Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Intip Spesifikasi Mobil dan Motor Listrik Polisi untuk Mengawal KTT G20

Ilustrasi mengisi daya kendaraan listrik untuk KTT G20.
Ilustrasi mengisi daya kendaraan listrik untuk KTT G20. (Sumber: Tempo)

Pihak kepolisian sudah siap untuk mengawal jalannya KTT G20 di Bali dengan kendaraan yang ramah lingkungan.

Autos.id – KTT G20 dijadwalkan digelar pada tanggal 15-16 November 2022 di Bali, dan untuk mengawal acara internasional tersebut, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menggunakan mobil listrik dan motor listrik yang tentunya ramah lingkungan.

Dengan demikian, bukan hanya delegasi negara-negara peserta saja yang menggunakan mobil listrik, dimana Korlantas Polri sudah menyiapkan 88 unit mobil listrik dan 94 unit motor listrik untuk mengawal acara KTT G20 nanti.

Hyundai Ioniq Electric yang akan digunakan Korlantas Polri untuk KTT G20.

Hyundai Ioniq Electric yang akan digunakan Korlantas Polri untuk KTT G20. (Sumber: Hyundai Indonesia)

Berdasarkan info dari YouTube NTMC Polri, terlihat sejumlah kendaraan listrik yang sudah didesain ala Korlantas Polri, yang mana warna putih dengan lis biru seperti halnya kendaraan operasional polisi lalu lintas.

Hyundai Ioniq Electric menjadi mobil yang digunakan oleh Korlantas Polri, yang memiliki permanent-magnet synchronous dengan tenaga 100 kW (136 PS) dan dipasok baterai lithium ion 38,3 kWh. Torsinya mencapai 295 Nm dan didistribusikan ke roda depan.

Berdasarkan berbagai sumber, Hyundai Ioniq dalam sekali mengisi daya 80% sekitar 54 menit dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrik kapasitas 100 kW (DC) mampu menempuh jarak 373 km.

Sementara jika melakukan pengisian daya di rumah membutuhkan waktu lebih dari 17 jam dari 0 sampai 100%.

Kemudian untuk motor listriknya, Korlantas Polri menggunakan unit dari Zero Motorcycles yang bergaya adventure, Zero DSR, dan sudah ditambahkan box di bagian samping dan belakang motor.

Zero DSR yang akan digunakan untuk KTT G20.

Zero DSR yang akan digunakan untuk KTT G20. (Sumber: On The Wheel Motorcycles)

Tujuan menggunakan motor yang satu itu adalah agar bisa mengarungi segala medan dan membawa barang-barang yang dibutuhkan untuk melakukan pengawalan.

Dikutip dari berbagai sumber, Zero DSR memiliki Z-Force 75-7R air-cooled brushless dimana jika dalam kondisi daya penuh mampu menempuh jarak hingga 328 km.

Mesin dari Zero DSR mampu mengeluarkan hingga 70 daya kuda dengan torsi 157 Nm, dimana kecepatannya mencapai 163 km/jam. (Berbagai sumber)

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Volta yang merupakan salah satu produsen motor listrik asli Indonesia, meluncurkan produk baru saat acara IEMS 2022. Autos.id – Volta yang merupakan anak perusahaan...

Mobil

Studi yang menunjukan waktu pengisian daya EV terbaik adalah di siang hari ini dikemukakan oleh salah satu perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat, Stanford...

Mobil

Rencananya mobil listrik pertama dari Aehra ini akan mulai diproduksi di tahun 2023 mendatang dengan target mulai dijual ke konsumen pada tahun 2025 mendatang....

Mobil

Nantimya teknologi pengisian daya mobil listrik tanpa kabel yang sedang dikembangkan oleh Obayashi dan Denso ini bisa mulai digunakan pada tahun 2025 mendatang. Autos.id...