Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Ragam Lampu LED Motor dan Cara Pemasangannya

Motorcycle headlights. exterior details. Close-up detail LED headlights on a modern Motorcycle

Ragam Lampu LED untuk kendaraan bermotor saat ini memang banyak diaplikasikan bagi para pecinta modifikasi motor. Sebelum Anda memasangnya, mari kenali dulu ragam dan tipe lampu LED untuk motor kesayangan Anda.

Autos.id – Sebelum Anda mengganti lampu motor kesayangan dengan jenis LED, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu nih sama tipe-tipe dan karakternya.

Selain daya yang digunakan lebih irit, tampilan lampu LED juga lebih menawan dari lampu bohlam biasa pada umumnya. Pilihan warna lampu LED juga terbilang beragam, sehingga bisa kalian pilih sesuai keinginan lho.

Type Lampu LED

1. LED COB

Jenis Led COB ini yang paling banyak beredar di pasaran dan digunakan para bikers. Bentuk lampu Led COB ini seperti lempengan pipih. Dari segi harga lampu jenis ini paling termurah, karena fokus cahaya pada tipe COB masih menyebar dan tidak terlalu pekat.

2. LED Luxeon

Lampu led luxeon bentuknya mirip dengan angel eyes. Untuk fokusnya jenis lampu led ini lebih baik dari tipe COB, namun pancaran sinarnya tidak terlalu jauh.

3. LED Cree

Lampu led Cree adalah jenis lampu led yang paling mahal daripada ketiga jenis lampu led ini. Wattnya paling rendah dan bentuknya juga paling kecil. Tapi kecil-kecil begini, untuk urusan cahaya led ini paling juara.

Cara Memasang ragam Lampu LED yang Baik dan Benar

1. Memasang Soket

Langkah pertama yakni Anda perlu menentukan soket LED yang pas dengan tipe motor kesayanganmu. Pada bagian atas lampu LED, biasanya terdapat lubang mur. Kaitkan soket atau fitting dengan baut lalu kunci dengan mur. Fitting atau soket dapat kalian setel maju dan mundur agar cahaya yang menyorot tidak terlalu ke atas dan agar lampu tidak mentok ke spedometer.

2. Pemasangan pada Reflektor

Setelah memasang soket, selanjutnya ialah letakan per di tempat lampu dan lampu LED dapat langsung dipasang seperti pemasangan bohlam biasa pada reflektor dengan cara ditekan lalu diputar.

3. Pemasangan Kabel pada Lampu LED

Tahap berikutnya setelah soket terpasang dan pemasangan reflektor ialah melakukan pemasangan kabel. Pemasangan lampu utama harus potong terlebih dahulu, setelah itu sambung masing-masing kabel dengan kabel lampu LED.

4. Mengatur Sorotan Lampu LED

Hal krusial yang perlu Anda pahami, karena jika pemasangan lampu LED sorot terlalu ke atas, nantinya akan menyilaukan dan mengganggu pengguna jalan lain.

Oleh karenanya pemasangan lampu LED di reflektor harus mundurkan dengan cara memajukan soket semaksimal mungkin.

Nantinya arah lensa lampu LED tidak boleh menghadap ke atas atau sejajar ya, harus sedikit menghadap ke bawah. hal tersebut berfungsi agar tetap membuat nyaman pengendara di sekitar Anda dan juga demi keselamatan dalam berkendara.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Last updated on 5 April, 2023 Lampu LED sorot pada kendaraan bermotor saat ini tengah menjadi tren. Tapi jangan sampai menyilaukan pengguna jalan yang...