Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mazda CX-60 PHEV Hadir di Indonesia 2023?

Logo Mazda CX-60 PHEV.
Logo Mazda CX-60 PHEV. (Sumber: Mazda)

PT Eurokars Motor Indonesia yang merupakan distributor resmi Mazda di Indonesia kabarnya akan menjual mobil listrik ada 2023.

Autos.id – Distributor resmi Mazda untuk Indonesia yaitu PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) dikabarkan akan menghadirkan mobil listrik pada 2023 mendatang.

Dikutip dari berbagai sumber, Ricky Thio selaku Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengungkapkan rencana membawa kendaraan elektrifikasi saat menghadiri Mazda Media Gathering yang digelar di Park Hyatt, Senin (12/12/2022).

Mazda CX-60 PHEV tampak depan.

Mazda CX-60 PHEV tampak depan. (Sumber: Mazda)

Menurut sumber yang sama, kendaraan listrik ini kemungkinan hadir di Indonesia pada semester pertama 2023. Meskipun demikian, Ricky Thio tidak ingin membahas model kendaraan listrik Mazda apa yang akan mereka jual.

Jika melihat spekulasi sejak awal tahun 2022, kendaraan listrik yang bakal hadirkan oleh Mazda adalah CX-60 karena sudah meluncur untuk negara-negara lain pada awal tahun ini.

Mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) ini merupakan mobil Mazda pertama yang menggunakan teknologi PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

Jika melihat tampilannya, desain CX-60 tidak berbeda dengan SUV lain besutan Mazda. Akan tetapi jika menelisik lebih jauh, ada banyak yang baru dari mobil listrik tersebut misalnya saja platform RWD  Skyactiv Multi Solution Scalable Architecture. Kemudian i-Active AWD turut tersemat untuk menggerakan roda belakang.

Pilihan Mesin Mazda CX-60 PHEV

Dengan dukungan AWD, CX-60 memiliki tiga pilihan mesin, yaitu Bensin 6 silinder berkapasitas 3.000 cc dengan e-Skyactiv X. Diesel hybrid kapasitasnya hanya  3.300 cc, tentunya e-Skyactiv D,
dan PHEV (kombinasi N/A 2.5 L dengan motor elektrik).

Melihat dapur pacu tersebut, Mazda mengklaim CX-60 dapat mencapai 189 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 261 Nm pada 4.000 rpm. Sementara motor elektriknya menyimpan 134 tenaga kuda dan torsi 250 Nm. Lalu dengan kombinasi yang ada, e-Skyactiv pada mobil listrik ini menghasilkan 323 tenaga kuda dan torsi 500 Nm.

Kemudian membahas baterai-nya, CX-60 tersemat baterai 17,8 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 63 km. Lalu dengan adanya baterai dan motor elektrik, mobil ini memiliki bobot 2.070 kg.

Dengan spesifikasi tersebut, CX-60 Mazda klaim mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,8 detik. Sedangkan untuk varian dengan teknologi PHEV, kecepatannya menembus 200 kpj. Sementara untuk mesin konvensional-nya, CX-60 memiliki kecepatan hingga 140 kpj.

Interior Mazda CX-60 PHEV.

Interior Mazda CX-60 PHEV. (Sumber: Mazda)

Tidak lupa membahas bagian interior, terdapat panel instrumen digital pada CX-60. Hadirnya head unit berukuran 12,3 inci panoramic sunroof, head up display, 12 speaker Bose dan masih banyak lagi.

Lalu berapa harganya? Berdasarkan informasi yang ada, Mazda CX-60 harganya 47.390 euro (sekitar Rp743 jutaan) untuk varian terendah dan 52.890 euro (sekitar Rp829 jutaan) untuk varian tertinggi.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

MINI merupakan merek otomotif asal Inggris yang dimiliki oleh BMW dan menargetkan pasar mobil kecil. Autos.id – MINI adalah merek mobil yang terkenal dan...

Daftar Harga Motor

Harley Davidson di Indonesia memiliki pasarnya tersendiri hingga terdapat komunitasnya. Autos.id – Harley Davidson adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang terkenal karena produksi sepeda...

Moto Guzzi

Berdiri sejak 1920-an, Moto Guzzi juga memasarkan produknya di Indonesia. Autos.id – Moto Guzzi adalah perusahaan sepeda motor asal Italia yang didirikan pada tahun...

Daftar Harga Mobil

Tahun 2023 sudah memasuki bulan ke-2 alias Februari, lalu ada perubahan harga model apa saja dari merek Mercedes Benz? Autos.id – Mercedes Benz adalah...