Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mitsubishi

Kenyamanan dan Keselamatan Mitsubishi Xpander Nyaris Sempurna di Banding Kompetitornya

Meluncur di tahun 2017 dan hingga saat ini masih menjadi primadona di pasar otomotif Indonesia

Jakarta, Autos.id  –  Mitsubishi Xpander pertama kali diperkenalkan secara global di ajang GIIAS tahun 2017 lalu. Kehadiran Mitsubishi Xpander ini semakin memperkaya konsumennya dalam memberikan pilihan yang lebih variatif kepada konsumen yang menginginkan LMPV yang memiliki cita rasa SUV yang kuat pada tampilannya.

Seperti yang pernah diungkapkan Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI saat peluncuran lalu, Xpander lahir dari harapan dan keinginan masyarakat Indonesia akan model small-MPV yang ideal.

Pada bulan Februari 2018 lalu dan hingga beberapa bulan ke depannya, Xpander berhasil melampaui penjualan Toyota Avanza yang sekian tahun merajai penjualan segmen LMPV (Low Multi Purpose Vehicle). di Indonesia.

Salah satu varian warna faovorit Xpander, Red Metallic

“Penjualan Mitsubishi Xpander juga mampu jauh mengasapi pesaing-pesaingnya yang lebih dulu hadir di Hal menarik lainnya ada pada penjualan Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Ini disebabkan karena Xpander hadir dengan fitur-fitur yang lebih mengoptimalkan visibilitas dan memberikan kenyamanan lebih kepada pengendaranya,” tegas Nakamura.

Xpander kini hadir dengan fitur yang semakin mengoptimalkan visiblitas dan memberikan kenyamanan kepada pengendara dengan disematkannya lampu LED pada bagian head lamp dengan lighting range yang lebih luas. Visibilitas pengendara juga tetap maksimal ketika dalam kondisi kabut atau embun dengan adanya Rear Window Defogger pada varian Ultimate, Sport, dan juga Exceed.

Mitsubishi XPANDER menawarkan kenyamanan dengan kabin luas, senyap, dan dilengkapi 16 ruang penyimpanan multifungsi di semua sisinya. Kabin Xpander juga hadir dengan New Beige Seat Pattern yang memberikan interior nyaman serta mewah untuk varian Ultimate dan Exceed, dan New Black Seat Pattern untuk interior sporty dan modern pada varian Sport.

Interior Mitsubishi Xpander

Tampilan interior kini menjadi semakin menarik dengan New Accent Instrument Panel dan Door Trim Wood Panel pada varian Ultimate dan Exceed, serta Door Trim Silver Panel pada varian Sport. Untuk varian Ultimate dan Sport, pada bagian Head Unit, disematkan 7-inch Touch Screen Audio dengan Smartphone Connectivity.

Khusus untuk varian Sport kini sudah dilengkapi fitur Hands Free Steering Switch yang memudahkan pengendara untuk tetap terkoneksi dengan telepon namun tetap aman selama mengemudi.

Untuk mengoptimalkan keamanan berkendara, kini XPANDER dilengkapi dengan rear parking sensor yang memberikan peringatan bunyi saat mendeteksi objek yang menghalangi mobil ketika parkir mundur. Selain itu untuk memaksimalkan keamanan, seluruh varian XPANDER kini telah disematkan fitur New Dual Horn dalam memberikan isyarat kepada pengendara lain selama berkendara.

Dengan fitur-fitur yang tersemat di Mitsubishi Xpander, menjadikannya diganjar beberapa penghargaan di tanah air seperti gelar “Best of The Best MPV” dan “Car of The Year” di tahun 2018.

Bahkan Xpander juga pernah dinobatkan sebagai merek terbaik kategori “Inovasi Mobil MPV” (Innovation MPV Car) berdasarkan hasil riset Solo Best Brand and Innovation (SBBI) 2020 yang diselenggarakan oleh Harian Solopos.

