Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Produk Lokal Dominasi Penjualan Suzuki Sepanjang Tahun 2022

All New Ertiga Hybrid

Produk lokal tetap menjadi kontribusi utama penjualan Suzuki sepanjang tahun 2022

Jakarta, Autos.id  – Tahun 2022 PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) mencatat penjualan positif hingga tutup tahun 2022. Secara keseluruhan, total penjualan Suzuki selama tahun 2022 mencapai angka yang fantastis, yaitu sebanyak 89.067 unit. Dari catatan penjualan tersebut, New Carry, All New Ertiga, dan XL7 mendominasi sebagai kontributor utama dalam menyokong angka penjualan Suzuki selama satu tahun penuh.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales menjelaskan, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan secara ritel mengalami peningkatan untuk ketiga unit kebanggaan Suzuki tersebut.

“Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama tahun 2022, di bulan Desember ini New Carry berikan catatan penjualan tertinggi di tahun 2022. New Carry berhasil berkontribusi sebanyak 60%, kemudian XL7 yang berkontribusi sebesar 18% dan ketiga adalah All New Ertiga sebesar 12%. Dengan adanya pencapaian penjualan ini, kami ingin berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki yang mempercayakan mobil Suzuki untuk,” terang Randy.

New Carry Pick Up

Akhir tahun 2022 menjadi momentum penting bagi New Carry, bila dibandingkan dengan November, catatan penjualan di Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 17%. Kemudian, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu Januari hingga Desember, New Carry varian pick-up mengalami peningkatan 2% dengan total penjualan sebanyak 52.322 unit.

Catatan positif lainnya adalah New Carry varian pick-up berhasil menguasai 52% market share di kategori kendaraan niaga ringan jenis mini pick-up seluruh Indonesia yang total penjualannya mencapai 99.992 unit. Kesuksesan tidak berhenti di situ, pada kategori kendaraan niaga berjenis pick-up secara keseluruhan, market share penjualan ritel New Carry juga berkontribusi sebagai yang terbesar yaitu 33% dari total penjualan ritel kendaraan niaga jenis pick-up sebesar 156.271 unit.

Mengimbangi penjualan New Carry sebagai kendaraan niaga, XL7 juga mencatatkan performa penjualan yang positif untuk kendaraan penumpang. Suzuki XL7 mencatatkan penjualan sebanyak 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9% selama tahun 2022 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sedangkan di Desember, XL7 meningkat sebesar 25% jika dibandingkan dengan bulan November. Dari catatan penjualan ini, XL7 terbukti dijadikan pilihan terbaik oleh konsumen yang membutuhkan kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) 7 penumpang dengan fitur lengkap, kapabilitas optimal dan harga kompetitif. Selanjutnya, kontributor utama ketiga adalah All New Ertiga. Bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, All New Ertiga di Desember 2022 mengalami peningkatan sebesar 18%.

Dari keseluruhan varian yang ada di All New Ertiga, varian yang dilengkapi teknologi hybrid berikan kontribusi sebesar 59% selama Desember 2022. Penjualan ritel varian hybrid di Desember tersebut mengalami peningkatan sebesar 7% dibandingkan bulan sebelumnya.

Suzuki XL7

Sejak pertama kali All New Ertiga Hybrid meluncur di pertengahan tahun terus mendapatkan respon positif hingga di akhir 2022, sehingga penjualannya mampu mencapai hampir 2 kali lipat dari varian non-hybrid, atau memegang porsi sekitar 66% secara keseluruhan varian. Yang lebih membanggakan hingga akhir tahun 2022, All New Ertiga Hybrid masih memegang predikat pionir dan satu-satunya LMPV di Indonesia yang telah dibekali teknologi hybrid.

Selain ketiga kontributor tersebut, laporan penjualan mobil CBU (Completely Built Up) Suzuki juga berikan angin segar selama tahun 2022. Bila dibandingkan dengan periode sebelumnya, Suzuki berhasil menjual 5.785 unit CBU secara ritel di tahun 2022 dan mengalami peningkatan sebanyak 4 %.

Model global yang atraktif seperti S-Presso dan Baleno menjadi dua kontributor utama terhadap peningkatan penjualan CBU Suzuki. Hal tersebut menunjukkan bahwa meningkatnya kepercayaan konsumen yang ada di Indonesia terhadap model yang dimiliki oleh Suzuki global.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Harga mobil terbaru dari Suzuki yang di jual di Indonesia ini merupakan harga resmi dari ATPM PT Suzuki Indomobil Sales dan berlaku harga On...

Berita Otomotif

Last updated on 29 Januari, 2023 Pelatihan ini diberikan saat seremoni pencapaian 3 juta unit mobil Suzuki Bekasi, Autos.id  – Sebagai salah satu perusahaan...

Berita Otomotif

Last updated on 10 Januari, 2023 Fitur Engine Auto Start-Stop dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dikala tidak diperlukan selama perjalanan. Jakarta, Autos.id  – Penggunaan...

Mobil

Daftar harga mobil terbaru dari Suzuki di awal tahun 2023 ini belum termasuk diskon yang biasanya sering diberikan oleh dealer. Autos.id – Berbicara mengenai...