Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Masalah Pada Baterai, Volkswagen Recall Ribuan Unit Mobil Listriknya

Karena Masalah Potensi Cacat Baterai, Volkswagen Recall Ribuan Unit Mobil Listriknya

Masalah pada unit baterai membuat Volkswagen me-recall ribuan unit beberapa produk mobil listriknya.

Autos.id – Baru-baru, ini ribuan mobil listrik Volkswagen terbaru terpaksa terkena recall atau penarikan unit kembali. Didugi masalah cacat dan potensi kerusakan pada mobil listrik mereka menjadi penyebab pabrikan asal Jerman ini melakukan recall.

Beberapa produk mobil listrik terbaru dari Volkswagen seperti ID.3 dan ID.4 ikut terdampak recall yang satu ini.

Karena Masalah Potensi Cacat Baterai, Volkswagen Recall Ribuan Unit Mobil Listriknya

Volkswagen ID.3

Masalah Pada Baterai Mobil Listrik

Disadur dari electrive.com pada Senin (17/10/2022), masalah ini terjadi pada mobil listrik Volkswagen ID.3 dan ID.4. Volkswagen sendiri menyebutkan bahwa masalah bermulai dari sel baterai mobil listrik pada kedua mobil ini kemungkinan memiliki cacat produksi yang bisa menyebabkan peningkatan self-discharge yang tidak diinginkan.

Pihak VW sendiri menyadari masalah ini saat salah satu perusahaan rental mobil yang berbasis di Jerman, EV NextMove menemukan masalah cacat pada baterai kedua mobil ini. Perusahaan rental ini memiliki beberapa unit ID.3 dan ID.4 lalu meminta mereka untuk menghubungi pihak dealer atau bengkel untuk mengecek bagaimana kondisi baterai kedua mobil ini.

Dari hasil temuan yang didapatkan bisa terlihat bahwa unit yang terkena masalah cacat produksi pada baterai mobil ini ditemukan di unit yang diproduksi di tahun 2020. Pihak VW lalu segera menyampaikan kepada para pemilik ID.3 dan ID.4 yang diproduksi di tahun 2020 untuk melaporkan ke dealer karena modul baterai yang ternyata rusak dan memiliki potensi bahaya saat digunakan.

Karena Masalah Potensi Cacat Baterai, Volkswagen Recall Ribuan Unit Mobil Listriknya

Volkswagen ID.4

Pihak Volkswagen menyebutkan setelah dalam penelusuran mendalam, ada sekitar 10.130 unit ID.3 dan ID.4 yang terdampak recall ini. Mayoritas mobil yang terkena recall baterai mobil listrik ini merupakan unit yang dijual di Eropa. Pihak VW sendiri akan mengganti modul baterai mobil yang terdampak recall ini dengan modul baterai yang baru tanpa biaya sedikitpun.

Dalam proses recall, bengkel-bengkel VW membutuhkan waktu sekitar 2 hari kerja untuk proses pengerjaannya. Selain mengganti modul baterainya, VW akan melalukan pembaruan dari sistem software agar memastikan mobil bisa kembali digunakan secara normal tanpa masalah.

Di Indonesia sendiri, seperti yang sudah diketahui bahwa memang belum ada ID.3 dan ID.4 yang dijual secara resmi di Indonesia. Selain di pasar Eropa, ID.3 dan ID.4 baru tersedia di kawasan Amerika Utara.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga