Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Inovasi Baru, Yamaha Kembangkan Teknologi Motor Anti Jatuh

R25-R3 jadi motor yang diuji Yamaha untuk teknologi baru.
R25-R3 jadi motor yang diuji Yamaha untuk teknologi baru. (Sumber: Response.jp)

Yamaha sedang mengembangkan teknologi yang membuat motor tidak akan jatuh saat melaju.

Autos.id – Salah satu produsen otomotif ternama asal Jepang, Yamaha, kabarnya sedang mengembangkan teknologi baru yang mampu mencegah motor jatuh saat melaju. AMSAS atau singkatan dari Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS) adalah inovasi teknologi yang dimaksud.

Disadar dari Response.jp dan juga YouTube Yamaha, AMSAS dapat membuat motor tetap stabil tanpa jatuh saat melaju dengan kecepatan rendah kurang dari 5 km/jam. Kemudian teknologi yang sedang dikembangkan itu mengadopsi IMU (Inertial Measurements Unit) 6-axle yang digunakan motor Yamaha R1.

Yamaha bangun teknologi baru.

Yamaha bangun teknologi baru. (Sumber: Yamaha)

Dalam sebuah demonstrasi di kanal YouTube Yamaha, tampak motor Yamaha R25/R3 yang digunakan sebagai ‘alat uji coba’ sedang melaju dengan kecepatan rendah dan dapat berbelok secara otomatis dan bahkan tidak jatuh meskipun tidak dikendarai.

Dari sumber yang sama, disebutkan bahwa terdapat fungsi kontrol canggih agar pengendara dapat menyeimbangkan badan saat motor melaju pelan pada teknologi AMSAS.

Yoshihiro Hidaka selaku Presiden Yamaha Motor menjelaskan dalam sebuah keterangan resmi bahwa AMSAS adalah sistem pendukung stabilisasi roda dua, yang mana tujuannya agar pengendara terhindar dari kecelakaan atau ‘zero accident’ mulai dari tahun 2050.

Ia menambahkan bahwa Jin-Ki Kanno merupakan konsep pengembangan unik Yamaha, dimana teknologinya dapat dapat membuat manusia dan mesin saling melengkapi serta memberikan pengalaman kepada para pelanggan Yamaha.

AMSAS adalah teknologi terbaru Yamaha.

AMSAS adalah teknologi terbaru Yamaha. (Sumber: YouTube Yamaha)

Kemudian Heiji Maruyama selaku Director and Senior Executive Officer dan General Manager of Yamaha’s Technology and Research Division mengungkapkan bahwa AMSAS memiliki fungsi utama agar pengendara tidak khawatir dan merasa nyaman saat mengendarai motor.

Ia pun menambahkan bahwa teknologi yang sedang dikembangkan oleh Yamaha dapat membantu menstabilkan postur kendaraan ketika motor sedang dalam kecepatan rendah.

Sebelumnya diketahui bahwa Yamaha tergabung dalam CMC (Connected Motorcycle Consortium) dengan tujuan untuk meningkatkan aspek keselamatan dalam mobilitas masa depan.

 

Sumber: Response.jp dan YouTube Yamaha

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komparasi

Yamaha Grand Filano menjadi skutik bergaya retro terbaru yang hadir di Indonesia, sekaligus menantang Honda Scoopy. Autos.id – Sangat menarik membahas lebih detail mengenai...

Motor

Kehadiran Yamaha Grand Filano di Indonesia cukup membuat pertanyaan mengingat mesinnya serupa dengan Yamaha Fazzio. Autos.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing secara resmi...

Berita Otomotif

Honda City adalah mobil berjenis sedan yang diproduksi oleh Honda dan menjadi salah satu yang terlaris di Indonesia meskipun memiliki kekurangan. Autos.id – Sejak...

Daftar Harga Motor

Ducati adalah salah satu merk motor yang produknya beredar di Indonesia sejak lama. Autos.id – Ducati adalah salah satu merek motor sport terbaik didunia...