Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Perbandingan Uji Tabrak Jeep Wrangler dan Ford Bronco, Siapa yang Unggul?

Dengan kembalinya Ford Bronco, Jeep Wrangler akhirnya mendapatkan sebuah kompetitor berat.

Autos.id  –  Kedua mobil ini, Jeep Wrangler dan Ford Bronco dianggap sebagai dua pemain besar yang menguasai pasar Offroad SUV. Baru-baru ini terdapat unggahan ke saluran YouTube YouCar dimana kedua mobil tersebut sedang diuji ketahanannya. Dan mungkin bagi para pecinta Offroad SUV, video ini bisa menjadi referensi bagus saat memilih di antara kedua offorader ini.

Dengan video tersebut, kita sekarang memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana kedua off-roader dibandingkan ketika dihadapkan dengan tes kecelakaan paling sulit dari Institut Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (IIHS) yaitu tes small overlap front impact (tabrakan tumpang tindih kecil).

Jenis Tes Tabrakan

Uji tabrakan tumpang tindih kecil adalah ujian paling brutal yang dilakukan mobil selama tes kecelakaan. Tes ini dilakukan dengan mempercepat kendaraan hingga 40 mph (60 km/jam) sebelum ditabrakkan penghalang setinggi lima kaki, nantinya akan menghancurkan setidaknya 25 persen dari area depan mobil.  Area yang membuat benturan harus condong ke sisi pengemudi karena disimulasikan seperti keadaan saat menabrak kendaraan lain atau objek seperti tiang telepon. Seperti yang dilaporkan IIHS sebelumnya, Ford Bronco menerima peringkat “Bagus” untuk uji kecelakaan di bidang ini, sedangkan Wrangler hanya mendapat skor “rata-rata”. Setelah melihat rekaman video tersebut, kita dapat melihat perbedaan skor tersebut pada saat benar-benar terjadi tabrakan.

Siapa yang Lebih Baik?

Saat menabrak pembatas, spatbor depan Bronco langsung patah, sedangkan roda depan menabrak spatbor. Ini bukan hal yang bagus untuk ditonton. Hal ini sesuai dengan skor rata-rata Bronco yang mendapat evaluasi di kaki bagian bawah. Namun, hasilnya tidak terlihat jauh lebih baik untuk Wrangler. Seperti halnya Ford, struktur Wrangler segera mulai berubah bentuk saat terjadi benturan. Selanjutnya, roda depan sekali lagi terdorong ke belakang ke arah kabin. Berbeda dengan Ford, Jeep mendapat peringkat Bagus yang lebih baik dalam evaluasi kaki bagian bawah. Namun, kondisi mobil Jeep malah lebih hancur, karena mobil Wrangler tampak terbalik.

Selanjutnya, IIHS pun ikut beropini soal apa yang terjadi pada mobil Wangler:

Dalam kedua tes tersebut, kendaraan terbalik ke sisi penumpang setelah menabrak penghalang. Rollover parsial menghadirkan risiko cedera tambahan di luar kriteria standar dalam uji tabrakan tumpang tindih kecil. Sebuah kendaraan terbalik ke samping bukanlah hasil yang dapat diterima untuk kecelakaan frontal dan sebagai akibatnya, peringkat keseluruhan Wrangler diturunkan ke peringkat “Rata-rata”.

Jadi, lewat video tersebut bisa diketahui kalau mobil Wangler tidak sebagus Bronco dalam hal keamanan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Mendengarkan suara knalpot kendaraan kadang bisa jadi hiburan bagi para pemilik kendaraan tersebut. Namun, untuk mendengar suara tersebut, tentunya harus masuk ke dalam mobil...

Mobil

Nantinya kerjasama mobil listrik Ford dan Volkswagen berbasis platform MEB ini akan dijual di beberapa negara dengan fokus utama pasar Eropa. Autos.id – Pada...

Berita Otomotif

Secara umum, para produsen mobil cenderung merahasiakan hal-hal yang berkaitan dengan persaingan. Umumnya para produsen mobil akan cukup mengatakan “yang terbaik dari kelasnya” atau...

Berita Otomotif

  Velg berbahan serat karbon masih menjadi barang langka di pasar otomotif. Autos.id  –  Meski, sebenarnya banyak mobil yang sudah memakai velg dengan bahan...