Pasar mobil Nasional pada lima bulan 2016 masih mengalami kondisi stagnan baik untuk wholesales ataupun retailsales. Hal ini dialami juga untuk penjualan mobil Daihatsu.
Jakarta, Autos.id – Pasar mobil domestik Januari-Mei 2016, menunjukkan tidak adanya pertumbuhan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.
Menurut data yang dilansir PT Astra Daihatsu Motor (ADM), wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) pada lima bulan pertama di 2016 mencapai 439.830 unit, turun 1% dibanding periode yang sama 2015 sebesar 443.319 unit.
Sementara retailsales (penjualan dari dealer ke konsumen) pada Januari-Mei 2016 mencapai 432.817 unit, atau stagnan dibanding periode yang sama 2015 sebesar 432.752 unit.
“Wholesales pada lima bulan pertama di 2016 mencapai 439.830 unit, turun 1% dibanding periode yang sama 2015 sebesar 443.319 unit. Sementara retailsales mencapai 432.817 unit, atau stagnan dibanding periode yang sama 2015 sebesar 432.752 unit”
Daihatsu sendiri meraih wholesales 72.782 unit (pangsa pasar 16,5%), atau turun 3% dari lima bulan 2015 sebesar 74.658 unit (pangsa pasar 16,8%). Sedangkan retailsales meraih 72.607 unit (pangsa pasar 16,8%), atau naik 3% dibandingkan periode yang sama 2015 sebesar 70.169 unit (pangsa pasar 16,2%).
Selengkapnya wholesales Daihatsu Januari-Mei 2016 berturut-turut disumbang oleh Gran Max, sebesar 24.327 unit atau 33.4%. Selanjutnya Astra Daihatsu Ayla sebesar 20.950 unit atau 28.8%. Menyusul Great New Xenia, sebesar 18.584 unit atau 25.5%. Berikutnya adalah Daihatsu Terios sebesar 5.928 unit atau 8.1%, Daihatsu Luxio meraih 1.771 unit atau 2.4% dan Daihatsu Sirion 1.220 unit atau 1.7%.
Sedangkan retailsales Daihatsu Januari – Mei 2016, kontribusi terbesar diduduki oleh Daihatsu Gran Max sebesar 24.371 unit atau 33.6%. Menyusul Astra Daihatsu Ayla, menyumbang 20.025 unit atau 27.6%. Great New Xenia di posisi ketiga menyumbang 19.013 unit atau 26.2%. Selanjutnya Daihatsu Terios 5.900 unit atau 8.1%, Daihatsu Luxio sebesar 1.862 unit atau 2.6% dan Daihatsu Sirion 1.435 unit atau 2%.
“Kami bersyukur, melewati lima bulan perdana 2016 Daihatsu berhasil menyeimbangkan pipa distribusi dengan baik sesuai dengan pertumbuhan pasar domestik. Kami optimis penjualan Daihatsu akan terus tumbuh,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/6/2016).
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.