Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Inilah Varian Terbaru Dari Toyota Harrier, Hadir Dengan Mesin PHEV

Inilah Varian Terbaru Dari Toyota Harrier, Kini Hadir Dengan Mesin PHEV

Varian PHEV pada Toyota Harrier ini pada dasarnya mengambil basis teknologi yang kurang lebih mirip dengan sang adik yaitu RAV4.

Autos.id – Baru-baru ini, Toyota baru saja meluncurkan varian terbaru dari Toyota Harrier untuk pasar Jepang. Mobil yang sejatinya sudah memasuki generasi keempat yang sudah diperkenalkan di tahun 2020 ini kini hadir dengan varin mesin Plug-In Hybrid atau PHEV. Yang menarik teknologi PHEV yang digunakan di Toyota Harrier ini mengambil basis dari sang adik yaitu RAV4.

Varian PHEV pada Toyota Harrier ini akan melengkapi varian dengan mesin konvensioal serta Hybrid yang sudah ada sejak kemunculan generasi keempat ini.

Inilah Varian Terbaru Dari Toyota Harrier, Kini Hadir Dengan Mesin PHEV

Tampilan Yang Kurang Lebih Mirip

Seperti yang dilansir oleh Paultan pada Selasa (27/9/2022), pada dasarnya Toyota Harrier PHEV ini masih memiliki tampilan yang mirip dengan varian-varian lainnya. Namun meskipun begitu, Toyota memberikan beberapa ubahan yang membuatnya terlihat berbeda dengan varian mesin lainnya baik dari segi desain eksterior, interior, serta fitur.

Dimulai dari bagian depan Toyota Harrier PHEV yang menggunakan grill khusus dengan desain pola berlian yang cukup unik. Selain itu penggunaan cluster lampu depan yang unik juga menjadi ciri khas pada versi PHEV ini. Selebihnya pada bagian samping dan belakang memang tidak terlihat ubahan yang signifikan kecuali adanya emblem PHEV pada bagian samping serta pintu bagasi yang menandakan varian PHEV.

Dibagian interior, ubahan yang diberikan juga termasuk sangat minor. Tetapi beberapa sentuhan seperti Layar Head Unit berukuran 12,3 inch dengan interface yang lebih segar menjadi salah satu pembedanya. Lalu juga penggunaan speedometer full digital yang selain menampilkan kecepatan juga menghadirkan berbagai informasi seperti status baterai dan konsumsi motor listrik dan baterai yang sudah digunakan.

Inilah Varian Terbaru Dari Toyota Harrier, Kini Hadir Dengan Mesin PHEV

Serta hadir juga beberapa tombol baru yang berkaitan dengan sistem PHEV mobil ini. Misalnya seperti fitur yang membuat mobil ini bisa berjalan hanya dengan bantuan motor listrik serta untuk jarak tertentu. Serta tidak ketinggalan fitur yang bisa memaksimalkan pengereman regenerative yang lebih optimal lagi dan menghemat konsumi baterai dan bahan bakar mobil ini.

Dari segi fitur Safety, Toyota Harrier PHEV juga sudah dilengkapi dengan fitur radar Toyota Safet Sense (TSS) 2.0. Fitur radar TSS 2.0 ini termasuk sudah sangat komplit dengan memanfaatkan stereo kamera dibalik spion tengah mobil serta radar tambahan yang memanfaatkan emblem Toyota didepan dengan bahan dari kaca.

Mesin PHEV Terbaru

Nah bila berbicara mengenai dapur pacu, Toyota Harrier PHEV ini hadir dengan mesin 2.5000 cc, 4 silinder Naturally Aspirated. Dari mesin konvensional ini menghasilkan tenaga 174 Hp di 6.000 rpm dan torsi mencapai 219 Nm di 3.600 rpm. Mesin ini dibantu dengan motor listrik berkode 5NM yang memberikan tenaga tambahan 179 Jp dan toris 270 Nm.

Inilah Varian Terbaru Dari Toyota Harrier, Kini Hadir Dengan Mesin PHEV

Tenaga dan torsi ini disalurkan melalui penggerak All-Whell Drive khusus mesin PHEV yang disebut sebagai E-Four. Tidak sampai disitu, masih ada tambahan motor listrik tambahan dibagian belakang dengan kode 4NM yang memberikan tenaga 54 Hp dan torsi 121 Nm. Transmisi yang digunakan adalah eCVT yang juga dibantu dengan baterai lithium ion berkapasitas 18.1 kWh.

Penggunaan mesin PHEV dengan bantuan 2 motor listrik dan baterai berukuran besar ini membuat mobil ini bisa berjalan sejauh 93 km tanpa mesin konvensional sama sekali. Selain itu untuk pengisian daya mobul ini bisa menggunakan charger AC 200 Volt yang bisa membuat mobil ini terisi dari 0 hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Untuk harga sendiri, Toyota Harrier PHEV ini dijual dengan harga 6,2 juta Yen atau disekitar Rp 650 jutaan. Belum diketahui apakah mobil ini akan masuk ke Indonesia atau tidak. Meskipun Toyota Harrier jarang yang masuk secara resmi, tetapi beberapa importir umum banyak yang sering memasukan Toyota Harrier setiap generasinya ke Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Toyota Harrier 2018 hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior. Kabarnya mobil ini akan segera diluncurkan awal tahun depan. Tokyo, Autos.id – Pada...

Harrier

Toyota Harrier Facelift 2017 diperkirakan bakal segera dirilis, Jepang merupakan negara yang akan pertama kedatangan Harrier model baru ini. Tokyo, Autos.id – Lama tak...