Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Laris Manis, Toyota bZ4x Laku Hingga 3 Ribuan Unit Di Negara Ini

Laris Manis, Toyota bZ4x Laku Hingga 3 Ribuan Unit Di Negara Ini

Karena banyaknya pesanan Toyota bZ4x, membuat Toyota Motor Thailand harus menutup keran pemesanannya karena terbatasnya stok untuk pasar Thailand.

Autos.id – Sebelum heboh dengan peluncuran generasi terbaru dari Kijang Innova Zenix bermesin Hybrid, Toyota Astra Motor sebenarnya sudah meluncurkan mobil listrik pertama dari Toyota yang dijual di Indonesia yaitu bZ4x. Selain hadir di Indonesua, mobil listrik yang satu ini juga hadir di negara Thailand dan mendapatkan tanggapan yang positif di sana.

Toyota bZ4x yang dijual di pasar Thailand bahkan bisa laku hingga 3 ribuan unit serta membuat keran pemesanan pada mobil ini harus ditututp karena jatah pemesanan yang dibatasi.

Laris Manis, Toyota bZ4x Laku Hingga 3 Ribuan Unit Di Negara Ini

Laris Manis Di Thailand

Disadur dari Bangkok Post, sejak keran pemesanan dibuka pada 9 November silam, dalam waktu 24 jam, Toyota bZ4x diklaim sudah laku dipesan hingga 1.064 unit. Keesokan harinya, angka pemesanan melonjak tajam hingga 3.356 unit. Angka pemesanan ini diluar ekspektasi pihak Toyota Motor Thailand yang diprediksi berada di kisaran 2 ribuan unit.

Karena membludaknya pemesanan ini, pihak Toyota Motor Thailand terpaksa menutup keran pemesanan atau Pre-Order pada mobil ini. Sama seperti yang dijual di Indonesia, Toyota bZ4x juga diimpor langsung dari Jepang. Tetapi untuk batch awal pemesanan, Thailand mendapatkan stok yang lebih banyak di sekitar 2.000 hingga 3.000 unit sedangkan Indonesia baru mendapat sekitar 800an unit termasuk unik yang digunakan untuk mobil KTT G20.

Sebagai informasi, Toyota bZ4x dibangun di atas platform terbaru khusus mobil listrik yang diberi nama e-TNGA. Drivetrain yang digunakan menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 71,4 kWh yang dipadukan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga hingga 218 Hp dan torsi 337 Nm. Akselerasi 0 hingga 100 km/jam bisa tuntas dalam 6,9 detik dengan top speed mencapai 160 km/jam.

Laris Manis, Toyota bZ4x Laku Hingga 3 Ribuan Unit Di Negara Ini

Lalu soal jangkauan, Toyota bZ4x diklaim bisa berjalan dalam keadaan baterai penuh hingga habis sejauh 411 km. Dan yang menarik, Toyota bZ4x bisa diisi dengan pengisi daya Fast-Charging dengan daya 150 kW yang memungkinkan pengisian hingga 80% bisa tuntas dalam 30 menit. Sedangkan untuk pengisian data normal dengan daya 23 Ampere membutuhkan waktu 9,5 jam untuk bisa terisi hingga penuh.

Berbeda dengan di Indonesia yang dijual dengan harga sekitar Rp 1,1 Miliyar, Toyota bZ4x yang dijual di Thailand memiliki harga yang jauh lebih murah. Hal ini terjadi karena pemerintah Thailand memberikan subsidi hingga Rp 65 jutaan untuk mobil listrik lebih dari 30 kWh. Sehingga membuat Toyota bZ4x bisa dijual dengan harga hanya Rp 808 jutaan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Mobil

Dalam uji tabrak Toyota bZ4X yang dilakukan oleh Euro-NCAP memperlihatkan hasil yang sangat memuaskan berkat beberapa peranti keselamatan canggih yang ada pada mobil tersebut....

Reviews

Battery EV Toyota Pertama di Indonesia dan pilihan terbaru elektrifikasi Toyota guna mendukung mobilitas zero emission Jakarta, Autos.id  –  Hari ini, Kamis (10/11) PT...

Reviews

Sedan listrik Toyota bZ3 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pasar mobil listrik di Tiongkok dan direncanakan juga akan dijual untuk pasar global. Autos.id –...