Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Punya Dana Rp50 Juta untuk Motor Touring? Inilah Rekomendasinya

Ilustrasi motor touring.
Ilustrasi motor touring. (Sumber: BP Guide)

Last updated on 31 Mei, 2024

Sebelum melakukan touring, pastikan memiliki sepeda motor yang sesuai kebutuhan.

Autos.id – Touring atau berkendara dalam jarak jauh menjadi pilihan bagi para penggemar sepeda motor untuk melepaskan kepenatan. Motor yang digunakan untuk touring umumnya didesain agar nyaman digunakan baik untuk perjalanan sehari-hari maupun jarak jauh.

Kenyamanan merupakan hal yang penting dalam memilih motor touring, terutama dalam hal posisi tangan, bahu, dan kaki. Motor untuk perjalanan jauh umumnya dilengkapi dengan setang yang lebar, agar tangan pengendara dapat rileks, dan posisi tubuh yang tegak, berbeda dengan motor sport.

baca artikel menarik lain tentang aerox vs adv 160

Pilihan motor touring juga sangat beragam, ada yang menggunakan transmisi otomatis (matic) maupun transmisi manual dengan kopling. Di kelas matic, sekarang telah ada banyak pilihan motor dengan kapasitas mesin yang setara dengan motor 250 cc.

Selain itu, motor touring juga dirancang agar dapat menggunakan aksesori windshield (kaca depan) dan memiliki kemampuan untuk membawa barang bawaan tambahan. Kapasitas tangki bensin pada motor touring biasanya dirancang agar dapat menampung lebih dari 5 liter bensin.

Berikut ini adalah beberapa pilihan motor touring di Indonesia yang dijual dengan harga kurang dari Rp50 juta.

simak artikel menarik lain tentang adv 160 vs aerox 155

 

1.Honda CB150X

Honda CB150X.

Honda CB150X. (Sumber: Astra Honda Motor)

Salah satu motor touring dengan kapasitas mesin 150 cc yang dirancang untuk perjalanan jarak jauh adalah Honda CB150X. Honda CB150X ini memiliki aura motor petualang yang kuat melalui penggunaan windshield (kaca depan) serta desain shroud dan duck fender.

baca artikel menarik lain tentang pcx 160 vs nmax 155

Dalam hal performa, New CB150X dilengkapi dengan mesin 150 cc DOHC berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan. Motor ini memiliki power maksimum sebesar 11,5 kW/9.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 13,8 Nm/7.000 rpm.

Secara teoritis, motor ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 114 km/jam dan mempercepat dari 0 hingga 200 meter dalam waktu 10,9 detik. Dengan sistem injeksi PGM-FI, Honda mengklaim bahwa motor ini memiliki konsumsi bahan bakar sebesar 38 km/L berdasarkan hasil pengujian ECE R40. Kapasitas tangki bahan bakar Honda CB150X adalah 12 liter.

Saat ini, New CB150X dijual dengan harga sekitar Rp33 juta, sedangkan varian edisi khusus, Volcano Matte Black, dijual dengan harga sekitar Rp34 juta.

Baca juga: Uji Ketangguhan Honda CB150X, Libas Rute Jakarta – Subang

2.Honda PCX 160

Honda PCX 160.

Honda PCX 160. (Sumber: Astra Honda Motor)

Salah satu pilihan skutik bongsor yang menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh adalah Honda PCX 160. Saat ini, Honda PCX 160 dijual dengan harga sekitar Rp32 jutaan.

Honda PCX 160 menawarkan mesin yang lebih bertenaga dibandingkan dengan kompetitornya. Skutik premium dari Honda ini menggunakan mesin eSP+, SOHC, 1 silinder, 4 katup, PGM-Fi. Secara spesifikasi, Honda PCX 160 memiliki tenaga maksimal sebesar 11,8 kW pada 8500 rpm dengan torsi puncak sebesar 14,7 Nm pada 6500 rpm.

