Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Kelebihan Ultra High Decker dan 5 PO Bus yang Menggunakannya

Ultra High Decker.
Ultra High Decker. (Sumber: Adiputro)

Last updated on 18 Juli, 2023

Belakangan ini, penggunaan Ultra High Decker menjadi favorit sejumlah PO bus karena keunggulannya.

Autos.id – Sebelum membahas PO bus yang menggunakan armada Ultra High Decker (UHD), penting untuk memahami konsep bus satu ini terlebih dahulu. UHD pertama kali diperkenalkan oleh karoseri Adiputro di ajang GIIAS pada tahun 2018.

Bus UHD merupakan kombinasi dari konsep High Decker dan Double Decker. Secara umum, bus jenis ini memiliki tinggi sekitar 4 meter dengan lebar 2,5 meter dan panjang 13,5 meter.

Keunikan bus UHD adalah adanya kabin terpisah antara pengemudi, penumpang, dan kru. Kabin penumpang biasanya diletakkan di dek atas, sementara dek bawah biasanya digunakan sebagai area untuk sopir, kru, dan bagasi dengan kapasitas yang luas.

Dari spesifikasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bus UHD lahir untuk memenuhi kebutuhan operator bus dalam membawa penumpang dan barang dalam jumlah yang besar.

5 PO Bus yang Gunakan Ultra High Decker

Berikut adalah beberapa PO bus yang menggunakan armada Ultra High Decker:

1. Pandawa 87

PO bus Pandawa 87 yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker.

PO bus Pandawa 87 yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker. (Sumber: Pinterest)

Pada bulan Januari 2020, PO Pandawa 87 memperkenalkan armada Jetbus 3+ Ultra High Decker (UHD) buatan Adiputro. Bus ini menggunakan sasis Volvo B11R-430 HP I-SHIFT dan memiliki total 53 tempat duduk yang ditempatkan di dek atas.

Selain itu, Adiputro juga menambahkan fasilitas lain pada bus UHD Pandawa 87, seperti televisi di setiap bangku dan colokan USB untuk mengisi daya gadget. Seperti konsep UHD pada umumnya, bus ini juga dilengkapi dengan bagasi yang luas dan dapat menampung hingga 6 sepeda motor.

2. Gunung Harta

PO bus Gunung Harta yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker.

PO bus Gunung Harta yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker. (Sumber: Gunung Harta)

Pada awal Desember 2021, PO Gunung Harta mengenalkan enam unit bus Jetbus 3+ UHD buatan Adiputro. PO bus yang beroperasi di Bali dan Malang ini menggunakan sasis dari Volvo B11R dan Mercedes-Benz OC500RF 2542.

Seperti kebanyakan bus UHD lainnya, kursi penumpang pada bus ini terletak di dek atas dengan konfigurasi bangku 2-2, leg rest, dan dilengkapi dengan fitur hiburan. Pada dek bawah terdapat toilet, ruang merokok, dan bagasi. Bus UHD ini melayani rute dari Banyuwangi, Madura, dan Malang menuju Jakarta.

3. Bintang Utara Putra

PO bus Bintang Utara Putra yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker.

PO bus Bintang Utara Putra yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker. (Sumber: Detik)

PO bus yang berasal dari Sumatera Utara ini baru saja menghadirkan armada Jetbus 3+ UHD buatan karoseri Adiputro pada tanggal 17 November 2022. Bus ini menggunakan sasis Volvo B11R dan menawarkan kabin penumpang yang terletak di dek atas dengan konfigurasi 2-2 dan leg rest.

Dalam bus tersebut terdapat 40 bangku yang dapat penumpang akses langsung. Sedangkan di dek bawah tersedia bilik merokok dan toilet yang dapat kalian gunakan selama perjalanan. Bus ini juga memiliki bagasi yang luas untuk menampung barang bawaan penumpang.

4. Sudiro Tungga Jaya

PO bus Sudiro Tungga Jaya yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker.

PO bus Sudiro Tungga Jaya yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker. (Sumber: Kompas)

Sudiro Tungga Jaya adalah operator bus yang menggunakan armada Ultra High Decker (UHD) selanjutnya. PO bus asal Magetan, Jawa Timur ini mendatangkan dua unit Jetbus 3+ UHD karya Adiputro dengan sasis Volvo B11R.

Dalam hal fasilitas, bus UHD Sudiro Tungga Jaya dilengkapi dengan bangku yang lengkap dengan segala fitur sandaran kaki dan tangan, serta televisi. Selain itu, bus ini juga tersedia dengan toilet dan bagasi yang luas untuk barang yang ditempatkan di dek bawah.

5. Sempati Star

PO bus Sempati Star yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker.

PO bus Sempati Star yang gunakan Jetbus 3+ Ultra High Decker. (Sumber: Kepoisasi)

PO bus berikutnya yang menggunakan armada Ultra High Decker (UHD) adalah Sempati Star. Perusahaan bus yang beroperasi di Sumatera ini mendatangkan dua unit bus Jetbus 3+ UHD produksi Adiputro dengan sasis Volvo B11R pada akhir tahun 2021.

Bus UHD milik Sempati Star memiliki 42 bangku dengan konfigurasi 2-2 yang penempatannya di dek atas. Setiap kursi lengkapi dengan leg rest, TV, dan port USB untuk mengisi daya ponsel. Di dek bawah, terdapat ruang merokok, toilet, dan bagasi yang sangat luas untuk mengangkut barang.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 20 Juli, 2023 PO bus di Indonesia terbilang beragam, namun ada 5 nama yang disebut-sebut paling mewah. Autos.id – Indonesia merupakan...

Berita Otomotif

Ada banyak Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia yang memiliki nama-nama yang unik. Autos.id – Berbagai Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia menawarkan layanan transportasi darat...

error: Content is protected !!