Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Nissan Titan Kemungkinan Berhenti Produksi

Rumor mengatakan bahwa Nissan Titan akan mendekati akhir dari lini produksinya.

Autos.id  –  Sebuah sumber mengatakan bahwa Nissan tidak berencana mengeluarkan update terhadap mobil yang awal diperkenalkan pada tahun 2003 ini untuk menghadapi kompetitor lainnya di segmen truk setengah ton. Memang, mobil ini tidak berhasil menarik banyak pelanggan, meski sebelumnya mobil ini mendapat perubahan besar-besaran di generasi kedua. Penjualan mobil pickup full size dari Nissan ini memang telah turun drastis dalam beberapa tahun terakhir, dari hampir 53.000 penjualan tahunan setelah desain ulang terbaru pada tahun 2017, menjadi hanya lebih dari 27.000 unit pada tahun 2021.

Untuk dibandingkan dengan kompetitor lainnya, Toyota berhasil menjual hampir 90.000 pick up Tundra dalam periode waktu yang sama dan Ford menjual 49.000 pickup F-Series pada bulan Mei tahun ini saja.

Nissan-Titan 2022

Enggan Berikan Update

Selain dari Angka, kita bisa melihat keenganan Nissan dalam memberi perubahan. Nissan Titan belum didesain ulang sejak 2015 dan menjadikannya salah satu opsi powertrain tertua di lini Nissan. Di tahun tersebutlah, mobil ini adalah tahun terakhir dimana mobil ini mendapatkan powertrain baru, sehingga bisa dibilang mesin mobil ini masuk kategori tua.

Mesin mobil Nissan menggunakan mesin V8 5,6 liter yang mengeluarkan 400 tenaga kuda dan torsi 413 lb-ft. Angka ini sebenarnya menunjukkan standar yang sangat baik, namun pilihan tersebut adalah satu-satunya pilihan mesin yang bisa didapatkan pelanggan di pasaran. Hal ini berbeda dengan kompetitor lain mereka, seperti Toyota Tundra, Ford F-150, dan Ram 1500 yang memiliki banyak opsi powertrain yang ditawarkan.

Sekaran, mobil Nissan-pun sudah berhenti dijual di beberapa negara, salah satunya Kanada. Meski, masih dapat sambutan terutama di Pasar AS. Ketertarikan di Pasar AS ini, kemungkinan besar, dihadapkan pada peformanya masih relevan di sana, meski ketinggalan dari rival mereka lain.

Interior Nissan-Titan 2022

Titan dapat memiliki kapasitas tarikan hingga 11.060 pon dan membawa muatan hingga 1.711 lbs. Sementara, saingannya seperti Ford F-150 dapat menarik hingga 14.000 pon. Lalu, Titan hanya dapat berakselerasi dari 0 hingga 60 mph dalam waktu sekitar 7,5 detik. Plus, remnya sedikit lemah, sehingga perlu waktu ekstra untuk berhenti.

Nissan belum secara resmi mengatakan apapun perihal apakah pick-up Titan akan mendapat update lagi, namum mengingat mengingat kinerja penjualannya yang buruk dan investasi Nissan baru-baru ini di lini Nissan Frontier mereka yang sedang mereka dirombak besar-besaran, tampaknya Nissan Titan saat ini akan menjadi lini yang terakhir. Hal ini tidak berarti Nissan Titan akan benar-benar berhenti produksi.

Sumber mengatakan bahwa penghentian produksi bisa dilakukan paling cepat di tahun 2024 atau 2025, tetapi hanya Nissan yang tahu berapa volume penjualan yang dapat mempertahankan produksi yang sedang berlangsung. Bisa saja mobil Nissan Titan ini bertahan selama beberapa tahun lagi sebelum akhirnya benar-benar stop produksi.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga