihlah Roof Bag yang tahan air untuk mengantisipasi hujan.

2. Roof Rack

Roof Rack.

Roof Rack. (Sumber: Momobil)

Roof Rack adalah rak penyimpanan barang yang dipasang di atap mobil. Penggunaan Roof Rack bisa membuat kabin kendaraan lebih luas dan nyaman.

Roof Rack bisa menjadi alternatif membawa barang bawaan saat mudik, dan penggunaannya sangat mudah serta membuat mobil lebih fleksibel meski ada barang di atapnya.

3. Roof Box

Roof Box.

Roof Box. (Sumber: Moladin)

Roof Box juga menjadi aksesoris populer saat mudik. Roof Box berguna sebagai wadah untuk menyimpan barang bawaan dan tersedia dalam berbagai tipe dan ukuran.

Pilihlah produk yang memiliki daya tahan dan fleksibilitas tinggi seperti plastik. Material dan pelapisnya harus kuat agar warnanya tidak mudah pudar akibat hujan atau panas.

Selain itu, Roof Box mudah dibongkar pasang ketika tidak digunakan dan tidak memerlukan lubang atau dudukan khusus karena cukup dijepitkan di antara atap dan pintu mobil.

4. Car Bags Carrier

Car Bags Carrier.

Car Bags Carrier. (Sumber: Amazon)

Car Bags Carrier berfungsi sama seperti Roof Box atau Roof Bag, yaitu memudahkan dalam membawa barang bawaan saat mudik. Bedanya, Car Bags Carrier dipasang di bagian belakang mobil.

Pemasangan Car Bags Carrier cukup mudah dan fleksibel untuk membawa barang bawaan yang lebih besar.

5. Roof Basket

Roof Basket.

Roof Basket. (Sumber: Amazon)

Roof Basket memberikan kenyamanan saat membawa barang bawaan di atas mobil karena strukturnya yang kokoh dan tahan lama.

Kemudahan dari jenis roof rack ini adalah mudah digunakan karena sudah dilengkapi dengan jaring sehingga barang bawaan hanya perlu dilindungi dengan terpal agar terlindungi saat hujan. Roof Basket juga lebih fleksibel karena tidak terlalu berat.

Baca Juga: Mudik Nyaman dengan Motor? begini tipsnya

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Sekarang ada banyak mobil keluarga murah di bawah Rp100 juta, terutama mobil bekas. Autos.id – Mobil keluarga adalah kendaraan berukuran sedang atau besar yang...

Mobil

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Pada saat aktivitas liburan lebaran, masyarakat Indonesia tentunya cukup banyak membawa barang-barang untuk perjalanan sampai di...

Daftar Harga Motor

Motor listrik sedang gencar dipasarkan di Indonesia, namun merk atau model apa saja yang di bawah Rp20 juta? Autos.id – Motor listrik semakin diminati...

Aksesoris

Cuaca di awal tahun 2024 sedang tidak menentu, di mana jas hujan menjadi ‘senjata’ untuk para pemotor. Autos.id – Jangan bingung jika terjebak hujan...

error: Content is protected !!