Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Jokowi Resmi Membuka IIMS 2023, Dorong Pertumbuhan Industri EV

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik

Jakarta, Autos.id  –   Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang berlangsung tanggal 16-26 Februari di JIExpo Kemayoran Jakarta. IIMS 2023 kali ini usung tagline ‘BOOST’, yang merupakan singkatan dari’Bringing Opportunity for Otomotive Society Together’.

Dalam sambutannya, Jokowi mengakui, industri otomotif kita memiliki prospek yang sangat cerah, setiap yah tumbuh sangat signifikan, 2022 tumbuh 18% meningkat dari tahun sebelumnya.

“Akibatnya kita sekarang macet dimana-mana, Jakarta, Surabaya, Bandung macet, karena memang penjualannya mobil mencapa 1.048.000 dan motor lebih dari 5 juta unit,” papar Jokowi di Jakarta, hari ini (16/2).

Oleh karena itu, demi mengurangi kemacetan dari banyaknya penjualan kendaraan, Presiden Jokowi pun ingin lebih menekankan ekspor industri otomotif. “Saya mengajak industri otomotif lebih beorentasi ke ekspor, tapi kita masih kalah dengan Thailand, saya ingin mendorong lagi supaya meningkatkan lagi ekspor,” imbuhnya.

Presiden juga menyinggung soal tren Electric Vehicle (EV) dalam mewujudkan kendaraan yang ramah lingkungan. “Tren kedepan semua negera akan mendorong ke EV, mengajak industri otomotif untuk mulai melihat tren ini,” terangnya.

Sedikit demi sedikit menggeser ke arah tren itu, lanjut Jokowi. “Karena itu pemerintah sekarang ini terus mendorong dari hulu ke hilir ekosistem besar EV kita miliki. Dari EV baterai, lithium, semuanya kita dorong terus,” imbuhnya.

“Dengan mengucap bismilah secara resmi saya membuka IIMS 2023,” pungkas Jokowi.

Jokowi saat meninjau pameran IIMS 2023

Deretan Peserta IIMS 2023

Pada IIMS 2023 sudah beberapa brand otomotif road empat dan roda dua bakal dipastikan hadir, seperti Audi, BMW, Citroen, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, MG, Mitsubishi, Nissan, Prestige, Subaru, Suzuki, Toyota, Wuling dan VW.

Sementara untuk brand roda dua IIMS 2023 akan diramaikan oleh Honda, Yamaha, Benelli, Keeway, Energica, Husqvarna, KTM, Kawasaki, Italjet, Niu, Royal Alloy, Royal Enfield, dan sebuah brand baru Yadea.

Bukan hanya itu saya, sesuai dengan tema BOOST, nantinya pada IIMS 2023 juga bakal dibuat area khusus EV (electric vehicle) alias kendaraan listrik. Motor listrik yang mengisi area EV tersebut di antaranya Gelis, ION, Rakata, Namota, dan Selis.

Beragam kegiatan seru siap dinikmati para pengunjung, seperti Satmori, Sunmori, Test Ride, IIMS Motoshow, dan masih banyak lagi. Buat yang suka music serta menggandeng kaum millenials dan gen Z, pada IIMS 2023 juga akan ada panggung musik IIMS Infinite Live.

Untuk harganya juga tidak ada kenaikan dari gelaran tahun sebelumnya, yaitu harga pada hari pembukaan 16 Februari, tiket masuk dijual Rp 150.000. Sementara untuk Weekdays dijual seharga Rp 50.000 dan Weekend seharga Rp 85.000.

Tiket tersebut belum termasuk menyaksikan konser musik IIMS Infinite Live. Untuk membeli tiket IIMS 2023 dijual secara online di indonesianmotorshow.com.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tesla

Autos.id – Pameran otomotif bergengsi, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, yang dibuka di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Kamis 16 Februari 2023. Acara...

Motor

Last updated on 8 Maret, 2023 Jakarta, Autos.id  – Ajang pameran skala dunia baru saja berakhir. Berikan pengalaman baru sekaligus mengenalkan line up Honda...

Berita Otomotif

Penjualan kendaraan selama IIMS 2023 juga meningkat drastis yaitu 15.662 unit. Jakarta, Autos.id  2 Maret 2023 – Indonesia International Motor Show (IIMS) merupakan pameran...

Mobil

Subaru Indonesia raih hasil positif  di IIMS 2023 kali ini. Kehadiran WRX sendiri bawah hal baru dalam industri mobil sedan kencang. Autos.id – Subaru...

error: Content is protected !!