Namun dengan penghargaan yang diraihnya ini, tidak membuat MMKSI lekas berpuas hati, untuk lebih mewujudkan semakin didambakannya sebagai mobil keluarga, MMKS juga meluncurkan varian tertinggi dari Xpander yaitu Xpander Cross. Sebelumnya Mitsubishi Xpander tersedia dalam lima varian yaitu GLX, GLS, Exceed, Sport dan Ultimate , kini Xpander Cross menjadi varian tertiggi dari ketiga varian tersebut.

Xpander Cross

“Xpander Cross merupakan mobil yang cocok dipakai dalam berbagai medan. “Kombinasi ‘best-in-class‘ MPV dan SUV siap untuk menemani perjalanan keluarga Indonesia,” tambahnya.

Dari segi desain, tak banyak perbedaan yang diusung Xpander Cross, hanya desain gril saja yang dibuat sedikit berbeda lebih memperkental slogannya Dynamic Shield. Namun jika dilihat lebih detail lagi, lubang gril dibuat lebih besar dengan aksen tonjolan untuk mempertegas kesan SUV, warnanya tak lagi krom biasa tapi black chrome.

Mitsubishi Xpander Cross menjadi kendaraan utama dalam perjalanan #AyoGasTerus Media Adventure dengan mengajak sekitar 100 wartawan dari puluhan media lokal dan tanah air. Kendaraan crossover MPV yang menjadi varian tertinggi dari XPANDER ini memberikan keunggulan berkendara di berbagai medan namun tetap memberikan kenyamanan dari sebuah MPV.

Hal ini teruji dengan dilewatinya jalur di wilayah Banyuwangi, Bali dan juga Lombok yang terdiri dari jalan bebatuan, tanah dan juga aspal, semuanya dilalui dengan rasa nyaman saat berada di dalam kabin.

Interior Xpander Cross

Bahkan Mitsubishi Xpander mendapat rating bintang empat dari ASEAN NCAP menyusul hasil uji tabrak yang dilakukan lembaga tersebut. Dari hasil uji coba ini NCAP mengungkapkan Xpander termasuk salah satu mobil Multy Purposed Vehicle (MPV) yang menghasilkan skor 71,66%.

Dari hasil step uji coba, fitur mobil ini memberikan kinerja maksimum 50 persen Perlindungan Penumpang dewasa (AOP), 25% untuk Perlindungan Anak (PA) dan 25% untuk Safety Assist Technologies (SAT).

Dari pencapaian poin, tabrakan frontal bagian depan, Xpander meraih point 14,22 poin dari batasan 16 poin untuk perlindungan penumpang dewasa, 11,63 pon dari batasan 12 poin untuk perlindungan anak dan 9 poin untuk perlindungan keseluruhan dari batasan 13 poin dengan capaian skor 36,63 poin dari 49 poin.

Untuk fitur keamanan seperti Effective Braking and Avoidance (EBA) yang ada pada sistem pengereman ABS dan kontrol stabilitas kendaraan Xpander jua meraih penilaian yang baik hingga pengingat sabuk pengaman untuk penumpang.

Meraih empat bintang dalam uji tabrak NCAP di Thailand

Seperti yang pernah dikemukakan CEO Mitsubishi, Osamu Masuko, Mitsubishi Xpander memang dirancang dengan teknologi moderen untuk mendapatkan kemananan maksimal karena hadir sebagai mobil MPV kenyamanan dan keamanan menjadi hal paling utama.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Daftar harga terbaru dari Mitsubishi yang di jual di Indonesia ini merupakan harga resmi dari ATPM dan termasuk harga On The Road Jakarta. Autos.id...

Mitsubishi

National Contest 2022 ini dalam upaya MMKSI meningkatkan performa SDM di dealer Jakarta, Autos.i  – Salah satu upaya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales...

Berita Otomotif

Last updated on 29 Januari, 2023 Kini tidak ada lagi inden, setiap pesan New Xpander Cross, akan segera tiba di rumah konsumen Jakarta, Autos.id ...

Mitsubishi

Last updated on 27 Januari, 2023 Xpander dan Xpander Cross sulit didapatkan di bursa mobil bekas, meskipun tersedia di mobil bekas, harga mobil bekasnya...