Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Motor Listrik Harus Servis Secara Berkala?

motor listrik servis berkala

Last updated on 9 Juni, 2023

Autos.id – Motor listrik ternyata harus melakukan servis secara berkala agar kondisi motor tetap aman dan stabil.

Seperti motor dengan bahan bakar bensin, ada beberapa komponen yang harus di cek dan di beri perawatan. Karena komponen tersebut tidak dapat bertahan lama.

Perawatan motor listrik tidak dapat di tentukan waktunya, namun umum-nya dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Perawatan

Walaupun berbeda dengan motor konvensional lain yang memiliki komponen cukup banyak, motor listrik juga perlu di lakukan pengecekan secara berkala.

Hal-hal yang perlu dilakukan pengecekan secara berkala antara lain seperti, Baterai, Servis Dinamo atau Motor Listrik, kontrol modul hingga sistem mekanikal seperti pengereman.

“Kalau di bengkel kami, servis motor listrik meliputi baterai, servis dinamo atau motor listrik, control modul hingga sistem mekanikal misalnya rem,” Tutur Adi Siswanto selaku pemilik dari Petrikbike yang merupakan bengkel spesialis dari motor dan sepeda listrik.

Baterai yang di gunakan pada motor listrik memiliki masa penggunaan tertentu, biasanya memiliki masa 2 sampai 3 tahun.

“Biasanya baterai motor listrik pada umur 2 sampai 3 tahun pemakaian terjadi penurunan atau discharge. Lalu untuk servisnya, biasanya kami periksa terlebih dahulu untuk mengetahui kerusakannya,” Ungkap Adi.

Baca juga: Inilah 5 Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh di Tahun 2023

Dinamo atau Motor Listrik masuk servis berkala

Dinamo atau Motor Listrik juga tidak luput dari pengecekan, karena biasa nya jika motor listrik jarang di pakai Dinamo akan mengalami proses karat.

Sama hal nya seperti Dinamo, Kontrol Modul pun turut di lakukan pengecekan. Kontrol Modul ini mirip seperti ECU pada motor injeksi, Kontrol Modul juga bisa rusak biasa nya di sebabkan oleh pemakaian yang berlebihan.

Menurut Adi, Motor listrik harus ada pengecekan pada bagian penting lainnya. Seperti kabel, rem dan bagian yang berhubungan ke motor dan baterai listrik tersebut.

Servis berkala yang di lakukan Adi di bengkel milik nya yaitu dengan cara di bongkar unit motor nya lalu di lakukan pemeriksaan, hal tersebut di lakukan agar pengerjaan servis bisa jauh  lebih maksimal.

Biaya servis yang di perlukan juga tidak terlalu besar, tergantung kerusakan yang di alami atau Part yang harus di ganti.

“Untuk servis berkala motor listrik di Petrikbike biayanya Rp 100 ribu,”Pungkas Adi

Sumber: Berbagai Sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

error: Content is protected !!