Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Mercedes-Benz Bermesin ICE, Kedepannya Akan Berbasis Platform EV

Mobil ICE Merecedes-Benz Kedepannya Akan Berbasis Dari Platform EV

Platform terbaru mobil ICE yang berbasis mobil EV dari Mercedes-Benz ini akan dinamai sebagai platform Mercedes Modular Architecture.

Autos.id – Tidak bisa dipungkiri, mobil dengan teknologi listrik atau EV sudah menjadi masa depan industri otomotif di seluruh dunia. Tidak terkecuali salah satu brand premium Jerman, Mercedes-Benz yang juga mulai gencar memperkenalkan berbagai produk mobil listrik terbaru. Meskipun begitu, Mercedes-Benz tidak akan meninggalkan penggunaan mesin pembakan dalam atau Internal Combustion Engine (ICE).

Nantinya mobil-mobil ICE terbaru dari Mercedes-Benz akan menggunakan platform yang memang didesain sebagai mobil listrik atau EV.

Platform Mobil Compact

Seperti yang dikutip Motor1 pada Jumat (29/4/2022), Wakil Presiden Pengembangan Mobil Listrik Mercedes-Benz, Christoph Starzynski menyebut bahwa beberapa mobil compact mereka seperti A-Class dan B-Class generasi terbaru akan menggunakan platform terbaru dari mobil listrik. Pltaform disebut sebagai Mercedes Modular Architecture (MMA) yang dalam rancang awalnya didesain untuk mobil listrik compact EQB.

Mobil ICE Merecedes-Benz Kedepannya Akan Berbasis Dari Platform EV

Menurut Starzyski, platform MMA terbaru ini akan menawarkan penggunaan mesin pembakaran dalam yang hanya digunakan sebagai sumber daya sekunder. Nantinya penggunaan platform terbaru ini secara garis besar akan lebih menitikberatkan powertrain listrik dengan bantuan mesin konvensional yang tidak begitu besar.

“Platform ini nantinya memang akan di plot sebagai mobil EV tetapi tidak akan ekslusif sebagai mobil EV. Kami tetap akan memberi kompromi pada pengguanaan mesin pembakaran dalam meskipun tidak akan besar”, ujar Strazynski. Ia menyebut penggunaan platform ini bisa segera di perkenalkan pada tahun 2024 mendatang.

Dalam pengembangan platform MMA terbaru nanti, Mercedes-Benz tetap berusaha untuk sebisa meungkin menekan biaya pengembangan yang lebih efisien. Meskipun akan berusaha menekan biaya pengembangan, harus di akui pihak Mercy harus berkompromi dengan harga jual versi mobil listrik yang memiliki seslisih harga yang tergolong jauh selama beberapa waktu mendatang.

Mobil ICE Merecedes-Benz Kedepannya Akan Berbasis Dari Platform EV

Chif Technology Officer dari Mercedes Benz, Markus Schafer menyebut bahwa mereka juga menyadari dengan kompromi yang harus di hadapi dalam pengembangan platform MMA terbaru ini. “Kami memang harus menghadapi kompromi tersebut karena memang platform awal ini memang untuk mobil listrik, dengan begitu, kami akan mencoba melakukan inovasi pada platform MMA ini, terlebih nantinya platform ini menyasar segmen mobil compact yang di harapkan bisa lebih terjangkau”, ujar Schafer.

Beberapa area dimana Mercy akan berkompromi adalah seputar pengembangan perangkat lunak serta produksi baterai. Meskipun begitu, pihak Mercy akan memperkerjakan sekitar 750 orang lebih yang terlibat dalam proses pengembangan platform terbaru ini. Selain itu mereka akan di bantu dengan beberapa pihak seperti NVIDIA dan Bosch untuk pengembangan perangkat lunak platform terbaru ini.

Mercedes-Benz sendiri rencananya akan menghadirkan platform terbaru ini pada tahun 2024 mendatang untuk di gunakan sebagai mobil listrik. Nantinya untuk penggunaan mobil ICE akan menyusul dengan waktu paling cepat ada di tahun 2025 mendatang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Beberapa produk mobil listrik dari Stellantis yang akan di produksi di pabrik di Serbia diantaranya seperti Fiat dan Chrysler. Autos.id – Pangsa pasar mobil...

Berita Otomotif

Nantinya Datsun kembali dilahirkan sebagai brand mobil listrik harga terjangkau yang akan menyasar pasar negara berkembang. Autos.id – Baru-baru ini, Nissan memang menutup produksi...

Berita Otomotif

Recall yang dilakukan Mercedes-Benz berkaitan dengan ground cable dan kamera mundur di Amerika Serikat tersebut hanya terjadi di negara tersebut dan tidak berpengaruh di...

Reviews

Mercedes-Benz T-Class hadir sebagai sebuah alternatif pilihan MPV untuk kebutuhan komersial dengan beberapa opsi dan tampilan yang jauh lebih mewah. Autos.id – Segmen mobil...