Berita Otomotif

Orang Indonesia Suka Desain Mobil yang Agresif

Daihatsu Edisi Spesial

Mark Widjaja mengungkapkan bahwa taste desain masyarakat Indonesia itu unik, orang Indonesia suka yang seram, gahar, dan juga keren.

Tangerang, Autos.id – Selera konsumen otomotif di Indonesia jauh berbeda dibanding negara lain. Karena itulah banyak produk global yang kurang menuai sukses di Tanah Air.

Hal ini diutarakan desainer otomotif Indonesia, Mark Widjaja. “Taste orang Indonesia itu unik. Kalau berbicara mobil kecil, bagi orang Jepang itu desainnya harus lucu. Diibaratkan seperti anjing yang lucu untuk dipelihara dan dilihat. Sedangkan orang Indonesia suka yang seram, gahar, dan juga keren,” kata Mark yang juga menjabat sebagai Chief Designer PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

“Berbicara soal desain mobil, Mark mengungkapkan bahwa taste desain masyarakat Indonesia itu unik perbedaan cita rasa ini yang membuat sering terjadi perbedaan antara desainer Jepang dan Indonesia”

Berbicara soal desain mobil, Mark Widjaja mengungkapkan bahwa taste desain masyarakat Indonesia itu unik. Pria berkacamata itu kembali menjelaskan bahwa perbedaan cita rasa ini yang membuat sering terjadi perbedaan antara desainer Jepang dan Indonesia. “Orang Jepang sampai kapan pun tidak akan memahami 100 persen cita rasa Indonesia,” timpalnya.

Mark Widjaja

Mark Widjaja Berbagi Ilmu Desain Otomotif

Mark Widjaja juga bercerita soal tantangan desainer Indonesia di kancah otomotif dunia. Banyak desainer Indonesia yang masih belum dipercaya dan dianggap remeh. “Kita kalah pengalaman dan skill mereka tidak percaya kalau bisa di atas mereka. Modal kita cuma taste, kita mengetahui apa yang disukai oleh orang Indonesia,” lanjutnya.

Tapi lama-kelamaan kata Mark, dengan melihat komitmen desainer Indonesia maka pihak prinsipal pun akan percaya. Komitmen ini bisa dibuktikan dengan hasil yang dicapai oleh mobil-mobil hasil desainer Indonesia. “Mereka bingung dengan desain Ayla yang menang. Mereka tidak percaya karena dengan desain itu dapat meraih pasar yang cukup baik,” tambah Mark.

Mark Widjaja

Mark Mendesain Daihatsu A-Concept

Selain mendesain Ayla, Mark awalnya berkiprah dengan membuat desain Daihatsu Zebra Espass edisi terakhir. Kemudian Mark dan tim juga yang mendesain Luxio minor change, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios. [Teks/foto: Dedy]

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top