Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kolaborasi Sony dan Honda Untuk Brand Kendaraan Listrik Baru

Tanggal 16 Juni Kemarin, dunia EV benar-benar dikejutkan ketika raksasa otomotif, Honda, dikabarkan bekerja sama dengan salah satu perusahaan teknologi besar, Sony, untuk menciptakan merek kendaraan listrik baru. Perusahaan tersebut akan bernama Sony Honda Mobility Inc. 

Autos.id  –  Meski nama sudah muncul ke publik, masih ada banyak yang harus dipersiapkan oleh kedua belah pihak. Saat ini, Honda dan Sony masih dalam proses negosiasi persoal rincian kemitraan tersebut, mereka mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa mereka bertujuan agar perusahaan baru tersebut dan hal-hal pendukung lain akan benar-benar diselesaikan tahun ini.  Perusahaan baru tersebut dikabarkan akan berfokus untuk segera memproduksi kendaraan listrik pertama brand tersebut saat mulai beroperasi di tahun 2025.

Lebih lanjut, perusahaan tersebut nantinya juga akan mengkomersialkan dan menyediakan layanan otomotif.

Rencana bisnis perusahaan baru ini sudah juga beredar di publik. Setiap perusahaan memegang 50 persen saham yang besarnya sama, dengan eksekutif Honda, Yasuhide Mizuno ditunjuk sebagai ketua dewan dan CEO, dan EVP Sony Izumi Kawanishi sebagai presiden dan COO. Sony menjelaskan, kemitraan ini akan memanfaatkan “teknologi lingkungan dan keselamatan terdepan dari Honda, kemampuan pengembangan transportasi, teknologi pembuatan bodi kendaraan, dan pengalaman manajemen layanan pasca penjualan.” Sementara itu, Sony akan berkontribusi dalam hal “pencitraan, penginderaan, telekomunikasi, jaringan dan teknologi hiburan.”

Honda Mengejar Komitmen Ramah Lingkungan

Satu tahun yang lalu, Honda mengatakan bahwa mereke berkomitmen hanya akan menjual kendaraan berbahan dasar baterai listrik dan juga hidrogen pada tahun 2040. Selama dua dekade mendekati tahun tersebut, secara bertahap perusahaan Honda akan terus menggenjot penurunan produksi  dan akhirnya melakukan penghapusan secara keseluruhan jenis kendaraan berpempakaran internal (berbahan bakar bensin).Meski begitu, bisa dibilang Honda tertinggal jauh di belakang kompetitornya dalam pengembangan EV, dengan hanya satu mobil listrik yang sudah dirilis yaitu Honda E, meski belakangan ini Honda mulai mempercepat rencananya.

Honda e:

Saat ini, dua kendaraan EV pertama dari Honda sedang dalam proses dan dibangun dalam kemitraan dengan General Motors (Sony tidak terlibat). Diharapkan kedua EV tersebut akan mulai dijual pada tahun 2024, satu adalah mobil Honda Prologue dan satunya lagi menjadi salah satu lini ekslusif dari brand Acura.

Bersamaan dengan munculnya pengumuman, Sony memamerkan prototipe mobil crossover elektrik Vision-S 02 di pameran teknologi CES. Lalu, ditambah Sony pernah mengeluarkan sedan listrik Vision-S 01 sebelumnya, sehingga kita tidak bisa lagi meragukan niat Sony untuk memasuki pasar EV.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Mobil Honda masih menjadi salah satu dambaan masyarakat Indonesia. Jakarta, Autos.id  –  Bahkan, di bulan lalu, laporan menunjukkan bahwa penjualan mobil Honda mencapai kenaikan...

Komparasi

Last updated on 4 Agustus, 2022 Honda ADV 160 yang masih baru diluncurkan akan menjadi pesaing langsung Yamaha Aerox 155. Autos.id – Honda ADV...

Motor

Honda CBR150R Repsol Edition baru telah resmi diluncurkan di Malaysia dengan harga $3,024 atau kisaran Rp 45,5 juta. Autos.id – Tentunya seluruh Asia diharapkan bisa...

Motor

Perusahaan aftermarket bernama Jepang Yoshimura menhadirkan aksesoris-aksesoris yang mengesankan untuk Honda Monkey. Autos.id – Honda Monkey merupakan salah satu motor yang tampaknya selalu membuat Anda...