Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Nissan Hentikan Penjualan Mobil Datsun Di Pasar India

Nissan Menghentikan Penjualan Mobil Datsun Di Pasar India
Datsun Go Live

Beberapa faktor kuat yang membuat Datsun harus menyudahi penjaualn dan produksi di pasar India seperti penjualan yang terus turun dan safety yang kurang mumpuni.

Autos.id – Pada sekitar tahun 2014, Nissan menghidupkan kembali sub brand mereka, Datsun di beberapa negara seperti India dan Indonesia. Pada awalnya Datsun kembali di lahirkan Nissan sebagai brand mobil dengan harga yang lebih terjangkau dan menyasar segmen pasar entry level. Namun sayangnya namu Datsun kini tinggalah nama di beberapa negeri.

Setelah beberapa tahun lalu brand Datsun meninggalkan pasar Indonesia, kali ini giliran India yang harus mengucapkan salam perpisahannya dengan Datsun.

Nissan Menghentikan Penjualan Mobil Datsun Di Pasar India

Datsun Cross

Penjualan Yang Terus Menurun

Seperti yang di beritakan oleh Rushlane pada Kamis (21/4/2022), negara India merupakan negara terakhir dimana Datsun masih bertahan. Dalam kurun waktu 3 hingga 4 tahun terakhir, beberapa negara sepeti Indonesia, Afrika Selatan, Rusia, dan negara-negara lainnya juga sudah menghentikan penjualan mobil Datsun.

Dan akhirnya, salah satu negara yang sebenarnya memiliki pangsa pasar yang besar bagi Datsun, India juga harus mengalami hal yang serupa. Salah satu alasan yang membuat Datsun akhirnya harus menyudahi produksi dan penjualan mereka di negeri Bollywood ini karena penjualan mobil merek Datsun yang semakin lama semakin menurun.

Pada tahun 2021 silam, Datsun hanya menjual sekitar 4 ribuan unit untuk pasar India. Berbanding terbalik dengan beberapa brand lainnya yang juga menjual mobil entry level seperti Maruti Suzuki dan Hyundai yang justru meraih penjualan yang positif. Bahkan kedua brand ini bisa menjual mobil terutama di kelas entry level hingga 15 ribuan unit.

Lalu alasan lainnya kenapa Datsun juga harus mengucapkan selamat tinggal dengan pasar India adalah faktor safety yang tergolong kurang baik. Dari berbagai produk Datsun yang di produksi, beberapa hasil crash test tergolong cukup mengecewakan. Dan bahkan dibandingkan beberapa mobil entry level sekelasya, hasil crash test mobil-mobil Datsun masih lebih buruk dari itu.

Nissan Menghentikan Penjualan Mobil Datsun Di Pasar India

Nissan Magnite

Dengan berakhirnya penjualan mobil-mobil dari Datsun, membuat mobil-mobil yang sudah terlanjur dikembangkan oleh Datsun akan diluncurkan sebagai produk Nissan. Salah satu mobil yang pada awalnya didaulat menjadi produk Datsun yang akhirnya diluncurkan sebagai produk Nissan adalah Nissan Magnite.

Small Crossover pesaing Kia Sonet, Renault Kiger, serta Duo Daihatsu Rocky dan Toyota Raize sendiri pada awalnya memang sudah dikembangkan sebagai produk Datsun. Bahkan grill depan Nissan Magnite memang merupakan ciri khas Datsun yang pada akhirnya menjadi produk dari Nissan. Serta kedepannya beberapa produk terbaru yang sedang dalam pengembangan juga akan keluar sebagai produk Nissan yang bisa di sesuaikan dengan ciri khas R&D Nissan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga