Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Isuzu Indonesia Raih Gelar Triple Star pada Aftersales Award Tingkat Dunia

Last updated on 1 Desember, 2022

Lomba mekanik bertaraf internasional ini dikuti sebanyak ratusan mekanik dari 42 negara

Jakarta, Autos.id  – Isuzu Motors Ltd Jepang pada tahun 2022 ini kembali menggelar kegiatan I-1 Grand Prix, yang diselenggarakan pada November 2022 secara online. Ajang ini merupakan lomba bertaraf internasional antar mekanik Isuzu yang tahun ini diikuti oleh 42 negara. Dalam ajang I-1 GP tahun ini, Isuzu Indonesia – yang diwakili oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sebagai ATPM dan distributor kendaraan merek Isuzu di Indonesia – berhasil mendapatkan gelar Triple Star pada Aftersales Award.

Gelar ini merupakan sebuah kehormatan bagi Isuzu Indonesia yang telah terbukti memberikan kualitas layanan purna jual yang baik dan sesuai dengan standar internasional Isuzu Motors Ltd Jepang.

Dalam ajang tersebut seluruh mekanik Isuzu dari masing-masing negara, termasuk Indonesia berlomba memahami permasalahan dan harus bisa memperbaiki dengan prosedur yang baik dan benar. Termasuk yang dilakukan oleh perwakilan mekanik dari IAMI yang tahun ini mengirimkan empat teknisi menjadi peserta.

Sementara mekanik yang ikut serta, masing-masing dua orang untuk kelas commercial vehicle (CV), yakni Sidiq Susilo Wibowo dari Borneo Isuzu Pontianak dan Agung Pambudi dari Astra Isuzu Waru, serta tim light commercial vehichle (LCV) yang diwakili Ricky Firman Prayogo dari Astra Isuzu Manado dan Rustiawan Astra Isuzu Cirebon.

Selanjutnya, Yuda Arikunto sebagai Instruktur Mekanik yang pada I-1 Grand Prix kali ini menjadi salah satu team coach untuk tim mekanik CV mengatakan, secara detail terdapat 42 negara untuk kelas CV dan 23 negara untuk LCV, antara lain dari Jepang sendiri, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Rusia.

Isuzu Indonesia Raih Gelar Triple Star After Sales Award

Selain itu, untuk bisa masuk dalam tim mekanik yang berlomba di taraf internasional ini, masing-masing teknisi dipilih dari para juara kompetisi nasional yang berlangsung beberapa bulan sebelumnya. “Delapan terbaik kami undang untuk ikut seleksi 3 minggu, lalu dari sana diambil lagi 2 yang terbaik untuk ikut karantina selama 6 minggu,” ujar Yuda.

Selama mengikuti perlombaan, mekanik akan melewati tes yang terbagi dalam 4 tahapan. Sekalipun komunikasi dilakukan secara online, tes yang diadakan pun mencakup diagnosis secara langsung pada kendaraan yang sudah direkayasa mengalami permasalahaan. “Untuk rekayasa kendaraan yang rusak ini, ada competition coordinator yang menerima arahan dari Isuzu Jepang dan informasi yang diterimanya ini tidak diketahui siapa pun,” ujar Yuda.

Keempat tes sendiri terdiri dari pengujian kemampuan teori berisi 20 soal yang dikerjakan dalam waktu 60 menit, lalu tes kedua dan ketiga yang berupa virtual diagnostic failure, serta tes kombo dengan komunikasi virtual dan menghadapi kendaraan secara langsung. Soal tekanan mental selama lomba, Yuda dan tim persiapan sudah memberikan gambaran tes yang mungkin dihadapi para mekanik ini. Di antaranya adalah pemeriksaan kendaraan, beberapa malfungsi, termasuk di kelistrikan, hingga sasis.

Di luar dugaan, pada lomba kali ini, peserta menghadapi persoalan yang di luar prediksi. Ketika gambaran sebelumnya merujuk pada problem seperti mengapa sebuah kendaraan tidak bisa menyala, justru persoalan di 2022 ini adalah mengapa kendaraan menjadi boros bahan bakar atau BBM.

“Di luar prediksi. Persoalannya adalah BBM boros dan pemeriksaan pun lebih meluas. Namun tim langsung move, agile, bisa set up ke yang baru,” ujar Yuda. Bagaimanapun, mekanik Isuzu dimatangkan dengan pengetahuan dan praktik untuk siap dalam kondisi- kondisi yang tak terduga.

Fuad Hasyim selaku Technical Training Dept. Head PT IAMI menjelaskan, bahwa kompetisi I-1 GP ini merupakan ajang yang membutuhkan kemampuan analisis dan problem solving yang kuat dari para mekanik. “Dengan perolehan tahun 2022 ini, PT IAMI optimis dapat lebih maksimal lagi pada tahun 2023 mendatang,” ujar Fuad Hasyim.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Last updated on 9 Januari, 2023 Sebanyak 50 peserta ambil bagian dalam workshop yang digelar oleh Isuzu Bogor, Autos.id  –  Tanggal 6-7 Januari 2023...

Berita Otomotif

Isuzu terus melakukan ekspansi ekspor hingga ke Afrika Tangerang, Autos.id  –  Kondisi perekonomian Indonesia yang mulai membaik setelah PPKM mulai dilonggarkan berdampak positif bagi...

Berita Otomotif

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) atau Isuzu Indonesia mempekenalkan Isuzu Digital Experience, seperti Isuzu ID, Isuzu Link, dan Isuzu Contact Center dalam pameran...

Berita Otomotif

Isuzu menjamin ketersediaan spare partnya untuk wilayah Indonesia Timur Jakarta, Autos.id  – Bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI), PT...