Motor ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas 11,7 liter. Untuk kebutuhan membawa barang bawaan saat melakukan perjalanan touring, Honda PCX 160 memiliki bagasi yang luas dengan kapasitas sebesar 30 liter.

Baca juga: Bangkitkan Touring Komunitas, Honda PCX Community Kunjungi Tempat Wisata di Tangerang

3.Honda ADV 160

Honda ADV 160.

Honda ADV 160. (Sumber: Astra Honda Motor)

Honda ADV 160 hadir dengan desain baru yang mengusung gaya skutik petualang. Terdapat perubahan pada bagian bodi samping belakang yang lebih lebar dan bodi samping depan yang lebih tajam, sehingga memberikan ruang pijakan kaki yang lebih luas. Motor ini juga dilengkapi dengan fitur seperti windshield yang biasa ditemukan pada motor touring.

Perubahan bentuk bodi samping tersebut juga berdampak pada peningkatan volume bagasi. Model ini memiliki ruang penyimpanan dengan kapasitas sebesar 30 liter. Namun, tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 8,1 liter, lebih kecil daripada Honda PCX 160.

Dari segi performa, Honda ADV 160 menggunakan mesin 160 cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem injeksi PGM-FI. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 11,8 kW @ 8.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,7 Nm @ 6.500 rpm.

Apabila Anda tertarik untuk memilikinya, Honda ADV 160 dijual dengan harga sekitar Rp36 juta.

Baca juga: Honda ADV 160 VS Yamaha Aerox 155, Lebih Ganteng Mana?

4.Yamaha Nmax

Yamaha Nmax.

Yamaha Nmax. (Sumber: Yamaha)

Motor ini dirancang untuk gaya berkendara yang nyaman dalam perjalanan jarak jauh. Dalam hal kepraktisan, Yamaha Nmax yang dikenal sebagai skutik yang modern tentu tidak kalah. Untuk kebutuhan penyimpanan barang, Nmax dilengkapi dengan bagasi di bawah jok dengan kapasitas sebesar 24 liter. Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 7,1 liter.

Dalam hal performa, Yamaha Nmax menggunakan mesin 150 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi sebesar 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Saat ini, Yamaha Nmax dijual dengan harga mulai dari Rp31 jutaan.

Baca juga: Membandingkan Honda PCX 160 vs Yamaha NMAX 155 Connected

5.Benelli TRK 251

Benelli TRK 251.

Benelli TRK 251. (Sumber: Benelli)

Jika Anda memiliki dana lebih namun mencari motor touring, Benelli TRK 251 menjadi pilihan. Motor ini memiliki desain yang khas sebagai motor penjelajah dengan fitur paruh yang terletak di bawah lampu depan. Motor ini menggunakan mesin 250 cc satu silinder DOHC, dengan output mencapai 26,8 dk dan torsi sebesar 21 Nm.

Kelebihan lainnya adalah kapasitas tangki bahan bakar Benelli TRK 251 yang mencapai 18 liter. Saat ini, motor ini dijual di pasar Indonesia dengan harga sekitar Rp55 jutaan.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Last updated on 26 Juni, 2024 Autos.id – CFMoto Papio X02 adalah sebuah motor mini yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan petualangan sehari-hari dengan gaya...

Motor

Last updated on 26 Juni, 2024 Autos.id – Saat ini, motor listrik sudah menjadi pilihan untuk berkendara yang lebih hemat energi serta modern. Motor...

Motor

Autos.id – Honda merilis motor skuter matik (skutik) terbarunya bernama New Honda Giornio+. Tetapi, motor skutik tersebut merilisnya di Thailand, belum ke Indonesia. Melansir...

Komparasi

Last updated on 6 Juni, 2024 Autos.id – Di tengah gemuruh jalan raya, motor cruiser telah mengukir namanya sebagai simbol kebebasan dan petualangan. Dengan...

error: Content is protected !!