Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mini Pindah Pabrik Produksi Mobil Listrik dari Inggris ke Tiongkok, Terungkap Alasannya

Logo Mini.
Logo Mini. (Sumber: Pinterest)

Menurut kabar terbaru, Mini menangguhkan produksi mobil listrik di Inggris dan memilih Tiongkok untuk selanjutnya.

Autos.id – Kabar mengejutkan datang dari salah satu merek mobil terkenal di dunia, Mini, yang mana akan menangguhkan produksi mobil listrik di Inggris dan memilih Tiongkok untuk lokasi selanjutnya.

Dilansir dari Carscoops, rencana produksi mobil listrik Mini di Tiongkok akan mendapat bantuan dari Great Wall yang merupakan mitra dari BMW. Sementara Aceman akan jadi model yang diproduksi di Tiongkok untuk sementara waktu.

Pabrik merek mobil Mini di Oxford, Inggris.

Pabrik merek mobil Mini di Oxford, Inggris. (Sumber: AturonetMagz)

Pihak Mini pun menjelaskan bahwa pindahnya lokasi produksi mobil listrik dari Inggris tidak terkait dengan Brexit. Hal itu diperkuat oleh rencana Great Wall yang akan memproduksi mobil listrik mereka di pabrik Mini yang terletak di negara tersebut.

Lalu, apa alasan sebenarnya dari perpindahan produksi mobil listrik Mini ke Tiongkok? Berdasarkan sumber yang sama, faktor efisiensi produksi menjadi penyebab utama. Hal itu karena mobil konvensional dan mobil listrik diproduksi lewat jalur yang sama.

Stefanie Wurst yang menjabat sebagai Head of Mini mengungkapkan bahwa pabrik Mini yang terletak di Oxford, Inggris, tidak memiliki peralatan yang mumpuni untuk memproduksi mobil listrik. Sementara jika ingin memenuhi syarat, maka dibutuhkan investasi dan renovasi pabrik dalam skala cukup besar.

Mini Aceman yang akan diproduksi di Tiongkok.

Mini Aceman yang akan diproduksi di Tiongkok. (Sumber: MINI Indonesia)

Sementara itu, sang petinggi Mini belum bisa memastikan apakah produksi mobil listrik di masa depan akan dilakukan di Oxford.

Di sisi lain, meskipun produksi mobil listrik pindah ke Tiongkok, untuk Mini Countryman versi listrik kabarnya akan tetap diproduksi di pabrik BMW yang berada di Leipzig, Jerman. Bahkan model  tersebut sudah dijual di Indonesia dengan harga mulai dari Rp1,05 miliar.

 

 

Sumber: Carscoops

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

MINI merupakan salah satu merek mobil yang identik dimiliki oleh masyarakat kelas atas di Indonesia. Autos.id – Dilansir dari berbagai sumber BMC atau singkatan...

Berita Otomotif

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan bangga meluncurkan mobil listriknya. Autos.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi meluncurkan mobil listrik berpenampilan gagah...

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Mobil

Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar baterai mobil listrik tidak boros saat digunakan Setiap jenis kendaraan pastinya membutuhkan sumber energi untuk bisa berfungsi...