Dengan kontribusi sebesar 26,3 persen, Daihatsu Sigra menjadi penyumbang penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) periode Januari-Februari 2019
Jakarta, Autos.id – Daihatsu di Indonesia kembali raih penjualan dengan torehan yang cukup baik. Hal ini dibuktikan dari total capaian angka retail sales Daihatsu yang mencapai 31.419 unit, dan wholesales sebesar 31.074 unit terhitung pada Januari – Februari 2019.
Terkait pasar otomotif nasional, penjualan retail sales Daihatsu meraih pangsa pasar (market share) 18,6 persen dari volume retail nasional 168.519 unit.
Sementara wholesales Daihatsu meraih pangsa pasar 19 persen dari volume wholesales nasional 163.675 unit.
Wuling Buka Dealer ke-5 di Surabaya
Penjualan retail sales Daihatsu didominasi Sigra dengan 8.277 unit, berkontribusi sebesar 26,3 persen. Diikuti oleh Gran Max (PU) 6.426 unit (20,5 persen), dan Xenia 4.745 unit (15,1 persen). Kemudian disusul oleh Terios 4.489 unit (14,3 persen), Ayla mencapai 4.189 unit (13,3 persen), dan Gran Max (MB) 2.574 unit (8,2 persen). Untuk line up Daihatsu lainnya, yakni Luxio, Sirion & Hi-Max, mencapai 719 unit (2,3 persen).
Pada sisi wholesales, Daihatsu juga dipimpin oleh Sigra sebanyak 8.154 unit (26,2 persen), diikuti Xenia sebesar 6.244 unit (20,1 persen), dan Gran Max (PU) 5.869 unit (18,9 persen). Kemudian, ada Ayla dengan torehan sebesar 4.380 unit (14,1 persen), Terios 3.560 (11,5 persen), dan Gran Max (MB) 1.958 unit (6,3 persen). Untuk model lainnya (Luxio, Sirion, dan Hi-Max) berkontribusi sebesar 909 unit (2,9 persen).
“Kami bersyukur penjualan Daihatsu selama dua bulan ini mendapat capaian yang cukup baik. Daihatsu akan terus meningkatkan pelayanan terbaik untuk Sahabat Daihatsu baik penjualan, maupun purnajual di seluruh Indonesia,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).
Untuk saat ini Daihatsu masih berada di peringkat kedua dalam pasar otomotif Indonesia dengan penjualan sebanyak 202.738 unit, membayangi Toyota yang masih berada di peringkat pertama (352.161 unit). Sementara itu, Honda dan Mitsubishi berada di peringkat ke tiga dan ke empat dengan total penjualan 162.170 unit dan 142.861 unit.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.