Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Membandingkan Konsumsi BBM Pada 7 Mobil yang Paling Irit

Ilustrasi BBM.
Ilustrasi BBM. (Sumber: Bisnis)

Last updated on 12 Januari, 2024

Setiap orang pasti ingin mobil yang dimilikinya hemat BBM, tapi bagaimana dengan perbandingannya?

Autos.id – Mempertimbangkan konsumsi BBM menjadi faktor penting dalam membeli mobil. Mobil yang hemat BBM menjadi incaran banyak orang dan produsen mobil berlomba-lomba untuk memproduksi mobil yang irit BBM.

Mobil yang irit BBM pada umumnya dapat menempuh jarak sekitar 20 km per liter. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya pengeluaran untuk membeli BBM.

Mobil jenis city car umumnya sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar. Meski begitu, bukan berarti mobil jenis lain tidak irit BBM. Mobil dalam kategori Low MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan sejenisnya juga relatif hemat dalam konsumsi BBM.

Berikut adalah perbandingannya.

 

Toyota Agya

Toyota Agya.

Toyota Agya. (Sumber: Toyota Astra Motor)

Toyota Agya adalah mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang dikembangkan dengan konsep ramah lingkungan.

Mayoritas mobil LCGC didesain untuk menempuh jarak 20 km per liter bahan bakar. Konsumsi BBM Toyota Agya adalah sekitar 15 km/liter di rute dalam kota.

 

Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla.

Daihatsu Ayla. (Sumber: Daihatsu)

Daihatsu Ayla, mobil kembar Toyota Agya, juga dikenal irit BBM. Mobil ini juga berada di segmen LCGC dan memiliki dua pilihan mesin: 1,0 liter dan 1,2 liter.

Konsumsi BBM Daihatsu Ayla dengan mesin 1,2 liter mampu mencapai 14,7 km/liter di rute dalam kota dan 20,7 km/liter di jalan tol bebas hambatan.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia.

Daihatsu Xenia. (Sumber: Daihatsu)

Daihatsu Xenia adalah mobil yang terkenal di Indonesia karena harganya yang terjangkau dan konsumsi BBM yang irit. Mesin 2NR-VE 1,5L dengan teknologi Dual VVT-i menjadikan mobil ini lebih hemat bahan bakar.

Konsumsi BBM Daihatsu Xenia sekitar 10-13 km per liter, cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Honda Brio

Honda Brio Satya. (Sumber: Oto)

Honda Brio adalah salah satu mobil city car yang masuk dalam kategori mobil dengan konsumsi BBM irit. Mobil ini memiliki mesin 1,2 liter yang mampu menempuh jarak 16,6 km/liter pada rute dalam kota. Sedangkan untuk rute jalan tol atau jalan bebas hambatan, Honda Brio dapat menempuh jarak sekitar 22,6 km/liter.

Selain di kenal irit bahan bakar, Honda Brio juga termasuk salah satu city car terlaris di pasar otomotif Indonesia. Mobil ini di lengkapi dengan mesin i-VTEC 1.2 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 89 HP pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Honda Mobilio

Honda Brio.

Honda Brio. (Sumber: Honda IKM Ciledug)

Selain Honda Brio, Honda Mobilio juga menjadi salah satu rekomendasi mobil dengan konsumsi BBM irit. Mobil ini ditenagai oleh mesin 1500cc dan teknologi i-VTEC yang dapat menjaga efisiensi bahan bakar.

Konsumsi BBM Honda Mobilio mencapai 17 km/liter. Sedangkan untuk penggunaan mobil di jalanan bebas hambatan dengan mode ECO driving, konsumsi BBM bisa mencapai 22,8-28 km/liter.

Tak heran bila Honda Mobilio sering terpakai sebagai taksi online di perkotaan karena selain irit bahan bakar, mobil ini juga cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga dengan desain yang lapang.

Baca juga: Rekomendasi 5 Mobil Pick Up Paling Irit BBM

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga.

Suzuki Ertiga. (Sumber: Suzuki)

Suzuki Ertiga adalah mobil keluarga yang terkenal irit bahan bakar. Mobil ini bekali mesin 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, dengan teknologi Variable Valve Timing (VVT) yang membuat mobil ini menjadi lebih hemat dalam konsumsi BBM. Untuk konsumsi bahan bakar pada perjalanan dalam kota, Suzuki Ertiga dapat menempuh jarak sekitar 12,3 km/liter.

Sementara untuk rute jalan bebas hambatan, mobil ini dapat mencapai jarak sekitar 17 km/liter. Dengan mode ECO Driving, konsumsi BBM Suzuki Ertiga menjadi lebih irit.

Mobil Suzuki Ertiga cocok untuk gunakan sebagai mobil keluarga karena selain hemat bahan bakar, mobil ini juga lengkapi dengan fitur-fitur keselamatan seperti dual airbag, ABS, dan EBD.

KIA Picanto

KIA Picanto.

KIA Picanto. (Sumber: KIA)

KIA Picanto adalah salah satu city car yang terkenal irit BBM. Mobil ini memiliki fitur Eco Mode pada transmisi otomatisnya yang membantu dalam menghemat bahan bakar.

Fitur di atas juga memberikan saran kapan waktu yang tepat untuk mengubah posisi transmisi bagi mobil transmisi manual. KIA Picanto dapat menempuh jarak 18 km/liter di rute dalam kota.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Berbagai Warna BBM di Pertamina

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Melihat perkembangan motor listrik di Indonesia, hal ini bisa dikatakan cukup baik. Berbagai pabrikan otomotif juga...

error: Content is protected !!